Penanggulangan Kemiskinan - Melawan Pemiskinan SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

LPDB TELAH SALURKAN KREDIT SEBESAR RP.2,7 TRILIUN

kemiskinan-pemiskinan-lpdb

SAPA - Target penyaluran dana bergulir kepada koperasi dan UMKM (usaha mikro kecil menengah) pada tahun ini sebesar Rp 1,9 triliun akan dilakukan oleh Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDB). Sejak berdiri tahun 2008 hingga Januari 2013, LPDB mengaku telah menyalurkan pinjaman lunak sebesar Rp 2,7 triliun terhadap 1.813 koperasi dan UMKM di seluruh Indonesia.

Direktur Utama Lembaga Pengelola Dana Bergulir, Kemas Danial mengatakan pihaknya berkomitmen terus menjadi lembaga yang bisa memberikan modal kerja bagi koperasi maupun UMKM. Terbukti, setiap tahun pinjaman yang disalurkan terus meningkat.

"Bulan Januari ini sudah dikucurkan Rp19,6 miliar dan yang masih proses pencairan Rp267,6 miliar," ujarnya. Kemas menambahkan selama ini dana bergulir lebih banyak diserap oleh koperasi simpan pinjam (70 persen), sedangkan sisanya UMKM (30 persen). Diharapkan sektor UMKM bisa lebih banyak menyerap pinjaman,"Tahun ini kita berharap komposisinya terbalik, UMKM bisa menyerap 60 persen dan koperasi simpan-pinjam 40 persen, karena penyerapan tenaga kerjanya lebih banyak," tuturnya.

Pihaknya berjanji akan mempermudah penyaluran dana bergulir bagi koperasi dan UMKM, salah satunya syarat jangka waktu operasional Koperasi diperingan dari sebelumnya dua tahun menjadi hanya satu tahun. Demikian juga besaran bunga diturunkan,"Untuk koperasi yang fokus ke sektor riil bunganya enam persen, sementara untuk koperasi simpan-pinjam besarnya sembilan persen," ungkapnya.

Kemas menuturkan LPDB berperan mewujudkan program pemerintah di bidang pembiayaan kepada Koperasi dan UMKM. Hal itu merupakan upaya untuk meningkatkan produktivitas dan daya saing ekonomi kerakyatan. "Termasuk juga penyerapan tenaga kerja dan memacu tumbuhnya wirausahawan baru, ujung-ujungnya untuk pengentasan kemiskinan," cetusnya.

Berdasarkan rencana bisnis 2013, LPDB menetapkan target penyaluran sebesar Rp 1,9 triliun dengan jumlah penerima 109.157 UMKM dan 7.678 mitra koperasi. Target itu selanjutnya dibagi kuota per daerah. Diharapkan itu bisa mengurangi pengangguran secara nasional. "Hingga akhir tahun 2012 yang telah terserap dari program ini sebanyak 676.237 tenaga kerja," lanjutnya.

Supaya lebih efektif, LPDB juga memfokuskan penyaluran pinjaman ke koperasi-koperasi di daerah yang angka kemiskinan dan penganggurannya tinggi. "Kita sudah data koperasi-koperasi di kantong-kantong kemiskinan. Ini penting karena dana bergulir untuk menanggulangi kemiskinan dan pengangguran," jelasnya (wir)

 

radarbanjarmasin dot co dot id

Terpopuler

Terbaru

SEJAK DIGULIRKAN, DANA DESA TERUS MENINGKAT

SEJAK DIGULIRKAN, DANA DESA TERUS MENINGKAT

SAPA INDONESIA - SEJAK dana desa digulirkan tahun 2015 lalu...
MENDES PERCEPAT BENTUK HOLDING BUMDES

MENDES PERCEPAT BENTUK HOLDING BUMDES

SAPA INDONESIA - MENTERI Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal...
PLN: PEMANGKASAN SUBSIDI UNTUK WILAYAH TIDAK BERLISTRIK

PLN: PEMANGKASAN SUBSIDI UNTUK WILAYAH TIDAK BERLISTRIK

SAPA INDONESIA - MANAGER Senior Public Relations PT Perusahaan...
TEKAN KEMISKINAN, MENSOS TAMBAH 1 JUTA PENERIMA BANSOS PKH

TEKAN KEMISKINAN, MENSOS TAMBAH 1 JUTA PENERIMA BANSOS PKH

SAPA INDONESIA - PEMERINTAH terus berupaya mengurangi angka...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook