Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

ENTASKAN KEMISKINAN DIMULAI DARI PERTANIAN

kemiskinan-sapa-petani

SAPA - Ketua LSM Pancasila Jiwaku Mansyur Rincing mengatakan, untuk mengentaskan kemiskinan di Kabupaten Nunukan, Pemerintah Kabupaten Nunukan bisa memulainya dari pembangunan sektor pertanian.

Ia mengatakan, struktur ekonomi masyarakat di daerah ini lebih banyak pada sektor pertanian. Padahal sektor ini pula yang menjadi penyumbang terbesar angka kemiskinan di Kabupaten Nunukan.

Ia mengatakan, kondisi petani di Nunukan masih sangat memprihatinkan. Sektor yang diharapkan bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat justru masih jauh dari keinginan Pemkab Nunukan yang tertuang dalam Program Gerakan Membangun Ekonomi Mandiri Aman dan Sejahtera (Gerbang Emas).

Di sektor pertanian, kata Mansyur Rincing, untuk meningkatkan penghasilan petani Pemkab Nunukan dapat mendorong peningkatan produksi beras. Apalagi upaya dimaksud telah diatur dalam Peraturan Menteri Pertanian Nomor 45/permentan/OT.140/8/2001 tentang Tata Hubungan Kerja Antar Kelembagaan Teknis, Penelitian dan Pengembangan dan Penyuluhan Pertanian Dalam Mendukung Peningkatan Prodfuksi Beras Nasional. Dalam aturan dimaksud ditegaskan, pemerintah daerah perlu membentuk organisasi yang langsung diawasi camat dan didukung sepenuhnya instansi terkait khususnya sektor pertanian.

"Jadi kalau memang kita mengacu pada peraturan itu, kan ini secara menyeluruh. Makanya dari itu sudah sepantasnya pemerintah membentuk badan atau organisasi. Sebagai penanggungjawab adalah Camat. Nanti ada UPTD Pertanian, dan sekretaris Kepala Badan Penyuluh Kecamatan beserta anggotanya," ujarnya.

Ia mengatakan organisasi dimaksud sangat penting agar Camat juga ikut mengawasi dan ikut bertanggungjawab untuk meningkatkan produksi pertanian. Dia berharap, tahun 2013 organisasi dimkasud sudah terbentuk.

Editor: Hendra Gunawan
Sumber: Tribun Kaltim

Terpopuler

Terbaru

BUMDES PERLU SERAP PRODUKSI PERTANIAN

BUMDES PERLU SERAP PRODUKSI PERTANIAN

SAPA INDONESIA - BADAN Usaha Milik Desa (BUMDES) perlu untuk...
YASIN LIMPO: GUBERNUR JANGAN BIARKAN KADES DISOAL DANA DESA

YASIN LIMPO: GUBERNUR JANGAN BIARKAN KADES DISOAL DANA DESA

SAPA INDONESIA - KETUA Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh...
BAWA DUNIA USAHA MASUK DESA, MENDES PDTT DAN MENTAN BERSINERGI

BAWA DUNIA USAHA MASUK DESA, MENDES PDTT DAN MENTAN BERSINERGI

SAPA INDONESIA - PRODUK jenis jagung di Bengkulu Selatan jadi...
BUPATI PURWAKARTA INGATKAN KADES TAK BIKIN KUITANSI FIKTIF DANA DESA

BUPATI PURWAKARTA INGATKAN KADES TAK BIKIN KUITANSI FIKTIF DANA DESA

SAPA INDONESIA - BUPATI Purwakarta Dedi Mulyadi mengumpulkan...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook