penanggulangan kemiskinan, melawan pemiskinan, kemiskinan, angka kemiskinan, data kemiskinan, pengentasan kemiskinan, tkpk, IKRAR, pnpm mandiri SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

PENANGGULANGAN KEMISKINAN DI BANGLI LEWAT PARIWISATA

kemiskinan-pemiskinan-pariwisata-bangliPENANGGULANGAN KEMISKINAN

SAPA - Gubernur Bali Made Mangku Pastika mendorong kepada Pemerintah Kabupaten Bangli mulai melirik pada sektor pariwisata sebagai salah satu upaya menggenjot pendapatan asli daerah (PAD).

"Bangli harusnya bekerja lebih keras untuk menggenjot PAD dengan tidak hanya bertopang pada pertanian dan perkebunan, namun mulai melirik sektor pariwisata," kata Pastika saat mengadakan kunjungan kerja ke Kabupaten Bangli, Kamis (23/1/2014).

Meskipun nantinya mengembangkan pariwisata, Pastika berpesan supaya tidak meninggalkan sektor pertanian. Yang terbaik adalah membuat konsep pengembangan pariwisata yang ditopang oleh pertanian.

Di kabupaten yang terkenal dengan hawanya yang sejuk itu terdapat beberapa obyek wisata unggulan seperti danau dan Gunung Batur, Pura Ulundanu Batur, kawasan Kintamani, Desa Penglipuran, Desa Trunyan, Museum Vulkanologi Batur, dan sebagainya.

Di sisi lain, Pastika mengatakan Kabupaten Bangli menjadi salah satu kabupaten di Bali yang menjadi prioritas dalam program penanggulangan kemiskinan karena sampai saat ini daerah itu menyumbangkan angka kemiskinan 5,6 persen atau di bawah rata-rata Bali yang secara keseluruhan sebesar 3,9 persen.

"Hal ini menjadi pekerjaan rumah bagi Pemprov Bali untuk menurunkan angka kemiskinan. Saya minta kepada bupati agar segera merinci keperluan Kabupaten Bangli dan disetor ke provinsi agar bisa segera dianggarkan melalui APBD Provinsi Bali. Kalau bisa sebelum Maret semua sudah lengkap," ujarnya.

Gubernur Bali meminta program-program yang diusulkan oleh Bangli harus sinergi dengan program Pemprov Bali. Sinkronisasi diperlukan agar program-program pemerintah provinsi dan kabupaten kota tidak tumpang tindih atau malah beberapa program prioritas menjadi terlupakan.

Sementara itu, Bupati Bangli I Made Gianyar, mengatakan pemerintah kabupaten sudah bekerja sangat keras. Dengan dana yang sedikit dan SDM yang kurang, Bangli seperti tertatih-tatih mengejar ketingggalan dari kabupaten lainnya di Bali.

Menurut Gianyar, untuk program-program pembangunan di Kabupaten Bangli sudah disinergikan dengan program-program Pemprov Bali. "Kami sudah meneruskan program Bali Mandara, selain juga program-program milik pemerintah kabupaten Bangli sendiri yang prorakyat," ujar Gianyar.

Dalam kunjungan kerja itu Pastika didampingi Wagub Bali Ketut Sudikerta dan beberapa kepala satuan kerja perangkat daerah (SKPD) di lingkungan Pemprov Bali. Hadir pula Wakil Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta, beserta jajaran kepala SKPD Kabupaten Bangli.

travel dot kompas dot com
                                                           Penanggulangan Kemiskinan - Melawan Pemiskinan - Kemiskinan - Pengentasan Kemiskinan - TKPKD - Angka Kemiskinan - Data Kemiskinan - Musrenbang - PNPM Mandiri

Terpopuler

Terbaru

MENDES SARANKAN LAPORAN KEMENDES DIAUDIT ULANG

MENDES SARANKAN LAPORAN KEMENDES DIAUDIT ULANG

SAPA INDONESIA - MENTERI Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal...
PROGRAM PETA DESA TERANCAM MANDEK

PROGRAM PETA DESA TERANCAM MANDEK

SAPA INDONESIA - PROGRAM peta dasar untuk tingkat perdesaan...
PEREMPUAN ADAT TERABAIKAN

PEREMPUAN ADAT TERABAIKAN

SAPA INDONESIA - MESKIPUN telah meratifikasi Konvensi PBB mengenai...
KAPASITAS PENGELOLA BUMDES HARUS TERUS MENINGKAT

KAPASITAS PENGELOLA BUMDES HARUS TERUS MENINGKAT

SAPA INDONESIA - SEBANYAK tujuh BUMDes mengikuti pelatihan...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook