penanggulangan kemiskinan, melawan pemiskinan, kemiskinan, angka kemiskinan, data kemiskinan, pengentasan kemiskinan, tkpk, IKRAR, pnpm mandiri SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

ANGKA KEMISKINAN KAB SLEMAN TURUN 2 PERSEN

BudgetPENANGGULANGAN KEMISKINAN

SAPA - Angka kemiskinan di Kabupaten Sleman selama tahun 2013 mengalami penurunan, dua persen dari tahun sebelumnya. Angka kemiskinan mencapai 13,89 persen atau sebanyak 45.037 Kepala Keluarga (KK).

Angka tersebut didapat dari pendataan sosial ekonomi Badan KB, Pemberdayaan Masyarakat, dan Pemberdayaan Perempuan selama 2013. Hasil itu menunjukkan penurunan dari 15,85 persen angka kemiskinan pada 2012 atau 49.471 KK.

Wakil Bupati Sleman, Yuni Satia Rahayu mengakui pengurangan angka kemiskinan di Sleman masih kecil. Padahal, Pemkab membentuk Tim Penanggulangan Kemiskinan (TPK) dari tingkat kecamatan hingga pedukuhan untuk menggerakkan masyarakat mengurangi angka kemiskinan.

"Pembentukan TPK kami lakukan karena kegelisahan dari kita bahwa pengurangan angka kemiskinan di Sleman kecil," ujarnya di Pemkab Sleman, Jumat (17/1).

Dalam penanggulangan kemiskinan, kendala yang dihadapi Pemkab Sleman terkait dengan pendataan warga miskin. Pendataan keluarga miskin berbeda dengan Badan Pusat Statistik (BPS). Hasilnya, sejumlah bantuan untuk program pengurangan kemiskinan tidak tepat sasaran.

"Beberapa kali kami mendorong data kami bisa dipakai pemerintah pusat agar program bantuan tepat sasaran," ujarnya.

Pendataan kemiskinan dari Pemkab Sleman tahun ini menggunakan basis rumah tangga, agar dapat disesuaikan dengan BPS. Yuni menilai kesesuaian data dengan BPS dapat membuat anggaran efisien.

"Kalau data akurat, APBD tidak perlu lagi diberikan kepada warga miskin yang masih ada karena bantuan tidak tepat sasaran," ungkapnya.

Untuk kembali menekan angka kemiskinan, Pemkab Sleman menguatkan kelembagaan TPK. Pemkab Sleman mengucurkan dana Rp10 juta selama setahun untuk TPK tingkat kecamatan. Sementara, TPK tingkat desa dan padukuhan masing-masing menerima Rp3 juta dan Rp1,2 juta per tahun.

Petugas yang tergabung dalam TPK diakui Yuni masih bersifat sukarela. Karena itu, Pemkab memacu kinerja petugas dalam TPK dengan memberikan penghargaan khusus untuk TPK. Penghargaan tersebut diberikan kepada TPK yang memiliki inovasi khusus untuk mengurangi angka kemiskinan.

Meski penurunan angka kemiskinan masih kecil, sejumlah kepala keluarga Sleman berinisiatif untuk mengembalikan kartu miskin karena perekonomian keluarga telah meningkat.

Sebanyak 74 kepala keluarga mengembalikan kartu misin selama 2013. Bagi warga yang sudah mengembalikan kartu miskin, Pemkab Sleman akan memfasilitasi bantuan modal.

Kepala Bidang Penanganan Kemiskinan Badan KB, Pemberdayaan Masyarakat, dan Pemberdayaan Perempuan Sleman, Sigit Endarto mengatakan data warga miskin akan digunakan untuk sejumlah program pengentasan kemiskinan di setiap dinas.

Tahun ini angka kemiskinan ditarget bisa menurun kembali hingga 2 persen. "Data itu untuk program kemiskinan termasuk pelayanan kesehatan, pendidikan, hingga akta kelahiran," ujarnya.

republika dot co dot id
                                                                          Penanggulangan Kemiskinan - Melawan Pemiskinan - Kemiskinan - Pengentasan Kemiskinan - TKPKD - Angka Kemiskinan - Data Kemiskinan - Musrenbang - PNPM Mandiri

Terpopuler

Terbaru

MENTERI PDTT: DANA DESA NAIK LAGI TAHUN 2018

MENTERI PDTT: DANA DESA NAIK LAGI TAHUN 2018

SAPA INDONESIA - MENTERI Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal...
PENGELOLAAN DANA DESA, KADES DI WONOGIRI MINTA ADA TENAGA PENDAMPING

PENGELOLAAN DANA DESA, KADES DI WONOGIRI MINTA ADA TENAGA PENDAMPING

SAPA INDONESIA - KALANGAN kepala desa (Kades) di Wonogiri mengakui...
MENDES APRESIASI EMBUNG DESA MANFAATKAN DANA DESA

MENDES APRESIASI EMBUNG DESA MANFAATKAN DANA DESA

SAPA INDONESIA - MENTERI Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal,...
JUMLAH PENGANGGURAN DIY CAPAI 80.245 ORANG

JUMLAH PENGANGGURAN DIY CAPAI 80.245 ORANG

SAPA INDONESIA - KEPALA Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook