Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

UPAYA PENANGGULANGAN KEMISKINAN DAN PENGURANGAN PENGANGGURAN

sapa.or.id - Upaya penanggulangan kemiskinan dan pengurangan pengangguran, difokuskan pada berbagai kebijakan dan program penyediaan kebutuhan dasar, seperti pangan, pelayanan pendidikan, pelayanan kesehatan, perluasan kesempatan kerja, bantuan sarana prasarana pertanian dan nelayan, bantuan kredit usaha bagi warga masyarakat miskin, serta bantuan prasarana pemukiman kumuh perkotaan.

Upaya penanggulangan kemiskinan dan pengurangan pengangguran tersebut, seperti dijelaskan Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat (Menko Kesra), Doktor H.R. Agung Laksono, oleh pemerintah dikelompokan kedalam empat kelompok program. Antara lain, pertama pemberian bantuan sosial terpadu berbasis keluarga, kedua penanggulangan kemiskinan berbasis pemberdayaan masyarakat melalui Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri, ketiga penanggulangan kemiskinan berbasis pemberdayaan usaha mikro dan kecil, serta keempat program murah untuk rakyat.

Sedangkan strategi yang dilakukan oleh pemerintah melalui Kementerian Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat (Kemenko Kesra), khususnya dalam upaya meningkatkan kesejahteraan rakyat, dilakukan melalui tiga pilar atau kebijakan utama, yang pada dasarnya ditujukan untuk meningkatkan pembangunan manusia Indonesia. Adapun ketiga pilar atau kebijakan utama tersebut, antara lain, pertama penanggulangan kemiskinan dan pengurangan pengangguran, kedua penanggulangan dan tanggap cepat masalah kesejahteraan rakyat, serta ketiga pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM).

Ditandaskannya, untuk mendukung ketiga pilar atau kebijakan utama tersebut, pihak Kemenko Kesra telah mengambil langkah-langkah konkrit. Diantaranya dengan meningkatkan jumlah alokasi anggaran untuk bidang kesehatan, pendidikan, olahraga, kesejahteraan sosial, agama, perumahan rakyat dan Keluarga Berencana (KB), serta bidang-bidang Kesejahteraan Rakyat (Kesra) lainnya.

Menko Kesra mengatakan, mengenai berbagai program penanggulangan kemiskinan, khususnya melalui program pendidikan, Negara Indonesia telah mendapat perhatian dan penilaian dunia. Dikatakan pula, Badan Pembangunan PBB atau United Nations Development Program (UNDP), dalam evaluasi Human Development Index (HDI), atau Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Tahun 2010, telah memposisikan HDI Indonesia pada peringkat 108 dari 170 negara, atau naik 3 peringkat dari tahun 2009.

Dijelaskannya, HDI tersebut dinilai berdasarkan tingkat pendapatan, angka partisipasi pendidikan, dan pelayanan kesehatan. Bahkan UNDP memposisikan Indonesia sebagai Top 10 Movers, yakni 10 negara di dunia yang mengalami peningkatan pendapatan atau income pesat, serta peningkatan pendidikan dan kesehatan yang cepat.

 

Sumber : Pemkab Sukabumi

Terpopuler

Terbaru

BUMDES PERLU SERAP PRODUKSI PERTANIAN

BUMDES PERLU SERAP PRODUKSI PERTANIAN

SAPA INDONESIA - BADAN Usaha Milik Desa (BUMDES) perlu untuk...
YASIN LIMPO: GUBERNUR JANGAN BIARKAN KADES DISOAL DANA DESA

YASIN LIMPO: GUBERNUR JANGAN BIARKAN KADES DISOAL DANA DESA

SAPA INDONESIA - KETUA Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh...
BAWA DUNIA USAHA MASUK DESA, MENDES PDTT DAN MENTAN BERSINERGI

BAWA DUNIA USAHA MASUK DESA, MENDES PDTT DAN MENTAN BERSINERGI

SAPA INDONESIA - PRODUK jenis jagung di Bengkulu Selatan jadi...
BUPATI PURWAKARTA INGATKAN KADES TAK BIKIN KUITANSI FIKTIF DANA DESA

BUPATI PURWAKARTA INGATKAN KADES TAK BIKIN KUITANSI FIKTIF DANA DESA

SAPA INDONESIA - BUPATI Purwakarta Dedi Mulyadi mengumpulkan...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook