penanggulangan kemiskinan, melawan pemiskinan, kemiskinan, angka kemiskinan, data kemiskinan, pengentasan kemiskinan, tkpk, IKRAR, pnpm mandiri SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

ALOKASI ANGGARAN DESA DARI PROGRAM MASYARAKAT

kemiskinan-pemiskinan-anggaran-desa

PENANGGULANGAN KEMISKINAN

SAPA - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Gamawan Fauzi menyampaikan bahwa Presiden sudah meminta kepada Menteri Keuangan (Menkeu) untuk duduk bersama Menteri Perencanaan Pembangunan (PPN)/Bappenas. Hasil dari pembahasan-pembahasan itu akan diterbitkan Peraturan Pemerintah (PP).

Ada dua PP yang akan dikeluarkan pemerintah terkait hal ini pada bulan Juni 2014 mendatang. Sedikit bocoran dari Gamawan, dalam PP ini akan dibahas mengenai mekanisme penyaluran, dan anggaraan mana saja yang akan dialihkan.

Beberapa anggaran yang kemungkinan akan dipindahkan untuk desa salah satunya adalah Program Nasional Pemberdayaaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Pedesaan, dan program-program lainnya. "Itu sudah matang di situ, tinggal transfer," ujar Gamawan, Jumat (7/3) di Jakarta.

Menurutnya, selama ini dana yang dialokasikan untuk PNPM dan program-program tersebut mencapai Rp 14 triliun. Tentang mekanismenya seperti apa, Fauzi belum bisa menjelaskan. Alasannya, masih dibahas.

Sementara, menurut Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Anny Rachmawaty, masa transisi pengalihan anggaran itu membutuhkan waktu. Pihaknya perlu menghitung ulang berapa dana yang selama ini tersalur ke Desa melalui Kementerian/Lembaga (K/L).

Nanti, kalau sudah diketahui jumlah dana yang mengalir ke desa selama ini, pemerintah bakal mengalihkannya untuk desa langsung. "Mekanismenya, nanti kita lihat kembali alokasi melalui K/L untuk daerah, akan digunakan untuk desa," ujar Anny.

Anny bilang, dalam APBN 2015 nanti belum bisa langsung sebesar 10%, tetapi akan diberikan secar bertahap. Sebab, masih ada beberapa program untuk masyarakat desa yang masih berjalan, dan membutuhkan anggaran.

Ia menegaskan, yang harus dipastikan oleh pemerintah adalah anggarannya sudah siap, dan sesuai dengan kapasitas fiskal.

nasional dot kontan dot co dot id
                                                               Penanggulangan Kemiskinan - Melawan Pemiskinan - Kemiskinan - Pengentasan Kemiskinan - TKPKD - Angka Kemiskinan - Data Kemiskinan - Musrenbang - PNPM Mandiri

Terpopuler

Terbaru

DANA DESA RP 79.83 MILIAR DIBAGI, DESA DIDORONG BENTUK BUMDES

DANA DESA RP 79.83 MILIAR DIBAGI, DESA DIDORONG BENTUK BUMDES

SAPA INDONESIA - DANA desa tahap pertama sebanyak 60 % dibagikan...
DANA DESA TERMIN PERTAMA CAIR

DANA DESA TERMIN PERTAMA CAIR

SAPA INDONESIA - DANA desa termin pertama 2017 sudah mulai...
TERAPKAN SISKEUDES, KADES DIMINTA REKRUT SARJANA PENDAMPING

TERAPKAN SISKEUDES, KADES DIMINTA REKRUT SARJANA PENDAMPING

SAPA INDONESIA - PENGELOLAAN keuangan desa berupa dana desa...
BUMDES BUAT DESA LEBIH MANDIRI

BUMDES BUAT DESA LEBIH MANDIRI

SAPA INDONESIA - KEMENTERIAN Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook