Penanggulangan Kemiskinan - Melawan Pemiskinan - Pengentasan Kemiskinan - TKPK - Angka Kemiskinan - IKraR - Pemberdayaan Masyarakat - PNPM Mandiri SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

BPPKB KAB BOGOR BELAJAR PENGENTASAN KEMISKINAN DI KOTA SEMARANG

penanggulangan-kemiskinan-bppkb-bogor
SAPA
- GUNA mempercepat mengentaskan kemiskinan diwilayah Bumi Tegar Beriman, Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BPPKB) Kabupaten Bogor mempelajari program pengentasan kemiskinan Gerdu Kempling yang dimiliki Pemerintah Kota Semarang.

Gerdu Kempling merupakanprogram unggulan yang mengantarkan Kota Semarang meraih Inovatif Government Award (IGOV). Program pengentasan kemiskinan ini pun dibahas BPPKB, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Dinas Koperasi, UKM, Koperasi dan Perdagangan (Diskperindag) dari pihak Kabupaten Bogor dan Bappeda juga SKPD terkait Kota Semarang di Gedung Balaikota Semarang, Jl. Pemuda, Lantai 7.

Sekretaris Bappeda Kota Semarang Purnomo Dwi Sasongko menjelaskan, sesungguhnya belum tentu Kota semarang lebih unggul dari Kabupaten Bogor mengenai pembinaan kelompok UKM yang dilakukan kaum perempuan.

"Justru pada hakekatnya kita saling bertukar pikiran. Karena kita punya tugas yang sama yakni melayani masyarakat dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat," katanya.

Menurut Purnomo, pihaknya memiliki program percepatan penanggulangan kemiskinan yang disebut Gerdu Kempling

yang merupakan kependekan dari Gerakan Terpadu Kesehatan Ekonomi Pendidikan Infrastruktur dan lingkungan.

"Gerakan ini adalah gerakan terpadu penanggulangan kemiskinan yang mencakup segala aspek dan terangkum dalam 5 bidang yaitu Kesehatan, Ekonomi, Pendidikan, Infrastruktur dan lingkungan," jelasnya.

Selanjutnya, Kepala BPPKB Kabupaten Bogor, Siti Nurianti mengatakan, pengentasan kemiskinan adalah urusan wajib setiap Pemerintah daerah dalam rangka peningkatan kesejahteraan. Untuk itu pihaknya sangat tertarik dengan program Gerdu Kempling yang berjalan dengan baik di Kota Semarang.

Menurutnya, Kabupaten Bogor memiliki kelompok Perempuan Kepala Keluarga (Peka) sebanyak 65 kelompok, pembinaannya dalam bentuk pemberian modal, pemberian peralatan, dan pelatihan. Kemudian ada 180 kelompok UPPKS dan 45 ribu UKM. Seluruhnya adalah upaya untuk memberdayakan masyarakat agar keluar dari garis kemiskinan.

"Olehkarenanya kami tertarik berdiskusi soal penentasan kemiskinan, terutama dengan model pemberdayaan masyarakat. Kami ingin bertukar pikiran untuk mengembangkan kelompok-kelompok tersebut", kata Nurianti.

kabarpublik dot com
                                                         Penanggulangan Kemiskinan - Melawan Pemiskinan - Pengentasan Kemiskinan - TKPK - Angka Kemiskinan - IKraR - Pemberdayaan Masyarakat - PNPM Mandiri

Terpopuler

Terbaru

DANA DESA RP 79.83 MILIAR DIBAGI, DESA DIDORONG BENTUK BUMDES

DANA DESA RP 79.83 MILIAR DIBAGI, DESA DIDORONG BENTUK BUMDES

SAPA INDONESIA - DANA desa tahap pertama sebanyak 60 % dibagikan...
DANA DESA TERMIN PERTAMA CAIR

DANA DESA TERMIN PERTAMA CAIR

SAPA INDONESIA - DANA desa termin pertama 2017 sudah mulai...
TERAPKAN SISKEUDES, KADES DIMINTA REKRUT SARJANA PENDAMPING

TERAPKAN SISKEUDES, KADES DIMINTA REKRUT SARJANA PENDAMPING

SAPA INDONESIA - PENGELOLAAN keuangan desa berupa dana desa...
BUMDES BUAT DESA LEBIH MANDIRI

BUMDES BUAT DESA LEBIH MANDIRI

SAPA INDONESIA - KEMENTERIAN Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook