penanggulangan kemiskinan, melawan pemiskinan, kemiskinan, angka kemiskinan, data kemiskinan, pengentasan kemiskinan, tkpk, IKRAR, pnpm mandiri SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

PENANGGULANGAN KEMISKINAN DI MUBA ON THE TRACK

PENANGGULANGAN KEMISKINAN
Data

SAPA - Kegiatan penanggulangan kemiskinan di Kabupaten Muba dinilai sudah on the track. Penilaian ini tergambar dari penurunan persentase angka kemiskinan pada 2012, sebesar 19% menjadi 18% pada 2013.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), penurunan angka kemiskinan itu telah disurvei dari 617.000 jiwa yang terdaftar di Muba. "Dari data terakhir yang kita dapat yakni pertengahan 2013, angka kemiskinan di Kabupaten Muba mencapai 18%.

Persentase kemiskinan tersebut mengalami penurunan jika dibandingkan pada 2012. Tahun 2012 angka kemiskinan kita 19% atau turun sebesar 0,7%," ujar Kepala BPS Kabupaten Muba, Reflin Arda, saat dibincangi kemarin. Dijelaskan Reflin, persentase kemiskinan tersebut didapat pihaknya, berdasarkan perhitungan dan survey social ekonomi nasional yang dilakukan setiap tahun dengan menggunakan data rumah tangga. Bukan dihitung berdasarkan rata-rata pendapatan, yang tidak bisa dijadikan patokan untuk perhitungan angka kemiskinan karena berbasis data agregat. "Kita gunakan data rumah tangga untuk menghitung angka kemiskinan ini," terang dia.

Dengan adanya penurunan angka kemiskinan di Kabupaten Muba ini, pihaknya menilai, bahwa upaya yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dengan menerapkan berbagai program telah berhasil mengurangi angka kemiskinan. "Jika dilihat dari percepatan pembangunan, kinerja Pemkab Muba untuk mengentaskan kemiskinan sudah semakin membaik," terang dia.

Sementara itu, Wakil Bupati Kabupaten Muba, Beni Hernedi mengatakan, bahwa pihaknya mengakui angka kemiskinan di Kabupaten Muba hingga saat ini masih tinggi yakni mencapai 18%. Namun, dirinya mengklaim upaya yang dilakukan Pemkab Muba untuk mengentaskan kemiskinan sudah benar dan baik. "Setiap tahun angka kemiskinan di Kabupaten Muba terus mengalami penurunan, terutama jika dibandingkan pada 2007 lalu, dimana angka kemiskinan di Kabupaten Muba mencapai 30%. Itu artinya, langkah Pemkab dalam mengambil kebijakan dan menjalankan program telah benar," beber dia.

Meskipun begitu, Beni menegaskan, pihaknya akan terus berupaya untuk mengurangi angka kemiskinan dengan menerapkan berbagai program yang ditujukan langsung kepada masyarakat, terutama dipedesaan yang mayoritas masyarakatnya miskin. "Tetap perlu adanya kerja keras semua pihak untuk menurunkan angka kemiskinan di Kabupaten Muba," tegas dia. Salah satu program unggulan yang diterapkan Pemkab Muba pada 2014 untuk mengurangi kemiskinan, yakni penyelenggaraan program 1 Desa 1 miliar.

Dimana program tersebut diperuntukkan untuk memacu percepatan pembangunan di Desa. "Ini merupakan program startegis dan perencanaan pembangunan dilakukan langsung oleh orang-orang di desa. Namun, agar program ini dapat berjalan dengan baik dan tepat sasaran, pengawasan secara ketat dan menyeluruh akan kita lakukan," tandas dia.

koran-sindo dot com
                                                   Penanggulangan Kemiskinan - Melawan Pemiskinan - Kemiskinan - Pengentasan Kemiskinan - TKPKD - Angka Kemiskinan - Data Kemiskinan - Musrenbang - PNPM Mandiri

Terpopuler

Terbaru

KESENJANGAN EKONOMI JOGJA BISA BERBUNTUT KONFLIK SOSIAL

KESENJANGAN EKONOMI JOGJA BISA BERBUNTUT KONFLIK SOSIAL

SAPA INDONESIA - KETIMPANGAN ekonomi atau gini ratio DIY yang...
VALIDASI DATA KEMISKINAN HARUS DIDUKUNG SDM DAN ANGGARAN

VALIDASI DATA KEMISKINAN HARUS DIDUKUNG SDM DAN ANGGARAN

SAPA INDONESIA - MENCERMATI fenomena angka kemiskinan yang...
BELANJA ROKOK MASYARAKAT KULONPROGO TEMBUS RP96 MILIAR PER TAHUN

BELANJA ROKOK MASYARAKAT KULONPROGO TEMBUS RP96 MILIAR PER TAHUN

SAPA INDONESIA - NOMINAL belanja rokok di Kabupaten Kulonprogo,...
SETIAP DESA BERPOTENSI BENTUK BUMDES

SETIAP DESA BERPOTENSI BENTUK BUMDES

SAPA INDONESIA - SETIAP desa memiliki potensi untuk membentuk...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook