Penanggulangan Kemiskinan - Melawan Pemiskinan - Indeks Kesejahteraan Rakyat - Dana Desa - Desa Membangun - TKPK - Gerakan Desa - Mengentaskan Kemiskinan SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

INI LANGKAH LTPKD CIAMIS MENGENTASKAN KEMISKINAN

Advokasi

SAPA - Dalam rangka menurunkan angka kemsikinan di Kabupaten Ciamis, Layanan Terpadu Penanggulangan Kemiskinan Daerah (LTPKD), kini giat melakukan pendataan agar program tersebut tepat sasaran. Drs. Mohamad Iskandar, M.Si., Kepala LTPKD Kabupaten Ciamis mengatakan, ini merupakan bentuk keseriusan Pemerintah Ciamis dalam mengentaskan kemiskinanan dengan menerbitakan Kartu Calakan, Kartu Waluya, dan Kartu Walagri.

"Menurut data yang kami peroleh ada sekitar 8076 orang yang berhak menerima Kartu Waluya, 420 siswa rawan DO sasaran Kartu Calakan, dan 9495 sasaran untuk Kartu Walagri. Namun tidak menutup kemungkinan akan bertambah kembali, setelah ada pendataan," ungkapnya, Selasa (03/02).

Mohamad Iskandar pun mengatakan bahwa langkah pertama LTPKD adalah singkronisasi data. Karena data ini harus betul-betul valid, supaya tidak menimbulkan masalah yang baru. "Berawal dari singkronisasi data langkah kita pertama dari tahun lalu disingkronkan dengan data yang baru, dan kita akan fokus satu tahun ini. Karena kita harus cepat melayani masyarakat".

Saat ditanya mengenai aktifasi kartu tesebut Mohamad Iskandar pun menjelaskan. "Nah, seperti Kartu Calakan, teknisnya siswa harus membuka rekening dan per tiga bulan sekali akan ditransfer, sedangkan untuk Kartu Walagri seperti rutilahu bila mana sudah terdaftar maka pasti mendapatkan, tapi nanti kita sedang melakukan penyusunan teknis," paparnya.

Mohamad Iskandar pun menuturkan saat ini Pemda Ciamis sedang berupaya dan konsen penurunan kemiskinan itu harus tercapai. "Kami pun perlu mendapatkan dukungan dari berbagai pihak, karena anggaran APBD sangat terbatas. Maka perlu peran para pengusaha untuk memberikan Corporate Social Responbsibility (CSR). Kenapa? untuk menyukseskan program pengentasan kemiskinan di Ciamis," pungkasnya.

wartapriangan dot com
                                                               Penanggulangan Kemiskinan - Melawan Pemiskinan - Indeks Kesejahteraan Rakyat - Dana Desa - Desa Membangun - TKPK - Gerakan Desa - Mengentaskan Kemiskinan

Terpopuler

Terbaru

WONOSOBO TERPILIH JADI PERCONTOHAN OPEN DATA KEUANGAN DESA

WONOSOBO TERPILIH JADI PERCONTOHAN OPEN DATA KEUANGAN DESA

SAPA INDONESIA - KEMENTERIAN Dalam Negeri memprediksi, alokasi...
DANA DESA STIMULASI PEMBENTUKAN 18.446 BUMDES

DANA DESA STIMULASI PEMBENTUKAN 18.446 BUMDES

SAPA INDONESIA - DANA desa sudah dicairkan sekira 95,54%. Sejak...
SLEMAN: 6 DESA BELUM REALISASIKAN BANTUAN

SLEMAN: 6 DESA BELUM REALISASIKAN BANTUAN

SAPA INDONESIA - PENYERAPAN Dana Desa (DD) di enam desa di...
MENDAGRI PERKIRAKAN DANA DESA 2018 CAPAI RP103 TRILIUN

MENDAGRI PERKIRAKAN DANA DESA 2018 CAPAI RP103 TRILIUN

SAPA INDONESIA - MENTERI Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo memperkirakan...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook