Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

BUPATI MOTIVASI WARGA MISKIN TEMON WETAN MENGAWALI 2013

kemiskinan-sapa-bupatihasto

SAPA - Mengawali tahun 2013 Bupati Kulonprogo dr. H. Hasto Wardoyo, Sp.OG(K) mengawali kegiatan di pergantian tahun dengan menggelar pertemuan sekaligus melakukan motivasi kepada semua warga miskin di wilayah Desa Temon Wetan Kecamatan Temon, di Balai desa setempat Selasa dini hari (1/1).

Acara dihadiri Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten dr. Hj. Dwikisworo Setyowireni, Sp.A(K), Staf ahli Bupati, beberapa pimpinan SKPD, anggota DPRD Akhid Nuryati, Camat Temon Djaka Prasetya, SH dan Kades Temon Wetan Puji Purwaningsih.

Bupati Kulonprogo dr. H. Hasto Wardoyo, Sp.OG(K) mengatakan dalam menyambut pergantian tahun baru ini tidak semua harus dilalui dengan pesta hura-hura, tetapi juga perlu adanya perhatian terhadap saudara kita warga yang masih miskin dengan acara dialog seperti malam ini. Selain itu acara yang digelar merupakan tindak lanjut dari program desa binaan menuju bebas kemiskinan, yang beberapa waktu lalu telah dicanangkan oleh Gubernur DIY di kawasan obyek wisata Waduk Sermo. Dan seperti di ketahui Desa Temon Wetan bersama desa Hargowilis Kokap dipilih menjadi binaan dari bapak asuh Bank BPD DIY.

"Dalam hal kemiskinan harus diurai terlebih dahulu penyebabnya apa, sehingga untuk mengentaskan tergantung penyebabnya, lalu kami usul ke Ngarso Dalem bagaimana kalau di Kulonprogo ini ada pilot project atau desa yang menjadi contoh, kemudian di cari desa yang kemiskinannya paling sedikit dan ketemu Temon Wetan ini, hanya ada 142 KK miskin," kata Hasto.

Menurut Hasto untuk mengentaskan KK miskin warga desa Temon Wetan dengan cara diberikan stimulan atau bantuan dana kepada masyarakat secara berkelompok dari pemerintah DIY atau APBD DIY sebesar Rp 624 juta dan CSR dari Bank BPD DIY sebesar Rp 35 juta.

"Di tahun baru ini marilah kita mencoba, pekerjaan di tahun lalu yang kurang tertata, boros, waktu masih banyak terbuang, di malam tahun yang baru mari kita tekadkan pada diri kita untuk merintis hidup baru. Dalam merintis hidup baru di desa ini telah difasilitasi dengan dana yang luar biasa, jadi mulai saat ini tidak ada alasan untuk tidak fokus jadi harus Sawiji (Nyawiji) Greget, Sengguh ora Mingkuh (Menyatu perbuatan dengan hati tergugah yang penuh semangat, penuh percaya diri),"pinta Hasto.

Hasto mencontohkan kalau warga memilih untuk beternak Bebek maka harus fokus dalam usaha yang digelutinya, tidak bercabang-cabang dan hanya ikut-ikutan, sebelum yang di tekuni berkembang maju dan mendukung ekonomi keluarga.

Dalam kesempatan itu juga mengingatkan bahwa dana yang diberikan tidak sedikit dan bukan dari pribadi tetapi APBD DIY, setahun yang akan datang akan dilakukan evaluasi, apakah terjadi penyimpangan termasuk korupsi, berkembang atau tidak. Jangan seperti terjadi di daerah lain adanya warga dan perangkat yang tersandung kasus korupsi dari dana bantuan yang diberikan pemerintah. Dana tersebut dalam beberapa minggu kedepan sudah akan segera cair kepada masing-masing kelompok dan segera untuk dipergunakan.

Menurut Kades Temon Wetan Puji Purwaningsih, bantuan dana untuk mengentaskan KK miskin secara kelompok akan di gunakan untuk meningkatkan kesejahteraan pendapatan warga dengan keinginannya sendiri di antaranya beternak Bebek, Ayam, Menthok dan tanaman pisang.

Sementara dalam sesi dialog Kardi yang ingin beternak Bebek menanyakan kelompok ternak yang menjual bibit dan kondisi cuaca di musim hujan yang sangat rentan terhadap penyakit, sehingga apabila diperbolehkan dana yang diberikan untuk membeli secara bertahap. Sedangkan Farid minta Dinas Peternakan menyediakan bantuan vaksin.
Kadinas Kelautan Perikanan dan Peternakan (Kepenak) drh. RR Endang Purwaningrum Titi Lestari yang turut hadir malam itu mengatakan bahwa untuk menghindari penyakit ternak diminta membeli bibit pada kelompok-kelompok ternak yang tersebar di Kulonprogo yang sudah terbukti kesehatannya dan bukan membeli di pasar karena tidak diketahui pemeliharaan sebelumnya. Sedangkan terkait dengan bantuan vaksin dan bantuan pengetahuan pemeliharaan, Dinas melalui Petugas lapangan siap untuk membantu dalam pemeliharaan ternak.

"Memang saat ini ada penyakit flu burung, untuk itu nantinya ternak yang dipelihara supaya terhindar penyakit harus cukup makannya, cukup vitamin serta kesehatan ternak dengan membersihkan kandang supaya terbebas dari penyakit,"pesan Endang. (dani wibisono)

 

kr-radiojogja dot com

Terpopuler

Terbaru

KEMENDES HARUS INTENS SOSIALISASIKAN DD

KEMENDES HARUS INTENS SOSIALISASIKAN DD

SAPA INDONESIA - PENYERAPAN anggaran Kementerian Desa, Pembangunan...
KADES HARUS LIBATKAN TENAGA PENDAMPING

KADES HARUS LIBATKAN TENAGA PENDAMPING

SAPA INDONESIA - PEMERINTAH pusat telah menggelontorkan dana...
BANTUAN PANGAN LEWAT KARTU

BANTUAN PANGAN LEWAT KARTU

SAPA INDONESIA - BANTUAN pangan nontunai diluncurkan serentak...
KETIMPANGAN MASIH LEBAR

KETIMPANGAN MASIH LEBAR

SAPA INDONESIA - KUASA pasar menjadi lokomotif memburuknya...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook