Penanggulangan Kemiskinan - Melawan Pemiskinan - Indeks Kesejahteraan Rakyat - Dana Desa - Desa Membangun - TKPK - Gerakan Desa - Data Pembangunan SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

KERJA BERSAMA, KEAKURATAN DATA, INKLUSIF, DAN KETERBUKAAN

penanggulangan-kemiskinan-raker-sapa-2015-2

Pembelajaran dari Program SAPA INDONESIA

SAPA - Rapat Kerja Program SAPA hari kedua, 4 Februari 2015, mengangkat berbagai pengalaman dari 26 Kab/Kota lokasi Program SAPA sebagai pembelajaran bersama.

Kerja bersama antara pemerintah, civil society organization, pihak swasta, dan juga media, menjadi kunci keberhasilan dalam pelaksanaan program pembangunan, tidak hanya program penanggulangan kemiskinan. Kota Surakarta di Jawa Tengah, Kota Kupang di NTT, Kota Makassar di Sulawesi Selatan, dan Kabupaten Buleleng di Bali menerapkan prinsip ini dalam menanggulangi kemiskinan.

Ketidakakuratan data menjadi sebuah kendala dalam penerapan program penanggulangan kemiskinan. Data yang tidak akurat mengakibatkan pelaksanaan program tidak tepat sasaran. Kendala ini disadari hampir semua kab/kota yang menjadi lokasi Program SAPA. Oleh karena itu, memastikan data yang digunakan dalam perencanaan program dan kebijakan adalah data yang akurat, dilakukan verifikasi data terlebih dahulu. Kabupaten/Kota di Sumatera Utara, seperti Kabupaten Serdang Bedagai, Kabupaten Batubara, dan Kota Tebing Tinggi, menjadi kab/kota yang melakukan verifikasi data sebelum menggunakan data tersebut dalam perencanaan program dan kebijakan pembangunan.

Keberpihakan pada seluruh kelompok masyarakat adalah prinsip yang harus diterapkan dalam upaya penanggulangan kemiskinan. Beberapa kab/kota Program SAPA diantaranya Kota Banda Aceh, Kabupaten Gunung Kidul, Kabupaten Buleleng menerapkan prinsip tesebut, dan mewujudkannya dalam program dan kebijakan penanggulangan kemiskinan di daerahnya. Kota Banda Aceh dan Kabupaten Buleleng memiliki afirmatif action untuk mendukung partisipasi perempuan dalam proses perumusan kebijakan dan program. Musrena (musyawarah rencana aksi perempuan) di Kota Banda Aceh merupakan kebijakan yang amat dikenal. Sedangkan Kabupaten Gunung Kidul tahun ini memulai keberpihakannya pada penyandang disabilitas.

Keterbukaan informasi publik melalui berbagai media, saat ini menjadi sebuah kebutuhan dan keharusan. Kemajuan teknologi menunjang terwujudnya keterbukaan informasi publik. Smart city di Kota Makassar, yang menerapkan online system dalam pelayanan publik sehingga menjadi layanan publik mudah diakses. Musrenbang online di Kabupaten Maros yang menyajikan informasi program pembangunan secara online, mempermudah public mengakses informasi tentang program pembangunan, sekaligus memantau pelaksanaannya. Radio komunitas, dan audit sosial juga menjadi media yang dapat menjamin terjadinya transparansi dan akuntabilitas publik.

Semua upaya yang diterapkan di kab/kota Program SAPA tersebut dapat menjadi pembelajaran dalam menjamin keberhasilan pelaksanaan program pembangunan, dan upaya penanggulangan kemiskinan khususnya.

Luh Nyoman Dewi - Set. SAPA INDONESIA
                                                                    Penanggulangan Kemiskinan - Melawan Pemiskinan - Indeks Kesejahteraan Rakyat - Dana Desa - Desa Membangun - TKPK - Gerakan Desa - Data Pembangunan

Terpopuler

Terbaru

BUMDES PERLU SERAP PRODUKSI PERTANIAN

BUMDES PERLU SERAP PRODUKSI PERTANIAN

SAPA INDONESIA - BADAN Usaha Milik Desa (BUMDES) perlu untuk...
YASIN LIMPO: GUBERNUR JANGAN BIARKAN KADES DISOAL DANA DESA

YASIN LIMPO: GUBERNUR JANGAN BIARKAN KADES DISOAL DANA DESA

SAPA INDONESIA - KETUA Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh...
BAWA DUNIA USAHA MASUK DESA, MENDES PDTT DAN MENTAN BERSINERGI

BAWA DUNIA USAHA MASUK DESA, MENDES PDTT DAN MENTAN BERSINERGI

SAPA INDONESIA - PRODUK jenis jagung di Bengkulu Selatan jadi...
BUPATI PURWAKARTA INGATKAN KADES TAK BIKIN KUITANSI FIKTIF DANA DESA

BUPATI PURWAKARTA INGATKAN KADES TAK BIKIN KUITANSI FIKTIF DANA DESA

SAPA INDONESIA - BUPATI Purwakarta Dedi Mulyadi mengumpulkan...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook