penanggulangan kemiskinan, melawan pemiskinan, kemiskinan, angka kemiskinan, data kemiskinan, pengentasan kemiskinan, tkpk, IKRAR, pnpm mandiri SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

PKK KOTA SINGKAWANG HARAPKAN KERJASAMA DENGAN SEMUA SKPD

kemiskinan-pemiskinan-pkk-singkawang
SAPA
- Ketua Tim Penggerak PKK Kota Singkawang Hj. Agustina Abdul Muthalib mengharapkan kepada  satuan kerja perangkat daerah (SKPD) agar bisa bermitra dalam melaksanakan 10 Program Pokok PKK di Kota Singkawang.

Agustina mengatakan Tim Penggerak PKK merupakan mitra kerja Pemerintah, agar semua SKPD di lingkungan Pemerintah Kota Singkawang bisa bekerjasama dengan Tim Penggerak PKK di semua jenjang.

"Semua kader PKK siap menjadi mitra yang baik bagi semua SKPD yang akan bekerjasama melaksanakan program dan kegiatan. Pada tahun 2014 ini, kita memprioritaskan pembinaan 10 Program Pokok PKK di Desa Model dan P2WKSS," katanya, Minggu (20/4).

Pihaknya berharap SKPD terkait bersama-sama dengan TP.PKK Kota Singkawang, bisa melakukan pembinaan secara terintegrasi agar Desa Model dan lokasi yang ditunjuk sebagai P2WKSS bisa terbina dengan baik, dan bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat dan pada akhirnya bisa dijadikan percontohan bagi keluarahan yang lainnya.

Lebih lanjut Agustina menjelaskan tujuan pokok program Desa Model yang digulirkan oleh Tim Penggerak PKK Provinsi Kalimantan Barat bersama-sama dengan SKPD terkait di tingkat Provinsi, adalah untuk mengurangi angka kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Kemiskinan merupakan fenomena global yang terjadi hampir di seluruh negeri, termasuk di Kota Singkawang. Selain itu, penanganan masalah kemiskinan pun perlu disikapi dengan bijak, terarah dan terintegrasi dengan berbagai sektor," katanya.

Untuk memberantas kemiskinan, meningkatkan kualitas SDM, meningkatkan derajat kesehatan dan derajat kehidupan masyarakat, Tim Penggerak PKK Provinsi Kalbar bersma-sama dengan SKPD terkait di Provinsi Kalbar melaksanakan beberapa program dan kegiatan, salah satunya dengan membentuk Desa Model.

Pemberantasan kemiskinan menjadi fokus utama Desa Model ini. Tahun ini ada tiga kabupaten/kota yang ditunjuk sebagai Desa Model, salah satu di antaranya Kota Singkawang, dengan desa modelnya yang berlokasi di Kelurahan Sungai Bulan..

Lebih lanjut Agustina berharap, agar SKPD di lingkungan Pemerintah Kota Singkawang, pada tahun anggaran 2014 ini bisa melanjutkan dan meningkatkan kerjasamanya dalam melakukan pembinaan pada masyarakat di Desa Model dan P2WKSS.

Menurutnya, pengentasan kemiskinan, peningkatan kesehatan dengan pendidikan ini harus berjalan seimbang dan bersama-sama. Sehingga, nantinya Desa Model ini tidak ada lagi anak yang putus sekolah, derajat kesehatan masyarakatnya meningkat karena kesejahteraannya sudah makmur atau berkecukupan.

"Penyebab kemiskinan itu yang paling besar adalah kebodohan. Sehingga, dengan pembinaan dari Tim Penggerak PKK Provinsi maupun Kota Singkawang, serta didukng oleh SKPD terkait, diharapkan masyarakat di Sungai Bulan bisa memiliki pengetahuan, keterampilan," katanya.

Kesemuanya itu hendakanya dimanfaatkan untuk menggali semua potensi dan sumber daya yang ada untuk meningkatkan kesehatan, kesehajteraan dan kemakmuran.

Kota Singkawang diharapkan menjadi contoh untuk kelurahan lainnya. Sedangkan, anggaran dana untuk pembinaan pada Desa Model ini yang diberikan oleh Tim Penggerak PKK Provinsi Kalimantan Barat dengan SKPD terkait di Provinsi Kalimantan Barat.

Dana atau bantuan berupa sarana, pelatihan, bibit, dll untuk membantu masyarakat desa model bersumber dari Tim Penggerak PKK dan SKPD terkait di Provinsi Kalimantan Barat, seperti untuk berwirausaha, baik perternakan maupun pertanian.

"Selain pengentasan kemiskinan di Desa Model ini pendidikan juga menjadi perhatian," ungkapnya.

Menurutnya, pengentasan kemiskinan dengan pendidikan ini harus berjalan seimbang dan bersama-sama. Sehingga, nantinya Desa Model ini tidak ada lagi anak yang putus sekolah.

"Penyebab kemiskinan itu yang paling besar adalah kebodohan. Sehingga, masyarakat Tuban kedepat tidak ada yang boleh putus sekolah," katanya.

infopublik dot kominfo dot go dot id
                                                                        Penanggulangan Kemiskinan - Melawan Pemiskinan - Kemiskinan - Pengentasan Kemiskinan - TKPKD - Angka Kemiskinan - Data Kemiskinan - Musrenbang - PNPM Mandiri

Terpopuler

Terbaru

DIDUGA KORUPSI DANA DESA RP 500 JUTA, KADES DI GARUT DICOKOK POLISI

DIDUGA KORUPSI DANA DESA RP 500 JUTA, KADES DI GARUT DICOKOK POLISI

SAPA INDONESIA - POLISI meringkus pria berinisial Y (41), oknum...
RAKOR KEMISKINAN MINIM DIHADIRI KETUA TPKD

RAKOR KEMISKINAN MINIM DIHADIRI KETUA TPKD

SAPA INDONESIA - RAPAT Koordinasi (Rakor) teknis tentang penanggulangan...
WAGUB: PEMBANGUNAN TIDAK MERATA PEMICU ANGKA KEMISKINAN

WAGUB: PEMBANGUNAN TIDAK MERATA PEMICU ANGKA KEMISKINAN

SAPA INDONESIA - WAKIL Gubernur Sulawesi Selatan Agus Arifin...
KEMENDES TARGETKAN KALSEL TERBANGUN 200 DESA ONLINE

KEMENDES TARGETKAN KALSEL TERBANGUN 200 DESA ONLINE

SAPA INDONESIA - KEMENTERIAN Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook