Penanggulangan Kemiskinan - Melawan Pemiskinan - Pengentasan Kemiskinan - TKPK - Angka Kemiskinan - IKraR - Pemberdayaan Masyarakat - PNPM Mandiri SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

GNPM SELARAS DENGAN KONSEP PEMERINTAHAN JOKOWI-JK

penanggulangan-kemiskinan-sujana-royat
SAPA
- GERAKAN Nasional Pemberdayaan Masyarakat atau yang disingkat dengan GNPM yang Agustus lalu (14-08-14, pukul 14:14:14) dideklarasikan di Semarang, Jawa Tengah, ternyata gaungnya telah menjangkau segenap pelosok Tanah Air. Pasalnya disamping memang GNPM sendiri didukung banyak pihak di Indonesia, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo pun telah menyatakan kesiapannya menjadikan daerahnya sebagai percontohan dan segera bakal diikuti oleh daerah-daerah lainnya di Indonesia.

Tak kurang pentingnya dari itu, kegigihan Sudjana Royat, Deputi Menko Kesra Bidang Penanggulangan Kemiskinan dan Pemberdayaan Masyarakat, dalam mendukung program keberpihakan pada rakyat ini, tak sedikit memperoleh acungan jempol. Sebagaimana telah dikabarkan banyak media, Sudjana Royat bersama Gunawan Sumodiningrat merupakan dua nama yang sempat menandatangani konsep Deklarasi GNPM di Semarang tersebut. Nama terakhir adalah pakar Ekonomi Kerakyatan sekaligus Guru Besar FEB Universitas Gadjah Mada.

Lokakarya Model Linkage Dana Amanah Pemberdayaan Masyarakat (DAPM) PNPM Mandiri di Semarang tempo hari pun menelurkan butir-butir kesimpulan sekaligus tekad bersama melanjutkan PNPM Mandiri ke depan bukanlah sekadar sebuah program pemerintah, namun lebih sebagai Gerakan Masyarakat guna menanggulangi kemiskinan berbasis pemberdayaan masyarakat.

GNPM sendiri yang diprakarsai oleh ASosiasi RAkyat BerdaYA (ASRAYA), nampaknya memang demikian mendukung terwujudnya "Indonesia Hebat". Senada dengan Sudjana Royat, Gunawan Sumodiningrat juga memastikan kalau GNPM sangat klop dengan konsep pemberdayaan rakyat yang selama ini dimiliki Presiden terpilih, Joko Widodo. "Apa yang selama ini kami lakukan, memang sangat selaras dengan konsep-konsep Pak Jokowi dalam soal memperjuangkan kesejahteraan rakyat," ungkap Gunawan.

Kegigihan Sudjana Royat dalam mendukung berbagai program penanggulangan kemiskinan yang memang menjadi tugasnya di Kementeriannya, telah diakui berbagai pihak. Sebagai Deputy Menko Kesra, jadwal kegiatannya mengelilingi pelosok negeri ini demikian padat. Meski kini usianya bisa dibilang telah menjelang lanjut, dalam kesehariannya Sudjana masih nampak demikian sigap. Berbagai pemikirannya tentang konsep-konsep penanggulangan kemiskinan di Indonesia tak sedikit telah dilansir mediamassa.

Sementara menurut kacamata Haryono Suyono, pemerintah saat ini mestinya memiliki tekad mengentaskan rakyat dari lembah kemiskinan dengan kerja keras dan idealnya memang membangun sumberdaya manusia yang berkualitas dengan gerakan pemberdayaan secara besar-besaran. Dan pemberdayaan itu sendiri, dewasa ini mencakup kebijakan serta komitmen para pemimpin bangsa yang sungguh-sungguh memihak rakyat kecil. Diera reformasi sekarang ini, demikian Haryono, rakyat terutama di tingkat pedesaan sangat merindukan penuntun, pembimbing. Artinya, bukan sebuah gerakan pemberdayaan yang membiarkan masyarakat berkembang sendiri.

Pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang sudah berada dipenghujung dan bisa dibilang tinggal menghitung hari saja, agaknya justru membuat GNPM kian keras bergiat, tentunya tak lepas dari dukungan Sudjana Royat. Pemerintahan Jokowi-JK, Presiden-Wakil Presiden terpilih, sangat menjanjikan sebuah perubahan besar dalam soal penanggulangan kemiskinan di Indonesia. Terlebih, berbagai konsep Jokowi perihal pemberdayaan manusia, sangatlah sesuai dengan apa yang kini tengah diperjuangkan GNPM.

cahaya dot co
                                                 Penanggulangan Kemiskinan - Melawan Pemiskinan - Pengentasan Kemiskinan - TKPK - Angka Kemiskinan - IKraR - Pemberdayaan Masyarakat - PNPM Mandiri

Terpopuler

Terbaru

KUTUH DIJADIKAN “ROLE MODEL” PEMBANGUNAN DESA DI BADUNG

KUTUH DIJADIKAN “ROLE MODEL” PEMBANGUNAN DESA DI BADUNG

SAPA INDONESIA - WAKIL Bupati Badung, Ketut Suiasa, menegaskan...
PEMERINTAH BAKAL TAMBAH DANA DESA 10% DI TAHUN DEPAN

PEMERINTAH BAKAL TAMBAH DANA DESA 10% DI TAHUN DEPAN

SAPA INDONESIA - KEMENTERIAN Keuangan (Kemenkeu) melalui Direktorat...
KEMISKINAN BENGKULU DAN JANJI KPK YANG DILUPAKAN SANG GUBERNUR

KEMISKINAN BENGKULU DAN JANJI KPK YANG DILUPAKAN SANG GUBERNUR

SAPA INDONESIA - GUBERNUR BENGKULU Ridwan Mukti bersama istrinya,...
DANA DESA TAK KUNJUNG CAIR, KEPALA DESA BERANG PEMBANGUNAN TERHAMBAT

DANA DESA TAK KUNJUNG CAIR, KEPALA DESA BERANG PEMBANGUNAN TERHAMBAT

SAPA INDONESIA - PENCAIRAN Dana Desa di Kabupaten Purworejo...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook