Penanggulangan Kemiskinan - Melawan Pemiskinan - Indeks Kesejahteraan Rakyat - Dana Desa - Desa Membangun - TKPK - Gerakan Desa - Data Pembangunan SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

ANGKA KEMISKINAN DKI NAIK, KARENA DINAIKKAN STANDARNYA

penanggulangan-kemiskinan-ahok
SAPA
- Badan Pusat Statistik (BPS) DKI Jakarta merilis hasil survei angka kemiskinan di DKI yang meningkat per September 2014 lalu. Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama mengatakan, kenaikan angka kemiskinan di DKI itu karena pihaknya juga menaikkan standar garis kemiskinan.

Pihaknya sudah meminta survei untuk itu dilakukan dengan mengacu pada Kebutuhan Hidup Cukup (KHC) sehingga menggunakan Upah Minimum Provinsi (UMP) untuk membuat standarnya.

"Saya bilang saya mau tahu yang standar. Saya tidak mau di Jakarta mengunakan kalori yang 2.500 kalori per hari. Kalau itu dihitung uang hanya Rp 495.000 sekarang. Masa orang punya penghasilan Rp 500.000 sudah dianggap di atas garis kemiskinan? Tidak masuk akal di Jakarta," kata Basuki di Balai Kota, Rabu (28/1).

Maka seharusnya, katanya, yang dipergunakan untuk survei adalah Komponen Hidup Layak (KHL). Namun, dari BPS menggunakan survei dengan KHC dengan standar yang sama dengan KHL. Dengan demikian tidak mengherankan apabila saat UMP diterapkan, yakni Rp 2,4 juta per bulan, jumlah orang miskin meningkat.

"Jadi tidak apa-apa. Saya ingin tahu justru siapa yang miskin, masalahnya apa. Buat apa bohongi diri sendiri? Mengaku kemiskinan di Jakarta hanya 3,5 persen," katanya.

Basuki mengatakan, hal tersebut bisa dilihat saat Badan Peenyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan dirilis, termasuk Kartu Jakarta Pintar (KJP), banyak warga yang berminat. Ia pun memperkirakan sebenarnya kemiskinan di Jakarta berada di angka 40%.

Basuki menjelaskan, untuk mengurangi tingkat kemiskinan tersebut pihaknya sudah melakukan dengan program KJP dan KJS, termasuk juga di sektor UMKM untuk para Pedagang Kaki Lima (PKL).

beritasatu dot com
                                                                  Penanggulangan Kemiskinan - Melawan Pemiskinan - Indeks Kesejahteraan Rakyat - Dana Desa - Desa Membangun - TKPK - Gerakan Desa - Data Pembangunan

Terpopuler

Terbaru

DANA DESA RP 79.83 MILIAR DIBAGI, DESA DIDORONG BENTUK BUMDES

DANA DESA RP 79.83 MILIAR DIBAGI, DESA DIDORONG BENTUK BUMDES

SAPA INDONESIA - DANA desa tahap pertama sebanyak 60 % dibagikan...
DANA DESA TERMIN PERTAMA CAIR

DANA DESA TERMIN PERTAMA CAIR

SAPA INDONESIA - DANA desa termin pertama 2017 sudah mulai...
TERAPKAN SISKEUDES, KADES DIMINTA REKRUT SARJANA PENDAMPING

TERAPKAN SISKEUDES, KADES DIMINTA REKRUT SARJANA PENDAMPING

SAPA INDONESIA - PENGELOLAAN keuangan desa berupa dana desa...
BUMDES BUAT DESA LEBIH MANDIRI

BUMDES BUAT DESA LEBIH MANDIRI

SAPA INDONESIA - KEMENTERIAN Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook