Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

MID-TERM REVIEW PNPM DI KABUPATEN MALANG

kemiskinan-sapa-pnpmmalang

sapa.or.id - Program Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perkotaan (PNPM-MP) di Kabupaten Malang telah dilaksanakan dan dimulai sejak tahun 2007 hingga saat ini. Selama perjalanannya ada kelebihan dan kekurangan. Hal itu akan dibahas dalam lokakarya mid-term review di tingkat Kabupaten Malang, dengan menghadirkan berbagai komponen mulai dari bupati, perguruan tinggi sampai masyarakat yang peduli.

Lokakarya mid-term review di tingkat Kabupaten Malang digelar hari ini di ruang rapat Bappeda Kabupaten Malang. Peserta yang diundang antara lain, bupati, pimpinan SKPD, kepala TKPKD, kepala satker, kepala Bappeda, anggota DPRD Kabupaten Malang, perwakilan FKA, unsur pemerintah desa, unsur perguruan tinggi, swasta, LSM dan media massa.

"Selama perjalanannya PNPM ada kelebihan dan kekurangan yang harus dievaluasi oleh beberapa pihak. Karena itu perlu strategi yang komprehensif dalam menangani masalah di lapangan, agar kegiatan PNPM ini menunjukan hasil yang signifikan," kata Ketua Pelaksana, Drs. Agoes Marhenta kepada Malang Post, kemarin.

Menurutnya, kegiatan ini bertujuan menyampaikan pelaksanaan kegiatan PNPM MP di Kabupaten Malang secara lengkap. Mereview atau mengevaluasi pelaksanaan PNPM ditinjau dari Pemda, stakeholders dan pihak yang peduli terhadap program ini. Yang terpenting, lokakarya itu dapat merumuskan strategi penanggulangan kemiskinan dalam PNPM-MP ke depan dalam sinergitas penanggulangan kemiskinan, serta merumuskan rekomendasi kepada pemerintah provinsi, Pemda dan semua yang terkait.

Harapannya, ada gambaran pemahaman dan persepsi stakeholder terhadap capaian hasil PNPM dan arah pendampingan ke depan. Rencana strategis pendampingan ke depan juga sangat diperlukan dan kegiatan intervensi 1 tahun ke depan. "Kalau ada gambaran dukungan dan komitmen dari semua stakeholder terhadap PNPM MP, program PNPM akan terus berjalan, meski tidak ada lagi kucuran dari pusat. Karena program ini sudah berjalan baik di Kabupaten Malang," terangnya.

Sejak tahun 2007 sampai saat ini, PNPM merupakan program pemerintah yang secara nasional berupaya mengentaskan kemiskinan di perkotaan. Tingkat kemiskinan menjadi tanggung jawab semua pihak, baik pemerintah pusat, pemerintah daerah maupun masyarakat. Karenanya, masyarakat sebagai pihak yang berinteraksi langsung dengan kemiskinan di wilayahnya dituntut untuk peduli terhadap masyarakat miskin di daerahnya. (aim/sir/lim)

 

Sumber : malang-post.com

Terpopuler

Terbaru

WONOSOBO TERPILIH JADI PERCONTOHAN OPEN DATA KEUANGAN DESA

WONOSOBO TERPILIH JADI PERCONTOHAN OPEN DATA KEUANGAN DESA

SAPA INDONESIA - KEMENTERIAN Dalam Negeri memprediksi, alokasi...
DANA DESA STIMULASI PEMBENTUKAN 18.446 BUMDES

DANA DESA STIMULASI PEMBENTUKAN 18.446 BUMDES

SAPA INDONESIA - DANA desa sudah dicairkan sekira 95,54%. Sejak...
SLEMAN: 6 DESA BELUM REALISASIKAN BANTUAN

SLEMAN: 6 DESA BELUM REALISASIKAN BANTUAN

SAPA INDONESIA - PENYERAPAN Dana Desa (DD) di enam desa di...
MENDAGRI PERKIRAKAN DANA DESA 2018 CAPAI RP103 TRILIUN

MENDAGRI PERKIRAKAN DANA DESA 2018 CAPAI RP103 TRILIUN

SAPA INDONESIA - MENTERI Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo memperkirakan...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook