Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

STOK RASKIN AMAN HINGGA AKHIR 2012

kemiskinan-sapa-raskin1SAPA - Stok beras miskin (raskin) yang akan disalurkan kepada warga kurang mampu di Kota Tanjungpinang dan Kabupaten Bintan aman hingga akhir tahun 2012. Stok raskin yang disimpan di gudang Bulog saat ini mencapai 731 ton.

"Stok beras raskin saat ini dibuat November hingga Desember 2012, mencukupi kebutuhan masyarakat Tanjungpinang dan Kabupaten Bintan, yakni sekitar 731 ton," kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Perum Bulog Sub Divisi Regional Tanjungpinang, Siris, Jumat (23/11).

Siris mengungkapkan raskin tersebut didatangkan dari Pekanbaru dengan menggunakan angkutan laut dari pelabuhan Dumai.

Sirin mengatakan raskin itu akan disalurkan bagi warga kurang mampu di empat kecamatan di Kota Tanjungpinang dan 10 kecamatan di Kabupaten Bintan. Total penerima raskin di kedua daerah itu sebanyak 8.004 kepala keluarga (KK) kurang mampu atau miskin.

Ia menambahkan, untuk Kabupaten Bintan, raskin yang disalurkan buat rumah tangga sasaran (RTS) memakai dana APBD. Setidaknya ada sekitar 79.785 kilogram raskin yang disalurkan kepada sekitar 5.319 RTS. "Raskin dari bantuan otonomi daerah dari Kabupaten Bintan, setidaknya ada sekitar 26.595 kilogram, " pungkasnya.

Sementara itu, sejak seminggu terakhir stok sayuran mulai langka di Kota Tanjungpinang. Kelangkaan ini membuat harga sejumlah jenis sayuran melambung tinggi. Seperti bayam yang harganya kini mencapai Rp8.000 per kilogram (kg) dan sawi mencapai Rp12 per kg.

Asih, salah seorang pedagang sayur di Pasar Bintan Centre, mengungkapkan, kelangkaan sayuran sudah terjadi sekitar seminggu terakhir. Kelangkaan ini antara lain diakibatkan faktor cuaca yang hampir setiap hari hujan yang mengakibatkan banyak petani yang gagal panen. "Sudah sepekan ini sayuran langka, mungkin karena faktor cuaca," katanya, Jumat (23/11).

Ia menjelaskan, langkanya sayuran menjadikan harganya juga ikut naik. Tidak hanya itu saja, kadang kala jenis sayuran tertentu tidak tersedia di pasar karena tidak dipasok oleh distributor. "Seperti biasalah, kalau sayuran langka, pasti harganya juga naik," ucap Asih.

Menurut dia, sebagian besar sayuran yang dijual di Pasar Bintan Centre dipasok dari Wacopek dan Gesek, Kabupaten Bintan. "Tidak hanya kami saja yang mengeluh, pembeli juga merasakannya, selain langka, harganya pun tinggi, "tuturnya.

Simamora, pedagang lainnya, juga mengakui melambungnya harga sayuran ini. Harga wortel misalnya, kata dia, naik dari Rp10 ribu per kg menjadi Rp18 ribu per kg, dan bawang merah naik dari semula Rp15 ribu menjadi Rp18 ribu per kg. "Wortel yang naik drastis, padahal sebelumnya murah, saya juga tidak tahu kenapa naik harganya. Dan kenaikan ini tidak ada hubungannya dengan dekatnya Natal dan Tahun Baru," paparnya. [ton]

 

sindikasi dot inilah dot com

Terpopuler

Terbaru

SATGAS DANA DESA KOORDINASI KE JAKSA AGUNG

SATGAS DANA DESA KOORDINASI KE JAKSA AGUNG

SAPA INDONESIA - SATGAS Dana Desa Kementerian Desa PDTT menemui...
SRI MULYANI AKAN BEBERKAN RANCANGAN APBN DAN PANTAU DANA DESA DI KLATEN

SRI MULYANI AKAN BEBERKAN RANCANGAN APBN DAN PANTAU DANA DESA DI KLATEN

SAPA INDONESIA - MENTERI Keuangan Republik Indonesia, Sri Mulyani...
KEJATI INSTRUKSIKAN KEJARI SE JATIM KAWAL PENGGUNAAN DANA DESA

KEJATI INSTRUKSIKAN KEJARI SE JATIM KAWAL PENGGUNAAN DANA DESA

SAPA INDONESIA - KEJAKSAAN Tinggi Jawa Timur menginstruksikan...
195 JAKSA SIAP AWASI DANA DESA DI SUMUT SEBESAR RP4,1 T

195 JAKSA SIAP AWASI DANA DESA DI SUMUT SEBESAR RP4,1 T

SAPA INDONESIA - KEMENTERIAN Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook