Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

RINCIAN ALOKASI RAPBA ACEH 2013

pemiskinan-sapa-rapba2013

SAPA - Penyerahan Berkas Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Aceh (RAPBA) 2013 telah dilakukan oleh Tim Anggaran Pemerintah Aceh (TAPA) kepada Ketua DPR Aceh. Dokumen anggaran ini diserahkan oleh Ketua TAPA, T. Setia Budi kepada Ketua DPR Aceh, Senin 7 Januari 2013.

Total pendapatan dalam RAPBA 2013 mencapai Rp 8,6 triliun. Sementara rincian belanja Aceh mencapai Rp 9 triliun. Berdasarkan dokumen tersebut, Aceh mengalami defisit sekitar Rp 4 miliar.

Khusus untuk sektor pendidikan, secara garis besar mencantumkan anggaran belanja pada 2013 mencapai Rp 1,9 triliun. Sektor kesehatan, merencanakan anggaran pendapatan di tahun ini sebesar Rp 8 miliar dan belanja sebesar Rp 1,4 triliun. Di sektor perencanaan dan pembangunan daerah Aceh, eksekutif menganggarkan belanja sebesar Rp 69 miliar.

Sementara untuk sektor perhubungan, eksekutif merincikan anggaran di tahun 2013 di pendapatan mencapai Rp 2,6 miliar dan belanja sebesar Rp 2 triliun. Sektor lingkungan hidup eksekutif menganggarkan belanja sebesar Rp 33 miliar.

Di sektor kependudukan dan pencatatan sipil, Pemerintah Aceh menerapkan total belanja hingga Rp 16 miliar. Terkait pemberdayaan perempuan dan anak, eksekutif merencanakan anggaran belanja sebesar Rp 15 miliar. Anggaran belanja untuk bagian sosial sebesar Rp 91,7 miliar.

Sektor tenaga kerja dianggarkan belanja tahun 2013 mencapai Rp 130 miliar. Sektor investasi (penanaman modal) diterapkan anggaran belanja sebesar Rp 15,3 miliar. Untuk sektor budaya, eksekutif menerapkan anggaran belanja sebesar Rp 73,4 miliar.

Di sektor Pemuda dan olahraga, eksekutif merencanakan pendapatan sebesar Rp 36 juta dan belanja hingga Rp 70,4 miliar di tahun 2013. Di sektor kesatuan bangsa dan politik luar negeri, Pemerintah Aceh menerapkan anggaran belanja Aceh mencapai Rp 46,9 miliar.

RAPBA 2013 yang banyak mendatangkan pendapatan anggaran kas daerah berasal dari sektor
Otonomi Daerah, Pemerintahan Umum, Administrasi Keuangan, Perangkat Daerah yaitu sebesar Rp 8,6 triliun. Sementara untuk belanja, sektor ini hanya dianggarkan sebesar Rp 2 triliun.

Terkait ketahanan pangan, RAPBA 2013 yang diberikan TAPA kepada DPR Aceh hari ini mengalokasikan anggaran belanja sebesar 87 miliar. Pemberdayaan masyarakat dialokasikan belanja sebesar Rp 377 miliar. Di sektor arsip dialokasikan belanja sebesar Rp 34,4 miliar.

Target pendapatan kas daerah Aceh di tahun 2013 ditargetkan masuk dari sektor kehutanan sebesar Rp 150 juta dan pertanian sebesar Rp 135 juta. Namun kedua sektor ini juga dialokasikan dana belanja di tahun 2013 sebesar Rp 210 miliar untuk kehutanan, dan Rp 350 miliar untuk sektor pertanian.

Pemerintah Aceh juga mengalokasikan sejumlah anggaran untuk urusan lain dengan rincian pendapatan sebesar Rp 527 miliar dan belanja sebesar Rp 1 triliun.[bna]

 

atjehpost dot com

Terpopuler

Terbaru

JOKOWI: ORANG MISKIN DI DESA HAMPIR 2 KALI LIPAT PERKOTAAN

JOKOWI: ORANG MISKIN DI DESA HAMPIR 2 KALI LIPAT PERKOTAAN

SAPA INDONESIA - PRESIDEN Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan...
JOKOWI: 241 DESA BELUM MENERIMA DANA DESA

JOKOWI: 241 DESA BELUM MENERIMA DANA DESA

SAPA INDONESIA - PRESIDEN Joko Widodo mengaku mendapat laporan...
FOKUS PENGGUNAAN DANA DESA BERGESER MULAI TAHUN DEPAN

FOKUS PENGGUNAAN DANA DESA BERGESER MULAI TAHUN DEPAN

SAPA INDONESIA - PENGGUNAAN dana desa untuk kebutuhan membangun...
MENTERI DESA WAJIBKAN KADES PASANG BALIHO DANA DESA

MENTERI DESA WAJIBKAN KADES PASANG BALIHO DANA DESA

SAPA INDONESIA - MENTERI Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook