penanggulangan kemiskinan, melawan pemiskinan, kemiskinan, angka kemiskinan, data kemiskinan, pengentasan kemiskinan, tkpk, IKRAR, pnpm mandiri SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

KUR BRI TEMBUS RP 87 TRILIUN

PENANGGULANGAN KEMISKINAN


kemiskinan-pemiskinan-kur

SAPA - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) mencatat bahwa Kredit Usaha Rakyat (KUR) nya sudah menembus Rp 87 triliun dengan jumlah debitur mencapai 9,2 juta nasabah.

Sekretaris Perusahaan BRI Muhamad Ali, menuturkan bahwa capaian ini meningkat Rp 2,4 triliun dibanding November 2013, yang sebelumnya tercatat sebesar Rp 84,5 triliun.

"Salah satu penyebabnya, akses nasabah makin mudah, baik secara infrastruktur maupun administratif. BRI sudah masuk ke jantungnya pengusaha mikro melalui Teras BRI di sentra-sentra perdagangan dan bisnis," ujar Ali dalam keteranganya di Jakarta, Kamis (9/1/2014).

Ali mengatakan, potensi ini tak mungkin tercapai jika BRI tidak memanjakan nasabahnya. Menurutnya BRI akan terus memperkuat askes dan layanan kepada pengusaha mikro.

"Misalnya, pedagang atau pengusaha kecil sekarang tidak perlu meninggalkan dagangannya. BRI akan melayani transaksi mereka secara langsung melalui electronic data capture (EDC)," ujar Ali.

Meski ekspansi KUR BRI cukup agresif, perseroan tetap berhasil mengelola kualitas kredit. Hal tersebut terlihat dari rasio kredit bermasalah atau non performing loan (NPL) yang hanya sebesar 1,61 persen.

Adapun KUR BRI terbagi atas KUR Ritel sebesar Rp 17 triliun dengan jumlah debitur 99 ribu dan KUR Mikro sebesar Rp 69,9 triliun dengan jumlah debitur sebanyak 9,1 juta.

Berita gembira lainnya, sebanyak lebih dari 850 ribu nasabah KUR BRI, yang semula tidak bankable dan menyandang status pengusaha pemula dan mikro, kini naik kelas menjadi nasabah komersil.

"Mereka ini kemudian sudah bankable. Pinjaman mereka sudah menggunakan prosedur dan administrasi normal. Sebab mereka sudah punya jaminan, aset tetap dan lain sebagainya ini menandakan kesuksesan usaha mereka selama menjadi nasabah BRI," ujarnya.

Ali menyampaikan, hingga 31 Desember 2013, nasabah KUR BRI yang bermigrasi ke kredit komersial berjumlah lebih dari 850 ribu debitur dengan plafon pinjaman mencapai Rp 13,6 triliun.

Berdasarkan data dari Kemenko Perekonomian RI, sampai dengan November tahun 2013 penyaluran KUR nasional telah mencapai Rp 133,2 triliun. BRI menguasai 63,46 persen dari total KUR Nasional.

tribunnews dot com
                                                          Penanggulangan Kemiskinan - Melawan Pemiskinan - Kemiskinan - Pengentasan Kemiskinan - TKPKD - Angka Kemiskinan - Data Kemiskinan - Musrenbang - PNPM Mandiri

Terpopuler

Terbaru

PARA PEREMPUAN DIAJAK TINGKATKAN AKTIVITAS POLITIKNYA

PARA PEREMPUAN DIAJAK TINGKATKAN AKTIVITAS POLITIKNYA

SAPA INDONESIA - PARA perempuan diajak untuk meningkatan aktivitas...
PENDAPATAN DAERAH OVER TARGET RP18,4 MILIAR

PENDAPATAN DAERAH OVER TARGET RP18,4 MILIAR

SAPA INDONESIA - PENDAPATAN Asli Daerah Pemerintah Kabupaten...
PROGRAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI DANA DESA MASIH MINIM

PROGRAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI DANA DESA MASIH MINIM

SAPA INDONESIA - BEBERAPA desa di Kabupaten Temanggung mengaku...
ANGKA INFLASI DAN KEMISKINAN DI KLATEN TURUN

ANGKA INFLASI DAN KEMISKINAN DI KLATEN TURUN

SAPA INDONESIA - PEMKAB Klaten mengklaim inflasi dan jumlah...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook