penanggulangan kemiskinan, melawan pemiskinan, kemiskinan, angka kemiskinan, data kemiskinan, pengentasan kemiskinan, tkpk, IKRAR, pnpm mandiri SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

PEMKAB KULON PROGO LUNCURKAN DATA KEMISKINAN 2013

Data
SAPA
- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, meluncurkan data kemiskinan 2013 berdasarkan hasil pendataan "by name by address" keluarga miskin dan sangat miskin di wilayah tersebut.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kulon Progo Agus Langgeng Basuki di Kulon Progo, Minggu, mengatakan dengan adanya data kemiskinan dapat digunakan sebagai acuan dalam penurunan angka kemiskinan di wilayah ini yang mencapai di atas 22 persen.

"Diharapkan ada penurunan angka kemiskinan lagi yang signifikan untuk 2014 ini, sekaligus mengukur tingkat keberhasilan pola pendampingan keluarga miskin oleh pegawasi negeri sipil (PNS)," kata Langgeng.

Ia mengatakan secara total dari hasil pendataan keluarga miskin 2013 tercatat bahwa KK sangat miskin sebesar 6,37 persen, KK miskin sebesar 16,17 persen sedangkan untuk jumlah penduduk tercatat bahwa penduduk sangat miskin sebesar 6,05 persen dan penduduk miskin 15, 99 sehingga total prioritas penanggulangan kemiskinan di Kulon Progo untuk KK di angka 22,54 persen dan penduduk di angka 21,04 persen.

Menurut Langgeng telah terjadi penurunan angka kemiskinan real di lapangan dari hasil pendataan dibanding hasil pendataan 2011, yang telah dilakukan oleh kader penanggulangan kemiskinan di tingkat desa dengan dibantu oleh petugas kecamatan dan petugas desa/kelurahan.

"Sehingga apresiasi juga layak ditujukan pada segenap jajaran SKPD baik yang terkait langsung dalam Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah (TKPKD) Kulon Progo maupun yang tidak secara langsung tergabung dalam TKPKD," katanya.

Dia mengatakan pada 2014 ini pendataan akan dilakukan langsung oleh PNS daerah sekaligus sebagai pendamping keluarga miskin di seluruh kecamatan se - Kabupaten Kulon Progo. Nantinya proses pendataan tersebut didampingi oleh kader penanggulangan kemiskinan dan aparat pemerintah desa/kelurahan setempat berdasarkan hasil pendataan 2013 lalu.

"Tentu masih banyak kesalahan dan ketidak tepatan sasaran dari hasil pendataan tersebut karena kekurang cermatan setiap pihak pada setiap tahapan dalam mengawal hasil pendataan keluarga miskin, sehingga bisa dijadikan bahan pembelajaran untuk semua elemen yang terkait dengan penanggulangan kemiskinan di tahun selanjutnya," kata Langgeng.

Lebih lanjut Langgeng mengatakan TKPKD Kulon Progo memberikan apresiasi terhadap empat kategori penghargaan yakni kecamatan dengan tingkat angka kemiskinan terrendah yang berhasil diraih oleh Kecamatan Wates dimana angka kemiskinan hanya 13,69 persen dari jumlah penduduk.

"Selain itu, kecamatan dengan tingkat laju penurunan kemiskinan tertinggi yang berhasil diraih Kecamatan Nanggulan yakni sebesar 6,25 persen dalam satu tahun, desa/ kelurahan dengan tingkat angka kemiskinan terendah yang diraih Kelurahan Wates sebsar 5,21 persen, dan desa/kelurahan dengan tingkat laju penurunan kemiskinan tertinggi yang diraih Desa Gotakan sebesar 17,42 persen," katanya.

antarayogya dot com
                                       Penanggulangan Kemiskinan - Melawan Pemiskinan - Kemiskinan - Pengentasan Kemiskinan - TKPKD - Angka Kemiskinan - Data Kemiskinan - Musrenbang - PNPM Mandiri

Terpopuler

Terbaru

APBN BELUM EFEKTIF MENEKAN KETIMPANGAN

APBN BELUM EFEKTIF MENEKAN KETIMPANGAN

SAPA INDONESIA - SEJUMLAH kalangan menilai meskipun anggaran...
ALASAN KADES DI ENDE DILARANG PEGANG UANG

ALASAN KADES DI ENDE DILARANG PEGANG UANG

SAPA INDONESIA - PARA kepala desa dari 255 desa di Kabupaten...
ICW MINTA PEMERINTAH BATALKAN KENAIKAN DANA DESA

ICW MINTA PEMERINTAH BATALKAN KENAIKAN DANA DESA

SAPA INDONESIA - INDONESIA Corruption Watch (ICW) merekomendasikan...
SKB EMPAT MENTERI SOAL DANA DESA SEGERA DITERBITKAN

SKB EMPAT MENTERI SOAL DANA DESA SEGERA DITERBITKAN

SAPA INDONESIA - PEMERINTAH segera menerbitkan surat keputusan...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook