Penanggulangan Kemiskinan - Melawan Pemiskinan - Indeks Kesejahteraan Rakyat - Dana Desa - Desa Membangun - TKPK - Gerakan Desa - Data Kemiskinan SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

BPS JEMBER PERBAIKI DATA KEMISKINAN TAHUN 2015

Data

SAPA - Badan Pusat Statistik memperbarui data penduduk miskin di Kabupaten Jember, Jawa Timur, pada 2015. Pendataan lebih melibatkan pemerintah desa dan rukun tetangga.

"Memang rencana tahun ini ada pendataan program perlindungan sosial (PPLS). Bukan hanya untuk memperoleh data penduduk miskin, tapi untuk database terpadu," kata Kepala BPS Jember Indria purwaningsih.

Seharusnya perbaruan data ini dilakukan pada 2014. "Tapi karena bertepatan dengan transisi pemerintahan, baru dilakukan 2015," kata Indria.

Indria menampik keinginan sejumlah kepala desa di Jember agar bisa mendata sendiri. "Kami tidak bisa serahkan ke kades, karena ada standar operasi prosedur. Ada 14 variabel kemiskinan dan bisa bertambah, karena BPS selalu mengikuti perkembangan," katanya.

Dalam pendataan ini ada Forum Konsultasi Publik. Dalam forum ini, data terakhir warga miskin yang dimiliki BPS pada 2011 akan dibandingkan dengan data dari instansi, data dari kepala desa, maupun data lainnya.

Ketua RT dan kades dilibatkan dengan ditemani fasilitator. BPS mengerahkan 17-18 fasilitator. Setiap fasilitator mendampingi 60 dusun. "Nanti data yang sudah diputuskan bersama antara lurah dan RT akan disetorkan ke BPS dan diverifikasi lagi dari rumah ke rumah setiap rumah tangga sasaran," kata Indria.

Forum Konsultasi Publik dipercaya bisa mengurangi kericuhan akibat pendataan salah sasaran. "Data BPS ini adalah data basis terpadu yang merangkum semua program terpadu yang diserahkan Tim Nasional Penanganan dan Penanggulangan Kemiskinan," kata Indria.

beritajatim dot com
                                                       Penanggulangan Kemiskinan - Melawan Pemiskinan - Indeks Kesejahteraan Rakyat - Dana Desa - Desa Membangun - TKPK - Gerakan Desa - Data Kemiskinan

Terpopuler

Terbaru

DANA DESA RP 79.83 MILIAR DIBAGI, DESA DIDORONG BENTUK BUMDES

DANA DESA RP 79.83 MILIAR DIBAGI, DESA DIDORONG BENTUK BUMDES

SAPA INDONESIA - DANA desa tahap pertama sebanyak 60 % dibagikan...
DANA DESA TERMIN PERTAMA CAIR

DANA DESA TERMIN PERTAMA CAIR

SAPA INDONESIA - DANA desa termin pertama 2017 sudah mulai...
TERAPKAN SISKEUDES, KADES DIMINTA REKRUT SARJANA PENDAMPING

TERAPKAN SISKEUDES, KADES DIMINTA REKRUT SARJANA PENDAMPING

SAPA INDONESIA - PENGELOLAAN keuangan desa berupa dana desa...
BUMDES BUAT DESA LEBIH MANDIRI

BUMDES BUAT DESA LEBIH MANDIRI

SAPA INDONESIA - KEMENTERIAN Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook