Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

78 PROGRAM ENTASKAN KEMISKINAN


kemiskinan-sapa

sapa.or.id - PULUHAN program pengentasan kemiskinan diturunkan pemerintah ke desa-desa dengan diiringi dana yang digelontorkan sekitar Rp99 triliun di tahun 2012. Hasilnya, dinilai berbagai kalangan kurang memuaskan.

Angka kemiskinan bisa diturunkan tetapi kesenjangan naik secara tajam. "Artinya, yang miskin tambah miskin dan yang kaya makin kaya. jadi, kesenjangan makin naik," kata mantan Menko Kesra, Prof Dr Haryono Suyono, dalam seminar di IPB Bogor, Sabtu (13/10).

Seminar yang dihadiri pengurus Posdaya se-Bogor, mahasiswa, dan civitas akademika IPB Bogor, diwarnai dengan penampilan anak-anak disabilitas. Acara yang menghadirkan keynote speaker Kepala Badan Pendidikan dan Penelitian Kesejahteraan Sosial, Dr R Harry Hikmat MSi, berlangsung marak. berkali-kali nara sumber mendapatkan aplause mahasiswa karena materi yang dipaparkan sangat mengena di hati mahasiswa.

Prof Dr Haryono Suyono, yang bersama Prof Dr Clara MK (dari IPB), menjelaskan berbagai trik memberdayakan masyarakat desa ketika mahasiswa turun ke desa melaksanakan kegiatan KKP (Kuliah Kerja Profesi). "Kuliah kerja nyata ini merupakan tanggung jawab perguruan tinggi dengan masyarakat. Selama di masyarakat diharapkan mahasiswa bisa memimpin berbagai lapisan masyarakat dalam menjalankan program pemberdayan," jelasnya.

Program tersebut dipaket dengan program internasional (MDGs) dengan target pengentasan kemiskinan. "Daripada ke mal, mahasiswa kita ajak ke desa memberdayakan masyarakat melalui program pos pemberdayaan keluarga," tuturnya.

Hal senada diungkapkan Prof Clara, bahwa mahasiswa sudah turun ke desa terutama melakukan di sekitar kampus yang dikenal dengan program lingkar desa. Selain pelatihan berbagai program yang dikemas dalam Posdaya, juga memberikan pelatihan keterampilan dan penguatan kewirausahaan.

Dr R Harry Hikmat, juga setuju jika angka kemiskinan memang turun setelah 78 program diluncurkan ke desa namun kesenjangan makin naik karena program tersebut tidak sinergi. Berdasarkan data BPS, jumlah penduduk Indonesia masih tergolong miskin mencapai 29,89 juta jiwa.

Penulis: Junaedi

Sumber : harianterbit dot com

Terpopuler

Terbaru

DIDUGA KORUPSI DANA DESA RP 500 JUTA, KADES DI GARUT DICOKOK POLISI

DIDUGA KORUPSI DANA DESA RP 500 JUTA, KADES DI GARUT DICOKOK POLISI

SAPA INDONESIA - POLISI meringkus pria berinisial Y (41), oknum...
RAKOR KEMISKINAN MINIM DIHADIRI KETUA TPKD

RAKOR KEMISKINAN MINIM DIHADIRI KETUA TPKD

SAPA INDONESIA - RAPAT Koordinasi (Rakor) teknis tentang penanggulangan...
WAGUB: PEMBANGUNAN TIDAK MERATA PEMICU ANGKA KEMISKINAN

WAGUB: PEMBANGUNAN TIDAK MERATA PEMICU ANGKA KEMISKINAN

SAPA INDONESIA - WAKIL Gubernur Sulawesi Selatan Agus Arifin...
KEMENDES TARGETKAN KALSEL TERBANGUN 200 DESA ONLINE

KEMENDES TARGETKAN KALSEL TERBANGUN 200 DESA ONLINE

SAPA INDONESIA - KEMENTERIAN Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook