Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

DI SRAGEN KARTU SARASWATI SEGERA DIBAGIKAN

kemiskinan-sapa-saraswati

SAPA - Kartu Sarase Warga Sukowati (Saraswati) Melati dan Menur akan segera dibagikan kepada warga miskin di Kabupaten Sragen. Rencananya, Bupati Sragen, Agus Fatchur Rahman, akan meluncurkan penggunaan kartu tersebut di Kecamatan Tangen, Sabtu (8/12/2012).
Sekretaris Kecamatan Masaran, Sragen, Rusmanto, mengungkapkan sekitar sepekan lalu perangkat kecamatan diundang ke kabupaten. Mereka diminta mengambil Kartu Saraswati Melati dan Menur. Kartu Saraswati sudah dipilah-pilah setiap desa dan dilengkapi dengan plastik pembungkus khusus. Namun pembagiannya menunggu setelah diluncurkan Bupati Sragen. "Informasi awalnya akan diluncurkan 20 Desember, tapi ada susulan akan diluncurkan secepatnya," ungkapnya kepada Solopos.com, Selasa (4/12/2012).

Di Kecamatan Masaran, terangnya, jumlah keluarga miskin sebanyak 5.962 kepala keluarga. Jumlah warga miskin yang akan menerima Kartu Saraswati Melati dan Menur sebanyak 22.991 orang. Rencananya, kata Rusmanto, jika sudah ada perintah untuk mendistribusikan ke setiap desa, pihak kecamatan akan mengundang kepala desa untuk mengambil Kartu Saraswati. Soal teknis pembagian ke warga, akan dimusyawarahkan saat kepala desa hadir di kecamatan.

Beberapa waktu lalu, ungkapnya, dua Puskesmas di Masaran sudah mengadakan sosialisasi tentang Kartu Saraswati kepada warga miskin di daerah binaannya. Warga diberi tahu tentang manfaat dan cara menggunakannya.

Kepala Unit Pelayanan Terpadu Penanggulangan Kemiskinan (UPTPK) Sragen, Suyadi, mengungkapkan Kartu Saraswati sudah didistribusikan ke 20 kecamatan. Nantinya dari kecamatan, Kartu Saraswati akan diserahkan ke setiap desa. Lalu diharapkan desa akan meminta bantuan ketua RT untuk membagikan ke warga yang berhak menerima. Secara resmi kartu itu bisa digunakan mulai 1 Januari 2013.

Kartu Saraswati terbuat dari kertas karton berwarna merah muda. Di sisi kiri, terdapat keterangan nomor register, nama pemilik kartu, jenis kelamin, tanggal lahir, alamat, pekerjaan, nomor induk kependudukan (NIK), puskesmas yang dirujuk dan keterangan masa berlaku mulai Januari-Desember 2013. Di bagian bawah terdapat tanda tangan Bupati Sragen dan tanda tangan/cap jempol peserta. Di bagian kanan kartu, terdapat informasi tentang pelayanan kesehatan yang diperoleh, tempat pelayanan, pelayanan yang tidak dijamin dan keterangan lainnya.

Khusus Saraswati Melati, pelayanan yang diperoleh yaitu pelayanan rawat jalan dan rawat inap di puskesmas dan jaringannya, pelayanan gawat darurat di puskesmas dan RSUD Kabupaten Sragen, pelayanan tingkat lanjut di RSUD Kabupaten Sragen dengan fasilitas ruang perawatan kelas III, pelayanan obat yang masuk formularium, hemodialisa, kemoterapi, radioterapi, pelayanan darah dan ambulans.

solopos dot com

Terpopuler

Terbaru

WONOSOBO TERPILIH JADI PERCONTOHAN OPEN DATA KEUANGAN DESA

WONOSOBO TERPILIH JADI PERCONTOHAN OPEN DATA KEUANGAN DESA

SAPA INDONESIA - KEMENTERIAN Dalam Negeri memprediksi, alokasi...
DANA DESA STIMULASI PEMBENTUKAN 18.446 BUMDES

DANA DESA STIMULASI PEMBENTUKAN 18.446 BUMDES

SAPA INDONESIA - DANA desa sudah dicairkan sekira 95,54%. Sejak...
SLEMAN: 6 DESA BELUM REALISASIKAN BANTUAN

SLEMAN: 6 DESA BELUM REALISASIKAN BANTUAN

SAPA INDONESIA - PENYERAPAN Dana Desa (DD) di enam desa di...
MENDAGRI PERKIRAKAN DANA DESA 2018 CAPAI RP103 TRILIUN

MENDAGRI PERKIRAKAN DANA DESA 2018 CAPAI RP103 TRILIUN

SAPA INDONESIA - MENTERI Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo memperkirakan...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook