penanggulangan kemiskinan, melawan pemiskinan, kemiskinan, angka kemiskinan, data kemiskinan, pengentasan kemiskinan, tkpk, IKRAR, pnpm mandiri SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

RAKOR TKPK BADUNG: KEMISKINAN BUKAN HANYA MASALAH ORANG MISKIN

TKPKD
SAPA
- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Badung menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan (TKPK), Rabu (23/7) kemarin di Puspem Badung. Rakor ini mengagendakan dua hal penting, yakni Sosialisasi Perda No. 6 tahun 2013 tentang Tanggungjawab Sosial Perusahaan atau CSR dan workshop perencanaan dan penganggaran yang berpihak pada penanggulangan kemiskinan.

Acara tersebut dibuka Bupati Badung, AA. Gde Agung serta dihadiri Sekda Badung Kompyang R. Swandika, Ketua TP PKK Badung Ny. Ratna Gde Agung, Ketua Dharma Wanita Persatuan Badung Ny. Kompyang Swandika, Tim TKPK Badung, komponen non pemerintah daerah, kelompok ahli perencana pembangunan Badung, serta SKPD Badung.

Sekda Badung Kompyang R. Swandika selaku Wakil Ketua TKPK Kabupaten Badung melaporkan, Rakor TKPK ini dilaksanakan karena terdapat sejumlah agenda penting dan perlu diketahui dan ditindaklanjuti secara bersama-sama. Pertama, Pemkab Badung telah menetapkan Perda Badung No. 6 tahun 2013 tentang tanggungjawab sosial perusahaan atau CSR.

Peraturan ini disusun untuk lebih mengoptimalkan dunia usaha dalam program penanggulangan kemiskinan maupun perlindungan sosial kepada masyarakat di Badung. Keberadaan regulasi ini telah dijabarkan melalui peraturan Bupati Badung No. 83 tahun 2013 tentang penyelenggaraan tanggungjawab sosial perusahaan di Badung.

"Sebagai sebuah produk hukum yang tergolong baru, perlu sosialisasi kepada seluruh pemangku kepentingan dan masyarakat. Oleh karena itu, kami menggunakan momentum Rakor TKPK ini untuk mensosialisasikan produk hukum tersebut. Sekaligus mendiskusikan langkah-langkah lebih lanjut yang kita lakukan bersama dalam penanggulanangan dan pengentasan kemiskinan di badung,'' jelasnya.

Kedua, lanjut Swandika, rapat koordinasi ini juga dirangkaikan dengan pelaksanaan workshop perencanaan dan penganggaran yang berpihak pada penanggulangan kemiskinan. Kegiatan ini untuk meningkatkan kapasitas aparatur pada SKPD terutama anggota TKPK, serta aparatur di kecamatan dan kelurahan.

Bupati Badung pun menyambut baik pelaksanaan Rakor TKPK tersebut. Menurutnya, penanggulangan kemiskinan merupakan salah satu agenda penting dan tanggungjawab pelaksanaanya bukan hanya menjadi tanggungjawab pemerintah semata. Penanggulangan kemiskinan menuntut sinergi seluruh komponen pembangunan, baik pemerintah, dunia usaha maupun masyarakat, dunia pendidikan serta berbagai LSM. Sinergi menjadi demikian penting karena fenomena kemiskinan yang tergolong kompleks dan sangat dinamis mengikuti perkembangan sosial di tingkat nasional, regional dan lokal.

Disampaikan, untuk mengantisipasi masalah kemiskinan dan sosial kemasyarakatan, melalui Rakor tersebut Bupati mengharapkan untuk saling memperkuat tenggang rasa dan kepeduliannya, karena kemiskinan yang terjadi di sekitar kita menjadi masalah kita pula. "Janganlah berpikir kemiskinan hanyalah masalah orang-orang miskin saja, mengingat dampak sosial yang muncul dari kemiskinan akan dapat mempengaruhi kehidupan kita," jelasnya.

posbali dot com
                                                 Penanggulangan Kemiskinan - Melawan Pemiskinan - Kemiskinan - Pengentasan Kemiskinan - TKPKD - Angka Kemiskinan - Data Kemiskinan - Musrenbang - PNPM Mandiri

Terpopuler

Terbaru

PEMDA DIDORONG BANTU SOSIALISASI SUBSIDI LISTRIK TEPAT SASARAN

PEMDA DIDORONG BANTU SOSIALISASI SUBSIDI LISTRIK TEPAT SASARAN

SAPA INDONESIA - SUBSIDI listrik untuk 18,7 juta pelanggan...
PERTUMBUHAN TINGGI TAK JAMIN BEBAS MASALAH KEMISKINAN

PERTUMBUHAN TINGGI TAK JAMIN BEBAS MASALAH KEMISKINAN

SAPA INDONESIA - GUBERNUR Bali Made Mangku Pastika mengatakan...
PEMBANGUNAN EKONOMI PERDESAAN BUTUH PENDAMPINGAN BERKELANJUTAN

PEMBANGUNAN EKONOMI PERDESAAN BUTUH PENDAMPINGAN BERKELANJUTAN

SAPA INDONESIA - SEJUMLAH kalangan menilai pengembangan ekonomi...
DIDUGA KORUPSI DANA DESA RP 500 JUTA, KADES DI GARUT DICOKOK POLISI

DIDUGA KORUPSI DANA DESA RP 500 JUTA, KADES DI GARUT DICOKOK POLISI

SAPA INDONESIA - POLISI meringkus pria berinisial Y (41), oknum...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook