Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

RAPAT KERJA KBP BAHAS PROGRAM PNPM MANDIRI PERKOTAAN

kemiskinan-sapa-pnpmmperkotaan

SAPA - KBP (Komunitas Belajar Perkotaan) Kota Balikpapan telah menggelar rapat kerja (raker) di kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Pemkot Balikpapan Rabu (9/1). Dalam raker tersebut pengurus dan anggota KBP membahas tentang program kerja pada tahun 2013 ini khususnya tentang Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perkotaan (PNPM-P) di Balikpapan 2013.

"Ada beberapa yang kami bahas dalam rapat kali ini seperti evaluasi program PNPM Mandiri Perkotaan yang dilaksanakan oleh LKM di masing-masing kelurahan selama tahun 2012 lalu seperti apa kendala dan keberhasilan program pengentasan kemiskinan bagi masyarakat Balikpapan ini,"kata Wakil Ketua KBP Balikpapan Abdul Jabbar kepada Balikpapan Pos seusai raker.

Rencananya kata Abdul Jabbar tim KBP ini akan mengunjungi LKM-LKM yang ada disetiap kelurahan untuk melakukan evaluasi terhadap berbagai keberhasilan dalam pelaksanaan program PNPM ini. "Kami akan kunjungi LKM-LKM yang ada di lima kecamatan. Jadwalnya sudah kami tetapkan begitu juga dengan keperluan surat menyurat berupa pemberitahuan kunjungan sedang kami persiapkan,"aku Jabar didampingi anggota KBP Jufriansyah.

Hasil kunjungan ke LKM ini akan dibahas secara bersama sebagai bahan laporan evaluasi pelaksanaan program PNPM yang ada disetiap kelurahan. "Apabila ada program yang dilaksanakan LKM ini belum maksimal maka kami akan evaluasi apa kendalanya. Begitu pula sebaliknya program itu berhasil maka kami juga akan mengetahui kiat-kiatnya mengapa berhasil,"ujar Jabbar.

PNPM Mandiri adalah program nasional dalam wujud kerangka kebijakan sebagai dasar dan acuan pelaksanaan program-program penanggulangan kemiskinan berbasis pemberdayaan masyarakat.

Melalui PNPM Mandiri dirumuskan kembali mekanisme penanggulangan kemiskinan yang melibatkan unsur masyarakat, mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, hingga pemantauan dan evaluasi. Sehingga diharapkan akan menumbuhkan partisipasi, kesadaran kritis dan kemandirian masyarakat dalam upaya penanggulangan kemiskinan.(vie)

 

balikpapanpos dot co dot id

Terpopuler

Terbaru

JOKOWI INGIN PENDUDUK DAPAT LAYANAN INFRASTRUKTUR LEWAT DANA DESA

JOKOWI INGIN PENDUDUK DAPAT LAYANAN INFRASTRUKTUR LEWAT DANA DESA

SAPA INDONESIA - PEMERINTAH terus meningkatkan alokasi dana...
PRESIDEN: RP 2.204,4 TRILIUN FOKUS UNTUK KURANGI KEMISKINAN

PRESIDEN: RP 2.204,4 TRILIUN FOKUS UNTUK KURANGI KEMISKINAN

SAPA INDONESIA - PRESIDEN Joko Widodo mengatakan, kebijakan...
KPK INGATKAN PARA KADES AGAR DANA DESA UNTUK KEPENTINGAN WARGA

KPK INGATKAN PARA KADES AGAR DANA DESA UNTUK KEPENTINGAN WARGA

SAPA INDONESIA - WAKIL Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (...
DANA DESA CAPAI RP127 TRILIUN, DPR: UANG BESAR MARAK PENYIMPANGAN!

DANA DESA CAPAI RP127 TRILIUN, DPR: UANG BESAR MARAK PENYIMPANGAN!

SAPA INDONESIA - PENYALURAN dana desa di era kepemimpinan Presiden...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook