Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

RIBUAN WARGA MISKIN DAPAT BANTUAN UANG TUNAI

kemiskinan-sapa-bantuanuangtunaiSAPA - Kementerian Sosial menyalurkan bantuan uang tunai kepada keluarga sangat miskin yang memiliki ibu hamil, anak balita, usia SD dan SMP. Bantuan melalui Program Keluarga Harapan (PKH) ini diharapkan membantu kegiatan pendidikan dan gizi penerimanya.

Koordinator PKH Kulonprogo Totok Haryanto menyebutkan jumlah penerima bantuan terdiri 56 ibu hamil, 1.033 balita, 2.469 anak SD dan 1.108 anak SMP, dengan total 2.807 rumah tangga. "Ada satu rumah tangga yang memiliki beberapa kriteria sekaligus, misalnya punya lima anak, jadi bisa menerima lebih dari satu nama," jelasnya seusai memantau penyaluran.

Ia menyebutkan bantuan ibu hamil, balita dan anak SMP sebesar Rp800.000 per tahun sedangkan anak SD Rp600.000 per tahun. Dari setiap keluarga yang menerima bantuan, juga mendapatkan tambahan Rp200.000.

Bantuan bersyarat ini diterima empat kali dan penyaluran kemarin tahap keempat 2012. Penyaluran telah dilakukan dalam kurun waktu seminggu terakhir, melalui kantor pos yang tersebar di seluruh kecamatan di Kulonprogo.

Menurut Totok, bantuan ini ditujukan pada keluarga sangat miskin dengan kriteria yang telah ditetapkan oleh Kemensos. "Bantuan diharapkan berguna untuk biaya sekolah maupun perbaikan gizi penerimanya," kata dia.

Ia menambahkan dalam pendataan di lapangan, para petugasnya masih menemukan lebih bayak warga sangat miskin yang membutuhkan bantuan. "Sayangnya kami terbatas pada alokasi yang diberikan dari Kemensos," ujarnya.

Petugas PKH Kecamatan Girimulyo Sapti mengungkapkan angka kemiskinan di wilayahnya yang tertinggi se Kulonprogo, karena tingkat kesejahteraan masyarakatnya rendah. Mayoritas warga bekerja menjadi buruh tani di berbagai daerah seperti Nanggulan dan Sentolo. "Penghasilannya setiap hari tidak menentu, sehingga mereka membutuhkan bantuan," katanya.

 

Sumber : Solopos

Terpopuler

Terbaru

KEMENDES HARUS INTENS SOSIALISASIKAN DD

KEMENDES HARUS INTENS SOSIALISASIKAN DD

SAPA INDONESIA - PENYERAPAN anggaran Kementerian Desa, Pembangunan...
KADES HARUS LIBATKAN TENAGA PENDAMPING

KADES HARUS LIBATKAN TENAGA PENDAMPING

SAPA INDONESIA - PEMERINTAH pusat telah menggelontorkan dana...
BANTUAN PANGAN LEWAT KARTU

BANTUAN PANGAN LEWAT KARTU

SAPA INDONESIA - BANTUAN pangan nontunai diluncurkan serentak...
KETIMPANGAN MASIH LEBAR

KETIMPANGAN MASIH LEBAR

SAPA INDONESIA - KUASA pasar menjadi lokomotif memburuknya...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook