Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

REALISASI PNPM ACEH BARAT 80 PERSEN

kemiskinan-sapa-pnpmacehsapa.or.id - Realisasi Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri di Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh, hingga Oktober 2012 mencapai 80 persen dari Rp24 miliar dana yang dikucurkan di 11 kecamatan dengan menyerap 1.700 tenaga kerja.

Fasilitator Kabupaten PNPM Aceh Barat Ridwan di Meulaboh, Senin mengatakan, dari 18 kabupaten/kota di Provinsi Aceh, Aceh Barat mendapat dua progres yakni PNPM Mandiri Pedesaan (MPD) dan PNPM Integrasi masyarakat, sehingga sulit mencapai 100 persen program fisik sebelum masuk bulan terakhir 2012.

"Namun kita targetkan pada November 2012 pengerjaan fisik PNPM Aceh Barat bisa tuntas 100 persen untuk mengejar pencapaian ranking lebih tinggi dari tahun lalu," katanya.

Usai memberikan kata sambutan pada kegiatan pelatihan peserta PNPM se-Aceh Barat yang dibuka oleh Bupati Aceh Barat H T Alaidinsyah, ia menjelaskan, pelaksanaan program pembangunan ekonomi dan pembangunan itu, 85 persen merupakan dana APBN dan 15 persen sharing APBK yang dilaksanakan di 11 kecamatan.

Kata dia, setiap kecamatan maksimal mendapatkan bantuan sebesar Rp3,5 miliar dan terendah senilai Rp7,8 juta sesuai dengan hasil survey tingkat kebutuhan dan pengajuan disampaikan masyarakat dalam upaya angribisnis (industri kecil rumah tanga) dan pembangunan infrastruktur pedesaan.

Dari 175 ribu jiwa lebih penduduk Aceh Barat, 800 kepala keluarga merupakan rumah tangga miskin (RTM) yang mendapat prioritas bantuan agribisnis dalam kegiatan rutinitas pelaku industri rumah tanga dengan bantuan pemerintah.

"Menurut data dampak dari kegiatan PNPM di wilayah ini sudah mampu menekan angka kemiskinan berkurang 15 persen dengan terserapnya tenaga kerja, bantuan modal usaha dan sebagainya melalui bantuan pemerintah ini," katanya.

Sementara itu, Bupati Aceh Barat H T Alaidinsyah menambahkan, persoalan kemiskinan merupakan masalah besar yang membutuhkan kerjasama yang baik, penanganan bertahap dan berkesinambungan.

"Persoalan ini tidak akan pernah habis seiring bertambahnya penduduk dan semakin sempitnya lapangan kerja, karena itu PNPM ini kita harapkan mampu lebih berperan menekan angka kemiskinan di wilayah ini," katanya.

Pemerintah pusat bersama pemerintah daerah sudah melakukan berbagai terobosan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat termasuk PNPM yang merupakan salah satu kegiatan partisipatif masyarakat terlibat langsung.

Selain itu, pemerintah juga menyalurkan berbagai bantuan melalui program BKPG dan ADG yang menghabiskan dana mencapai puluhan miliar rupiah sejak 2009-2012 dalam berbagai program peningkatan kesejahteraan masyarakat di wilayah ini.

"Karena itu, dana yang sudah begitu besar dikeluarkan pemerintah, kami harapkan berdampak sesuai dengan kegiatan dan kemandirian masyarakat dan kami menilai ini sangat positif dan akomodatif dalam pengentasan kemiskinan," katanya menambahkan.


Sumber : Diliputnews dot com

Terpopuler

Terbaru

KESENJANGAN EKONOMI JOGJA BISA BERBUNTUT KONFLIK SOSIAL

KESENJANGAN EKONOMI JOGJA BISA BERBUNTUT KONFLIK SOSIAL

SAPA INDONESIA - KETIMPANGAN ekonomi atau gini ratio DIY yang...
VALIDASI DATA KEMISKINAN HARUS DIDUKUNG SDM DAN ANGGARAN

VALIDASI DATA KEMISKINAN HARUS DIDUKUNG SDM DAN ANGGARAN

SAPA INDONESIA - MENCERMATI fenomena angka kemiskinan yang...
BELANJA ROKOK MASYARAKAT KULONPROGO TEMBUS RP96 MILIAR PER TAHUN

BELANJA ROKOK MASYARAKAT KULONPROGO TEMBUS RP96 MILIAR PER TAHUN

SAPA INDONESIA - NOMINAL belanja rokok di Kabupaten Kulonprogo,...
SETIAP DESA BERPOTENSI BENTUK BUMDES

SETIAP DESA BERPOTENSI BENTUK BUMDES

SAPA INDONESIA - SETIAP desa memiliki potensi untuk membentuk...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook