Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

KARTU JAMKESMAS BARU SEGERA DIDISTRIBUSIKAN DINKES MEDAN

kemiskinan-sapa-kartujamkesmas

sapa.or.id - Kartu Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas) baru sudah bisa digunakan untuk berobat dan sudah berlaku sejak tanggal 1 Januari 2013. Begitupun, kartu Jamkesmas yang lama juga masih berlaku sebelum awal Maret 2013 mendatang.

Hal ini diketahui dari surat edaran Menkes No : JP.02.01/I/0051/2013 tanggal 11 Januari 2013 tentang penerbitan SKP (Surat Keabsahan Peserta) bagi pemegang kartu Jamkesmas baru bagi PT Askes. Surat itu ditandatangani Dirjen Bina Upaya Kesehatan Kemenkes RI, dr Supariantoro Sp.P, MARS.

"Kita sudah meminta kepada PT Askes untuk menerbitkan SKP bahwa pemegang kartu Jamkesmas baru diberlakukan sejak 1 Januari 2013. Sedangkan kartu lama, berlaku hingga tanggal 28 Februari 2013," jelas Kamaruz Zaman, Kepala Bidang Kepesertaan Jamkesmas Kementrian Kesehatan RI dihubungi, Selasa (15/1).

Menyikapi surat tersebut, Dinas Kesehatan Kota Medan akan mendistribusikan kartu Jamkesmas baru sesegera mungkin.

"Dalam waktu dekat, kartu itu akan kita distribusikan melalui Puskesmas dan dibantu aparatur kecamatan masing-masing," sebut Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Medan, drg Usma Polita Nasution.

Sesuai yang jumlah kartu yang mereka terima, katanya, Kota Medan ada penurunan kuota. Kalau sebelumnya, kuota kepesertaan Jamkesmas 412.249 jiwa, namun kali ini hanya 397.370 jiwa atau berkurang 23.879 dari jumlah sebelumnya.

Mengenai kepesertaan baru ini, Dinkes Medan memang tidak mengetahui. Soalnya, semuanya ditangani Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) yang mendata dan menentukan siapa warga yang dapat Jamkesmas.

 

Porsi sama

Sementara ini, lanjutnya, selain peserta Jamkesmas lama dan baru mendapat porsi yang sama untuk berobat. Kecuali, setelah Maret 2013, maka kartu Jamkesmas lama tidak berlaku lagi.

Jika masih ada warga miskin yang tidak terkover Jamkesmas, katanya, akan ditanggulangi dengan Jaminan Pemeliharaan Kesehatan Medan Sehat (JPKMS). "Sebaliknya, jika pemegang kartu JPKMS yang lama, ternyata juga mendapat Jamkesmas baru, maka kartu JPKMSnya dikembalikan," ucapnya.

Begitu juga, kalau dalam pembagian kartu Jamkesmas ternyata ada penerimanya yang tidak berhak, kartunya akan dikembalikan. "Jika mendapatkan orang kaya yang menggunakan kartu Jamkesmas, laporkan ke Dinas Kesehatan Medan. Biar kita tindaklanjuti," jelas Usma.

Dia menjelaskan, JPKMS sebagai pendamping Jamkesmas tetap berjalan seperti biasa. Tidak ada pengurangan jumlah kepesertaan. Datanya tetap yang lama sebanyak 354.855 jiwa.

Sementara, Thomas, Kepala Bidang Kepesertaan PT Askes Medan membenarkan kalau mereka sudah menerima edaran dari

Kemenkes RI terkait sudah bisa pemanfaatan kartu Jamkesmas baru. "Saat ini, databasenya sudah ada sama kita. Tapi, belum disosialisasikan. Tahap awal, pemegang kartu Jamkesmas baru yang ingin berobat, akan kita verifikasi secara manual dengan melihat kartu keluarga dan surat rujukan. Sistemnya sama seperti Jamkesmas lama," ucapnya (nai)

 

analisadaily dot com

Terpopuler

Terbaru

KEMENDES HARUS INTENS SOSIALISASIKAN DD

KEMENDES HARUS INTENS SOSIALISASIKAN DD

SAPA INDONESIA - PENYERAPAN anggaran Kementerian Desa, Pembangunan...
KADES HARUS LIBATKAN TENAGA PENDAMPING

KADES HARUS LIBATKAN TENAGA PENDAMPING

SAPA INDONESIA - PEMERINTAH pusat telah menggelontorkan dana...
BANTUAN PANGAN LEWAT KARTU

BANTUAN PANGAN LEWAT KARTU

SAPA INDONESIA - BANTUAN pangan nontunai diluncurkan serentak...
KETIMPANGAN MASIH LEBAR

KETIMPANGAN MASIH LEBAR

SAPA INDONESIA - KUASA pasar menjadi lokomotif memburuknya...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook