Penanggulangan Kemiskinan - Melawan Pemiskinan - Indeks Kesejahteraan Rakyat - Dana Desa - Desa Membangun - TKPK - Gerakan Desa - Data Kemiskinan SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

56 DESA BELUM TERVALIDASI RTM

Data

SAPA - VALIDASI data Rumah Tangga Miskin (RTM) di Kabupaten Bangli sampai saat ini belum juga selesai. Pasalnya, pemerintah pusat menargetkan pendataan RTM harus sudah rampung pada akhir Januari 2015. Dari 72 desa yang ada di Kabupaten Bangli, baru 16 desa yang baru menyetorkan data. Sehingga 56 desa belum tervalidasi RTM.

Rencananya, desa yang belum menyetor data RTM, pemerintah langsung melakukan jemput bola.

"Kami melakukan penjemputan ke kantor desa, untuk desa yang belum menyetorkan data. Itu cara untuk mempercepat validasi secara keseluruh. Kini Tercatat 10.435 kepala keluarga (KK) jumlah rumah tangga miskin (RTM) di Bangli tahun 2015,"kata Kadissonakertrans Bangli Drs. I Nengah Sukarta, Minggu (1/2).

Jumlah tersebut diprediksi mengalami peningkatan sebanyak 15 persen. Menurutnya, peningkatan jumlah RTM ini akibat kebutuhan hidup terutama harga bahan pokok dan penghasilan tidak berbanding lurus.Namun bila dilakukan validasi data, pihaknya amengklaim jumlahnya jauh di atas itu.

Sedangkan deadline validasi RTM kata Sukarta akan dilakukan secepatnya. Kemungkinan pihaknya bisa menyelesaikan validasi paling lambat 2 minggu kedepan. Kendati demikian, Sukarta tetap memgaku menyelesaikan secepat mungkin. "Kami tetap berusaha menyelesaikan validasi ini, waktu libur juga kami gunakan untuk validasi ini," ujarnya.

Lebih lanjut disampaikan Sukarta, validasi kali ini dilaksanakan seketat mungkin. Penentuan RTM disesuaikan dengan kriteria penentu. Pasalnya, beberapa jenis penyaluran bantuan dinilai salah sasaran dan mengakibatkan kecemburuan sosial. Sukarta berharap, validasi sekarang ini bisa terealisasikan sesuai kriteria yang ada. Disamping itu, dinas terkait mampu bekerjasama dengan perangkat desa agar data RTM terbaru segera rampung.

Validasi data masyarakat miskin di Bangli masih dihadapkan pada keengganan aparat terbawah seperti Kepala Dusun (Kadus) dan Kepala Lingkungan (Kepling) untuk melakukan validasi. Sehingga cendrung data masyarakat miskin yang dilaporkan masih data lama. Padahal kemiskinan terus kembang. Terbukti banyak warga miskin yang masih belum masuk dalam data RTM . Hal itu diketahui Sukarta saat turun langsung ke masyarakat miskin, menyusul adanya pemberitaan dimedia massa. Seperti kemiskinan yang menjerat Nyoman Rui, warga miskin di Dusun penida Kaja, Desa Tembuku, Kecamatan Tembuku.

Selain tercecer , ada perkembangannya yang tidak dilaporkan, sehingga pemerintah dapat memberikan skala prioritas bantuan sesaui kondisi terkini. Seperti kemiskinan yang menjerat warga di Kubusuih, rumahnya sudah hampir roboh , tak ada laporan perkembangannya. Dia berharap aparat terbawah dapat melaporkan perkembangan setidaknya setiap 3 bulan. Yang perlu dilaporkan nama, alamat dan kondisi rumahnya dengan melampirkan foto. Hal itu dilakukan agar warga secepatnya memperoleh Kartu Indonesia Sehat(KIS), Kartu Indonesia Pintar (KIP) dan KPS.

Sedangkan untuk bedah rumah, Kabupaten Bangli di tahun 2015 digelontorkan 1.500 rumah oleh Kemenpera. Sedangkan sesuai data sementara ini, baru bakal mendapatkan 126 unit bedah rumah dari Pemprov Bali dari antrian 308 KK (unit). Sementara Pemerintah Bangli tahun ini tak memberikan bantuan bedah rumah tahun hanya dalam bentuk bantuan sosial. Pemda hanya menganggarkan 2016 mendatang. "Masyarakat harus bersabar,sebab panjang antrian untuk bedah rumah di Bangli", harapnya.

posbali dot com
                                                 Penanggulangan Kemiskinan - Melawan Pemiskinan - Indeks Kesejahteraan Rakyat - Dana Desa - Desa Membangun - TKPK - Gerakan Desa - Data Kemiskinan

Terpopuler

Terbaru

DANA DESA RP 120 T, KEMENDES KAJI 2 OPSI PENCAIRAN

DANA DESA RP 120 T, KEMENDES KAJI 2 OPSI PENCAIRAN

SAPA INDONESIA - MENTERI Desa, Pembangunan Desa Tertinggal,...
PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR DARI DANA DESA CETAK SEJARAH

PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR DARI DANA DESA CETAK SEJARAH

SAPA INDONESIA - DI bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo...
DANA DESA DIHARAPKAN TAK MELULU UNTUK BANGUN INFRASTRUKTUR

DANA DESA DIHARAPKAN TAK MELULU UNTUK BANGUN INFRASTRUKTUR

SAPA INDONESIA - ANGGOTA Komisi II DPR RI Mardani Ali Sera...
19 KADES KOTA BARU DIPERIKSA TERKAIT DANA DESA SENILAI RP 6,4 MILIAR

19 KADES KOTA BARU DIPERIKSA TERKAIT DANA DESA SENILAI RP 6,4 MILIAR

SAPA INDONESIA - DANA Desa yang diterima desa di lokasi Kota...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook