Penanggulangan Kemiskinan - Melawan Pemiskinan - Pengentasan Kemiskinan - TKPK - Angka Kemiskinan - IKraR - Pemberdayaan Masyarakat - PNPM Mandiri SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

PENGENTASAN KEMISKINAN HARUS BERBASIS PADA DATA

Budget
SAPA
- Keberhasilan Peme­rintah Kabupaten Pasaman mengurangi angka kemiskinan dalam empat tahun terakhir, perlu terus dibenahi. Terutama mengenai updating data rumah tangga miskin.

Kepala Badan Peren­canaan Pembangunan Dae­rah (Bappeda) Kabupaten Pasaman Yosvarman, kepa­da Haluan, menyebutkan, meski dalam sajian data Badan Pusat Statistik (BPS), angka kemiskinan Pasaman terus menurun.

Namun SKPD yang terkait dengan program gerakan pengen­tasan kemiskinan tidak memiliki data yang update. "Validasi data sangat pen­ting, agar program pengen­tasan kemiskinan tidak tumpang tindih dan tepat sasaran," ujar Yosvarman, kemarin.

Dia merilis, data hasil sensus penduduk oleh BPS Pasaman menyebutkan, angka kemiskinan menurun dari 10,97 persen pada tahun 2010 turun ke level 9,31 persen. Menurunnya angka kemiskinan, yang juga menyebabkan turunnya pengangguran. Disisi lain, Indeks Pembangunan Manu­sia (IPM) terus meningkat.

Jargon kemiskinan tidak bisa dihapus begitu saja. Namun, dapat berkurang dari tahun ke tahun. Tetap saja di antara yang sejah­tera, ada kelompok lain yang tidak sejahtera. Yosvar­man mengakui, terdapatnya beberapa persoalan dalam pengentasan kemiskinan.

Kurangnya validitas data kemiskinan merupakan elemen penting dalam pen­capaian tujuan. Data yang ada, masih terdapat kesala­han dalam menetapkan dan mengelompokan keluarga miskin.

"Masih terbatasnya ke­mam­puan daerah untuk memberikan pelayanan dasar kepada masyarakat. Baik itu keterbatasan keua­ngan daerah, kualitas dan kuantitas personil pelayanan serta kondisi dan keter­sediaan sarana dan prasa­rana pendukung," paparnya.

Di sisi lain, masih terda­patnya ketimpangan pemba­ngunan daerah. Hal ini terjadi karena topografi wilayah yang berbukit dan berbeda satu dengan lainnya.

Selanjutnya, permasa­lahan kemiskinan itu juga terlihat belum maksimalnya pelaksanaan koordinasi antar SKPD dalam penanggula­ngan kemiskinan.

"Kondisi ini juga diperpa­rah belum tersinergisnya penanggulangan kemiskinan antara pemerintah, masyara­kat dan dunia usaha," katanya.

Yosvarman pun menga­kui, sudah terbentuknya Tim Koordinasi Penanggu­langan Kemiskinan Kabupa­ten namun belum maksimal bekerja. Akibatnya, kemis­kinan di Pasaman belum terpetakan.

harianhaluan dot com
                                                   Penanggulangan Kemiskinan - Melawan Pemiskinan - Pengentasan Kemiskinan - TKPK - Angka Kemiskinan - IKraR - Pemberdayaan Masyarakat - PNPM Mandiri

Terpopuler

Terbaru

KONSULTAN NASIONAL KEMENDES MONEV DANA DESA DI SABANG

KONSULTAN NASIONAL KEMENDES MONEV DANA DESA DI SABANG

SAPA INDONESIA - KONSULTAN Nasional P3MD Kementerian Desa (Kemendes)...
PENDIDIKAN PINTU KELUAR KEMISKINAN

PENDIDIKAN PINTU KELUAR KEMISKINAN

SAPA INDONESIA - CALON gubernur Ganjar Pranowo mengemukakan...
PEMERINTAH JOKOWI TARGET TAK ADA DESA TERTINGGAL DI INDONESIA PADA 2019

PEMERINTAH JOKOWI TARGET TAK ADA DESA TERTINGGAL DI INDONESIA PADA 2019

SAPA INDONESIA - MENTERI Desa Pembangunan Daerah Tertinggal...
BANDUNG: MASIH ADA DESA YANG TAK PATUH LAPOR DANA DESA

BANDUNG: MASIH ADA DESA YANG TAK PATUH LAPOR DANA DESA

SAPA INDONESIA - BUPATI Bandung, Dadang M Naser mengungkapkan...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook