Penanggulangan Kemiskinan - Melawan Pemiskinan - Indeks Kesejahteraan Rakyat - Dana Desa - Desa Membangun - TKPK - Gerakan Desa - Data Kemiskinan SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

BPS KOTA PALOPO SIAPKAN PPLS 2015

penanggulang-kemiskinan-palopo

SAPA - Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Palopo saat ini sedang mempersiapkan Pendataan Program Perlindungan Sosial (PPLS) 2015. Progresnya masih persiapan dan akan dilakukan sekitar Maret hingga April 2015. Idealnya pendataan harus sudah dilakukan pada 2014, karena PPLS terakhir dilakukan pada 2011. Sesuai Perpresnya, setiap tiga tahun dilakukan pendataan ulang. Hanya saja, pergantian pemerintahan pada 2014 memaksa keterbatasan anggaran BPS hanya dimanfaatkan untuk persiapan pendataan. Sebab, pendataan biasanya menggunakan sharing pendanaan dari BPS, Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K), dan Kemensos.

Kepala BPS Kota Palopo, Simon Umar di ruang kerja Wakil Wali Kota Palopo, Akhmad Syarifuddin menjelaskan, PPLS dilakukan untuk mengukur jumlah penduduk miskin di setiap daerah. Termasuk dilakukan pendataan orang yang rawan miskin. Hasil pendataan kemudian diserahkan sebagai basis data terpadu program perlindungan sosial yang dilaksanakan TNP2K dan Kemensos.

''Rencananya pemutakhiran data PPLS diawali dengan forum konsultasi publik dengan mengikutsertakan Ketua RT/RW, tokoh masyarakat serta tokoh agama yang lebih mengetahui persis kondisi warga di sekelilingnya. Pemutakhiran data PPLS tersebut meliputi miskin, sangat miskin, hampir miskin, dan juga rentan miskin. Kita tetap sediakan data by name by address (per nama dan per alamat)," jelas Simon kemarin.

Simon menjelaskan, untuk melakukan pemutakhiran data PPLS 2015, maka BPS akan merekrut fasilitator kecamatan minimal pendidikannya S1 dan D4.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Palopo, Akhmad Syarifuddin sangat mendukung pendataan PPLS 2015 ini. Pasalnya, masih banyak warga miskin di Kota Palopo yang tak tersentuh pendataan padahal mereka betul-betul miskin dan membutuhkan bantuan. Sebaliknya, ada warga yang didata miskin tetapi kehidupannya memadai.

''Saya berharap agar pendataan ini dilakukan dengan cermat. Karena sudah banyak warga miskin yang datang kepada saya, menanyakan mengapa mereka tak didata padahal miskin. Saya berharap pendataan ini dilakukan dengan cermat by name by address. Dan berharap agar seluruh stakeholder dapat mengawasi pemutakhiran data PPLS 2015 ini,'' tegasnya.


palopopos dot co dot id
                                                             Penanggulangan Kemiskinan - Melawan Pemiskinan - Indeks Kesejahteraan Rakyat - Dana Desa - Desa Membangun - TKPK - Gerakan Desa - Data Kemiskinan

Terpopuler

Terbaru

KUTUH DIJADIKAN “ROLE MODEL” PEMBANGUNAN DESA DI BADUNG

KUTUH DIJADIKAN “ROLE MODEL” PEMBANGUNAN DESA DI BADUNG

SAPA INDONESIA - WAKIL Bupati Badung, Ketut Suiasa, menegaskan...
PEMERINTAH BAKAL TAMBAH DANA DESA 10% DI TAHUN DEPAN

PEMERINTAH BAKAL TAMBAH DANA DESA 10% DI TAHUN DEPAN

SAPA INDONESIA - KEMENTERIAN Keuangan (Kemenkeu) melalui Direktorat...
KEMISKINAN BENGKULU DAN JANJI KPK YANG DILUPAKAN SANG GUBERNUR

KEMISKINAN BENGKULU DAN JANJI KPK YANG DILUPAKAN SANG GUBERNUR

SAPA INDONESIA - GUBERNUR BENGKULU Ridwan Mukti bersama istrinya,...
DANA DESA TAK KUNJUNG CAIR, KEPALA DESA BERANG PEMBANGUNAN TERHAMBAT

DANA DESA TAK KUNJUNG CAIR, KEPALA DESA BERANG PEMBANGUNAN TERHAMBAT

SAPA INDONESIA - PENCAIRAN Dana Desa di Kabupaten Purworejo...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook