penanggulangan kemiskinan, melawan pemiskinan, kemiskinan, angka kemiskinan, data kemiskinan, pengentasan kemiskinan, tkpk, IKRAR, pnpm mandiri SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

1,7 M DANA PKH UNTUK RTSM DI LUWU

kemiskinan-sapa-pkh

PENANGGULANGAN KEMISKINAN

SAPA - Bupati Kabupaten Luwu Andi Mudzakkar telah meluncurkan Program Keluarga Harapan (PKH). Program ini memberikan bantuan tunai kepada Rumah Tangga Sangat Miskin (RTSM) yang memenuhi kriteria tertentu. Sebagai imbalannya, RTSM penerima program harus dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM), yaitu pendidikan dan kesehatan anggota keluarganya.

Bupati dua periode ini berharap, program PKH ini diharapkan dapat mengurangi kemiskinan dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia, terutama pada kelompok masyarakat miskin. Tujuan tersebut sekaligus sebagai upaya mempercepat pencapaian target Millenium Development Goals (MDGs).

"Kita berharap melalui program PKH dapat meningkatkan kondisi sosial ekonomi RTSM. Selain itu meningkatkan taraf pendidikan anak-anak RTSM dan meningkatkan status kesehatan dan gizi ibu hamil, ibu nifas, dan anak di bawah 6 tahun. Yang terpenting adalah meningkatkan akses dan kualitas pelayanan pendidikan dan kesehatan, khususnya bagi RTSM," jelas Cakka, sapaan akrab Bupati, kemarin.

Kepala Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Luwu Andi Rivai , menyatakan penerima bantuan PKH adalah RTSM yang memiliki anggota keluarga yang terdiri dari anak usia 0-15 tahun dan/atau ibu hamil/nifas. Bantuan tunai hanya akan diberikan kepada RTSM yang telah terpilih sebagai peserta PKH dan mengikuti ketentuan yang diatur dalam program.

Para penerima harus menyekolahkan anak 7-15 tahun serta anak usia 16-18 tahun namum belum selesai pendidikan dasar 9 tahun wajib belajar. Selain itu, membawa anak usia 0-6 tahun ke fasilitas kesehatan sesuai dengan prosedur kesehatan PKH bagi anak.

''Untuk ibu hamil, harus memeriksakan kesehatan diri dan janinnya ke fasilitas kesehatan sesuai dengan prosedur kesehatan PKH bagi ibu hamil," ujarnya.

Besaran bantuan tunai untuk peserta PKH bervariasi, tergantung jumlah anggota keluarga yang diperhitungkan dalam penerimaan bantuan, baik komponen kesehatan maupun pendidikan. Besaran bantuan ini di kemudian hari bisa berubah sesuai dengan kondisi keluarga saat itu, atau bila peserta tidak dapat memenuhi syarat yang ditentukan.

Dari data di Dinas Sosial, untuk Kabupaten Luwu terdapat 2.426 RTSM yang tersebar di 80 desa dengan tujuh kecamatan. Masing-masing Larompong, Suli, Suli Barat, Ponrang, Walenrang Barat, Lamasi Timur dan Bastem dengan total bantuan sebesar Rp 1.750.925.000.

beritakotamakassar dot com
                                                               Penanggulangan Kemiskinan - Melawan Pemiskinan - Kemiskinan - Pengentasan Kemiskinan - TKPKD - Angka Kemiskinan - Data Kemiskinan - Musrenbang - PNPM Mandiri

Terpopuler

Terbaru

KUTUH DIJADIKAN “ROLE MODEL” PEMBANGUNAN DESA DI BADUNG

KUTUH DIJADIKAN “ROLE MODEL” PEMBANGUNAN DESA DI BADUNG

SAPA INDONESIA - WAKIL Bupati Badung, Ketut Suiasa, menegaskan...
PEMERINTAH BAKAL TAMBAH DANA DESA 10% DI TAHUN DEPAN

PEMERINTAH BAKAL TAMBAH DANA DESA 10% DI TAHUN DEPAN

SAPA INDONESIA - KEMENTERIAN Keuangan (Kemenkeu) melalui Direktorat...
KEMISKINAN BENGKULU DAN JANJI KPK YANG DILUPAKAN SANG GUBERNUR

KEMISKINAN BENGKULU DAN JANJI KPK YANG DILUPAKAN SANG GUBERNUR

SAPA INDONESIA - GUBERNUR BENGKULU Ridwan Mukti bersama istrinya,...
DANA DESA TAK KUNJUNG CAIR, KEPALA DESA BERANG PEMBANGUNAN TERHAMBAT

DANA DESA TAK KUNJUNG CAIR, KEPALA DESA BERANG PEMBANGUNAN TERHAMBAT

SAPA INDONESIA - PENCAIRAN Dana Desa di Kabupaten Purworejo...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook