penanggulangan kemiskinan, melawan pemiskinan, kemiskinan, angka kemiskinan, data kemiskinan, pengentasan kemiskinan, tkpk, IKRAR, pnpm mandiri SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

PENANGGULANGAN KEMISKINAN DAN PENDIDIKAN DI ACEH JADI PRIORITAS

kemiskinan-pemiskinan-aceh-gubernurSAPA - Gubernur Aceh dr Zaini Abdullah mengatakan, penanggulangan kemiskinan dan pendidikan merupakan bagian dari program pembangunan prioritas Pemerintah Aceh yang tertuang dalam RPJM Aceh 2012-2017. Di samping itu, Pemerintah Aceh juga melakukan berbagai upaya lain yang telah, sedang dan akan terus ditempuh untuk mewujudkan Aceh yang bermartabat, sejahtera, berkeadilan dan mandiri berdasarkan UU Pemerintahan Aceh sebagai wujud MoU Helsinski.

Hal itu diutarakan gubernur setelah penandatangan nota kesepahaman tentang pemberian beasiswa untuk mahasiswa dari keluarga miskin, dengan empat politeknik yang ada di Aceh yaitu Politeknik Aceh, Politeknik Indonesia Venezuela, Politeknik Negeri Lhokseumawe dan Politeknik Aceh Selatan, di Politeknik Aceh, Banda Aceh, Selasa (1/4).

Menurut gubernur, dalam program beasiswa untuk keluarga miskin ini Pemerintah Aceh melalui Lembaga Peningkatan Sumberdaya Manusia Aceh telah memfasilitasi 230 orang lulusan SMA sederajat dari 23 kabupaten/kota untuk dapat melanjutkan pendidikannya ke jenjang perguruan tinggi.

Adapun tujuan pemberian beasiswa untuk keluarga miskin ini adalah mempercepat laju pembangunan daerah kabupaten/kota, serta meningkatkan taraf hidup masyarakat di daerah pendalaman atau terpencil. "Selain itu juga untuk memberikan kesamaan hak dasar kepada masyarakat untuk melanjutkan pendidikannya, agar setiap satu keluarga bisa memiliki satu sarjana," kata Zaini.

Sedangkan tujuan lain untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan bagi putra-putri Aceh dari kalangan masyarakat miskin, sehingga mampu bersaing dengan yang lain dan mampu mengurangi tingkat pengganguran yang ada di daerah kabupaten/kota.

"Kita berharap, program ini dapat berkontribusi mengurangi angka kemiskinan di Aceh," ujar Zaini.

Masih katanya, data Bappeda Aceh bulan Agustus 2013 angka kemiskinan Aceh mencapai 17,6%. Sedangkan pada tahun 2012 sekitar 19,5% yang berarti turun sekitar 2%.

Pemerintah Aceh menargetkan angka kemiskinan dapat turun secara signifikan setiap tahun. "Ini tentu merupakan tugas berat, yang bukan hanya tanggung jawab Pemerintah Aceh tetapi juga pemerintah kabupaten/kota hingga ke pemerintahan desa atau gampong," katanya.

Dikatakan, salah satu langkah untuk mengurangi angka kemiskinan itu adalah dengan meningkatkan sektor pendidikan, di mana salah satu yang menjadi fokus adalah pendidikan vokasional. Pendidikan vokasional saat ini menjadi alternatif pembelajaran yang diyakini mampu menjadi solusi dalam mengurangi jumlah pengangguran.

"Ini disebabkan konsep pendidikan ini lebih menitikberatkan pada keterampilan dan mempersiapkan lulusannya memasuki dunia kerja," jelas Zaini.

Jenis pendidikan ini, lanjutnya, difokuskan untuk mempelajari kecakapan-kecakapan praktis, keterampilan-keterampilan yang berkenaan langsung dengan penyelesaian pekerjaan atau kompetensi-kompetensi kerja. Di samping itu, pendidikan vokasional juga dirancang dengan kurikulum yang mengasah disiplin dan konsep pesertanya tentang pekerjaan dan kewirausahaan.

"Pendidikan jenis ini juga memiliki pembiayaan dan jangka waktu pendidikan yang relatif lebih cepat dan murah, jika dibandingkan kuliah di strata 1," terang Zaini. Itulah yang melatarbelakangi pemilihan politeknik sebagai institusi pendidikan kejuruan, yang dirasa tepat untuk mendidik putra-putri Aceh dalam bidang penguasaan keterampilan.

Dalam kerjasama ini, ada beberapa bidang studi yang menjadi penekanan, antara lain elektronika, mekatronika, teknik mesin, industri pertanian, industri peternakan, komputer, keuangan, perbankan, dan sebagainya.

"Kami berharap langkah kerjasama ini nantinya dapat diperluas dengan institusi pendidikan lain, baik di dalam maupun di luar Aceh," demikian Zaini.

medanbisnisdaily dot com
                                                   Penanggulangan Kemiskinan - Melawan Pemiskinan - Kemiskinan - Pengentasan Kemiskinan - TKPKD - Angka Kemiskinan - Data Kemiskinan - Musrenbang - PNPM Mandiri

Terpopuler

Terbaru

BUMDES PERLU SERAP PRODUKSI PERTANIAN

BUMDES PERLU SERAP PRODUKSI PERTANIAN

SAPA INDONESIA - BADAN Usaha Milik Desa (BUMDES) perlu untuk...
YASIN LIMPO: GUBERNUR JANGAN BIARKAN KADES DISOAL DANA DESA

YASIN LIMPO: GUBERNUR JANGAN BIARKAN KADES DISOAL DANA DESA

SAPA INDONESIA - KETUA Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh...
BAWA DUNIA USAHA MASUK DESA, MENDES PDTT DAN MENTAN BERSINERGI

BAWA DUNIA USAHA MASUK DESA, MENDES PDTT DAN MENTAN BERSINERGI

SAPA INDONESIA - PRODUK jenis jagung di Bengkulu Selatan jadi...
BUPATI PURWAKARTA INGATKAN KADES TAK BIKIN KUITANSI FIKTIF DANA DESA

BUPATI PURWAKARTA INGATKAN KADES TAK BIKIN KUITANSI FIKTIF DANA DESA

SAPA INDONESIA - BUPATI Purwakarta Dedi Mulyadi mengumpulkan...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook