Penanggulangan Kemiskinan - Melawan Pemiskinan - Indeks Kesejahteraan Rakyat - Dana Desa - Desa Membangun - TKPK - Gerakan Desa - Data Pembangunan SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

24 PETANI BUDIDAYA RUMPUT LAUT DAPAT BANTUAN MODAL DKP

penanggulangan-kemiskinan-nunukan-rumput-laut

SAPA - PEMERINTAH Kabupaten Nunukan melalui Dinas Kelautan dan Perikanan Nunukan memberikan bantuan modal usaha kepada 24 petani budidaya rumput laut yang berasal dari Kecamatan Sebatik, Sebatik Barat, Nunukan dan Nunukan Selatan. Jenis bantuan yang diberikan antara lain tali pondasi, tali jangkar, tali samping, tali ris kemudian tali bentangan dengan keseluruhan jumlah tali yaitu 208 kg. Bantuan penunjang lainnya seperti pelampung tanda, masing - masing 1 unit alkon, mesin tempel dan perahu fiber turut diberikan secara gratis kepada masyarakat dengan bantuan perorang senilai Rp. 60 Juta.

Kasi Teknologi Pembenihan dan Budidaya pada Dinas Kelautan dan Perikanan Nunukan Reski mengatakan bantuan 1 unit alkon dimaksudkan agar kualitis rumput laut Nunukan semakin baik mengingat kondisi perairan yang agak keruh dan berlumpur sehingga membutuhkan kerja ekstra meskipun produksi kita tergolong terbesar.

Bantuan yang diberikan merupakan kegiatan penanggulangan kemiskinan yang terdapat pada DKP Nunukan khususnya dibidang penanggulangan kimiskinan bidang perikanan budidaya. Masyarakat yang mendapatkan bantuan yang sebelumnya terdata dalam rumah tangga sasaran dalam penanggulangan kemiskinan daerah Nunukan.

"Adakan penanggulangan kemiskinan daerah yang leadernya, datanya di Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Nunukan. Kami dikasih data terus dari data itu kita mencari calon penerima yang bergerak dibidang budidaya," ucapnya.

Reski menjelaskan saat ini Nunukan telah memiliki sekitar 1900 orang pembudidaya rumput laut se - Kabupaten Nunukan, namun yang mendapatkan bantuan tahun ini sangat terbatas yaitu 24 orang. Meskipun terbatas, tetapi bantuan yang diberikan lumayan lengkap untuk memulai suatu usaha karena diharapkan yang terdata ini setelah diberikan bantuan 1 atau 2 tahun kemudian sudah bisa dikeluarkan dari data penanggulangan kemiskinan Nunukan.

"Jadi jumlah orang miskin di Kabupaten Nunukan diharapkan dari bidang perikanan budi daya untuk kegiatan tahun 2014 itu ada 24 orang yang bisa diangkat tingkat kesejaheraannya karena orang – orang yang kita bantu ini ada 24 orang terdata dalam tiga kategori rumah tangga sangat miskin," ucapnya.

Ia menjelaskan kategori rumah tangga miskin yaitu 0 – 10 % yang tergolong sangat miskin, kemudian 11 – 20 % itu miskin, kemudian 21 – 30 % hampir miskin. Yang dimaksud 0 – 10 % tingkat kesejahteraan masyarakat. Jika 21 – 30 % masyarakat dapat dikatakan hampir berada digaris kemiskinan tetapi belum sampai seperti ditentukan oleh Badan Pusat Statistik Nunukan. Dengan bantuan yang terbatas, DKP memprioritaskan bantuan kepada masyarakat yang tergolong dalam sangat miskin 0 – 10 %. Namun demikian, bantuan juga diberikan kepada 3 atau 4 orang yang bukan sangat miskin golongannya tetapi miskin itu dasar perhitungan untuk diberikan bantuan.

Karena bantuan secara gratis, nantinya DKP akan melakukan monitoring kepada masyarakat yang mendapatkan bantuan tersebut sebagai bahan laporan kepada Bappeda Nunukan.

"Kita melaporkan ke Bappeda orang – orang yang no urut sekian yang terdata dalam rumah tangga miskin sudah dikasih ditahun 2015, bantuannya ini baik dari Tim kami nanti mungkin ada pembinaan teknik kemudian yang memantau perkembangan termasuk dari Bappeda. Diberikan secara gratis. Intinya ada 24 orang yang keluar dari data miskin kita di Nunukan," katanya.

tribunnunukan dot com
                                                             Penanggulangan Kemiskinan - Melawan Pemiskinan - Indeks Kesejahteraan Rakyat - Dana Desa - Desa Membangun - TKPK - Gerakan Desa - Data Kemiskinan

Terpopuler

Terbaru

BUMDES PERLU SERAP PRODUKSI PERTANIAN

BUMDES PERLU SERAP PRODUKSI PERTANIAN

SAPA INDONESIA - BADAN Usaha Milik Desa (BUMDES) perlu untuk...
YASIN LIMPO: GUBERNUR JANGAN BIARKAN KADES DISOAL DANA DESA

YASIN LIMPO: GUBERNUR JANGAN BIARKAN KADES DISOAL DANA DESA

SAPA INDONESIA - KETUA Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh...
BAWA DUNIA USAHA MASUK DESA, MENDES PDTT DAN MENTAN BERSINERGI

BAWA DUNIA USAHA MASUK DESA, MENDES PDTT DAN MENTAN BERSINERGI

SAPA INDONESIA - PRODUK jenis jagung di Bengkulu Selatan jadi...
BUPATI PURWAKARTA INGATKAN KADES TAK BIKIN KUITANSI FIKTIF DANA DESA

BUPATI PURWAKARTA INGATKAN KADES TAK BIKIN KUITANSI FIKTIF DANA DESA

SAPA INDONESIA - BUPATI Purwakarta Dedi Mulyadi mengumpulkan...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook