Penanggulangan Kemiskinan - Melawan Pemiskinan - Pengentasan Kemiskinan - TKPK - Angka Kemiskinan - IKraR - Pemberdayaan Masyarakat - PNPM Mandiri SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

1 JUTA TON LEBIH RASKIN BELUM TERSALUR

kemiskinan-sapa-penerimaraskinakandievaluasi
SAPA
- Distribusi beras bersubsidi untuk orang miskin (raskin) masih terus berjalan. Memasuki akhir tahun, masih ada sekitar 1,2 juta ton beras yang belum tersalurkan pada 15,5 juta rumah tangga sasaran (RTS).

Dirjen Pemberdayaan Sosial dan Penanggulangan Kemiskinan (Dayasos dan Gulkin) Kemensos, Hartono Laras mengatakan, hal itu dikarenakan masih berlanjutnya proses hingga akhir tahun. ia mengklaim tidak ada kendala besar yang menghambat penyaluran raskin tersebut.

"Dari 15,5 juta RTs total raskin hampir 3 juta ton, penyaluran sudah 50-60 persen. Kita optimis akan tersalurkan semua," ungkpanya. Meski demikian, Hartono mengungkapkan, penyaluran ini tidak akan bisa mencapai 100 persen. Hal itu disebabkan adanya daerah-daerah sasaran yang tidak menyalurkan raskin ini pada warganya.

Daerah tersebut adalah Kabupaten Muko-Muko, Bengkulu,Kabupaten Malinau, Kalimantan Timur dan Mentawai, Sumatera Barat. "Alasannya banyak, ada yang tidak mau karena berasnya melimpah. Itu hak mereka," tegasnya. Hartono menyebut, sisa kuota untuk tiga kabupaten tersebut akan otomasti kembali ke kas negara.

Dalam kesempatan tersebut, Hartono juga menyinggung adanya kemungkinan penambahan raskin sebagai kompensasi kenaikan BBM. Meski belum bisa menjabarkan, ia mengatakan, kemungkinan itu ada. namun ia masih belum mau berandai-andai berapa besaran kompensasi yang harus diberikan jika harga BBM positif naik nannti. "Tahun lalu, BBM naik, kita tambah raskin jadi tiga bulan. Sekarang belum tahu, kita tidak mau berandai-andai," ujarnya.

Direktur Pelayanan Publik Bulog Agusdin Farid juga mengatakan, tak ada kendala besar yang menyebabkan raskin belum tersalur. Meski terkadang, penyaluran untuk wilayah Timur Indonesia mengalami kesulitan lantaran faktor cuaca dan geografis. Tapi pihaknya telah memiliki solusi tersendiri.

"Kita salurkan 2-3 bulan duluan sebelum yang lainnya. Jadi prakteknya tidak ada masalah dengan jadwal," jelasnya.

Saat ini menurutnya, raskin sudah disitribusikan menyeluruh ke seluruh wilayah Indonesia. Distribusi paling banyak terdapat di daerah Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur.

radarbanyumas dot co dot id
                                                                     Penanggulangan Kemiskinan - Melawan Pemiskinan - Pengentasan Kemiskinan - TKPK - Angka Kemiskinan - IKraR - Pemberdayaan Masyarakat - PNPM Mandiri

Terpopuler

Terbaru

DANA DESA RP 79.83 MILIAR DIBAGI, DESA DIDORONG BENTUK BUMDES

DANA DESA RP 79.83 MILIAR DIBAGI, DESA DIDORONG BENTUK BUMDES

SAPA INDONESIA - DANA desa tahap pertama sebanyak 60 % dibagikan...
DANA DESA TERMIN PERTAMA CAIR

DANA DESA TERMIN PERTAMA CAIR

SAPA INDONESIA - DANA desa termin pertama 2017 sudah mulai...
TERAPKAN SISKEUDES, KADES DIMINTA REKRUT SARJANA PENDAMPING

TERAPKAN SISKEUDES, KADES DIMINTA REKRUT SARJANA PENDAMPING

SAPA INDONESIA - PENGELOLAAN keuangan desa berupa dana desa...
BUMDES BUAT DESA LEBIH MANDIRI

BUMDES BUAT DESA LEBIH MANDIRI

SAPA INDONESIA - KEMENTERIAN Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook