Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

UPTPK SRAGEN BAKAL JADI REPLIKA DI 550 KAB/KOTA SE INDONESIA

kemiskinan-sapa-bupatisragen

SAPA - Unit Pelayanan Terpadu Penanggulangan Kemiskinan (UPTPK) Kab. Sragen yang belum genap berumur satu tahun ini akan menjadi replika di 550 Kabupaten / Kota se Indonesia. Hal tersebut diungkapkan Bupati Sragen Agus Fatchurrahman saat memberikan pengarahan pada acara Srawung Warga di Dusun Geneng Desa Bumiaji Kecamatan Gondang,baru-baru ini.

Dikatakan oleh Bupati Sragen, saat bertemu dengan Direktur Bina Pembangunan Daerah (Dirjen Bangda) Kementerian Dalam Negeri, Syamsul Arief Rivai mengungkapkan UPT-PK rintisan dari Sragen akan dijadikan replika di 550 kabupaten / kota se indonesia. " Hal itu karena UPT – PK merupakan satu-satunya kantor kemiskinan di Indonesia bahkan di dunia," ungkap Bupati.

Bupati meyakini, UPT-PK ini bisa menjadi jembatan pengentasan kemiskinan di Sragen. Setidaknya bisa mengangkat harkat dan martabat kaum miskin. Karena melalui UPTPK, Pemkab Sragen menjamin pengobatan bagi warga miskin yang sakit, biaya pendidikan bagi siswa berprestasi dan tunjangan kematian bagi keluarga yang ditinggal mati.

Lebih lanjut Bupati menjelaskan, sampai saat ini UPTPK telah menyalurkan Santunan Dana Duka Cita (Sangduta) kepada 1.541 ahli waris warga miskin yang meninggal dunia selama tahun 2012 ini. Sementara untuk program Sintawati(Siswa Pintar Sukowati) saat ini Pemkab. Sragen telah membeayai 32 mahasiswa dari KK miskin yang kuliah di perguruan tinggi negeri. Melalui beasiswa Sintawati tersebut, ke 32 orang mahasiswa itu akan di berikan biaya kuliah sebesar Rp. 2.000.000 persemester dan biaya hidup sebesar Rp.300.000 per bulannya hingga lulus kuliah. Bupati berharap anak warga miskin di Sragen pandai dan mempunyai prestasi di sekolahnya. Apabila berprestasi maka tidak usah mengkhawatirkan biaya pendidikannya, karena pemerintahlah yang akan membiayainya.

Bupati berharap Kabupaten Sragen menjadi persemaian bibit anak-anak pandai. Maka bukan menjadi mimpi lagi dua puluh atau tiga puluh tahun kedepan akan muncul pejabat-pejabat tinggi dari anak-anak Sragen. Saat ini saja telah ada pejabat-pejabat tinggi di pusat yang berasal dari Kabupaten Sragen. Misalnya saja Direktur Sertifkasi Kapal se-Indonesia, Direktur Utama Pegadaian Suhwono, Direktur Operasional BUMN Budiarto, Direktur BRI Pusat Sarwono dan Direktur Bank Mandiri. " Saya juga ingin nantinya Presiden RI berasal dari anak-anak Sragen," katanya. Untuk itu Bupati meminta kepada seluruh jajaran dunia pendidikan di Sragen terus berjuang mentrasfer ilmu kepandaian kepada seluruh siswa dengan sebaik-baiknya. "Karena hanya dengan kepandaian yang dimiliki, seorang miskin bisa meningkatkan harkat martabat keluarganya," kata Bupati.

Lebih lanjut Bupati menambahkan inovasi baru Pemkab Sragen, pada tahun 2013 mendatang adalah, pemberian fasilitas pengobatan gratis bagi warga miskin di seluruh Puskesmas atau di RSUD Sragen. Bahkan sampai cuci darah pun juga di gratiskan. "Opname terus neng rumah sakit yo entuk," kata Bupati disambut tawa para hadirin.

Untuk itu Bupati mengintruksikan kepada seluruh jajaran dinas kesehatan Kabupaten Sragen agar segera mempersiapkan diri untuk melaksanakan kebijakan ini. Bupati juga meminta kepada seluruh jajaran dunia kesehatan di Sragen untuk melayani para kaum miskin dengan sebaik-baiknya. " Berikanlah pelayanan sebaik-baiknya pada warga miskin yang membutuhkan pengobatan, karena pelayanan yang baik, senyum yang ramah merupakan obat paling mujarab bagi pasien " kata Bupati. Bahkan untuk menjamin warga miskin mendapat layanan kesehatan sebaik-baiknya, Bupati akan memberikan sanksi pada dokter, atau paramedis lainnya yang galak dan tidak ramah pada pasiennya.

 

Sumber: sragenkab.go.id

Terpopuler

Terbaru

KESENJANGAN EKONOMI JOGJA BISA BERBUNTUT KONFLIK SOSIAL

KESENJANGAN EKONOMI JOGJA BISA BERBUNTUT KONFLIK SOSIAL

SAPA INDONESIA - KETIMPANGAN ekonomi atau gini ratio DIY yang...
VALIDASI DATA KEMISKINAN HARUS DIDUKUNG SDM DAN ANGGARAN

VALIDASI DATA KEMISKINAN HARUS DIDUKUNG SDM DAN ANGGARAN

SAPA INDONESIA - MENCERMATI fenomena angka kemiskinan yang...
BELANJA ROKOK MASYARAKAT KULONPROGO TEMBUS RP96 MILIAR PER TAHUN

BELANJA ROKOK MASYARAKAT KULONPROGO TEMBUS RP96 MILIAR PER TAHUN

SAPA INDONESIA - NOMINAL belanja rokok di Kabupaten Kulonprogo,...
SETIAP DESA BERPOTENSI BENTUK BUMDES

SETIAP DESA BERPOTENSI BENTUK BUMDES

SAPA INDONESIA - SETIAP desa memiliki potensi untuk membentuk...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook