Penanggulangan Kemiskinan - Melawan Pemiskinan SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

KARTU SEHAT DAN PINTAR (KASPIN) UNTUK WARGA MISKIN

kemiskinan-sapa-buptanbuSAPA - Pemkab Tanah Bumbu akan segera merealisasikan program Kartu Sehat dan Pintar (Kaspin) 2013 untuk warga miskin.

Program Kaspin merupakan program penyempurna dari realisasi program pendidikan dan kesehatan gratis bagi warga miskin atau kurang mampu yang sebelumnya sudah direalisasikan Pemkab Tanbu pada tahun 2012 yang lalu.

Langkah konstruktif yang dilakukan oleh pemerintah daerah itu menurut Bupati Mardani H Maming tak lain merupakan solusi untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat Bumi Bersujud yang kurang mampu atau hidup di bawah garis kemiskinan untuk mendapatkan pelayanan, pendidikan dan kesehatan secara gratis dari pemerintah daerah.

"Dengan kartu Kaspin masyarakat miskin tidak perlu mengurus proses administrasi dalam waktu yang lama saat ingin mendapatkan pelayanan pendidikan atau kesehatan gratis. Sehingga dengan begitu, warga kita yang kurang mampu tersebut cepat kita layani tanpa birokrasi yang panjang," kata Mardani saat menyampaikan sambutannya pada peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang digelar warga Desa Sari Utama Kecamatan Sungai Loban belum lama ini.

Dengan memiliki kartu Kaspin papar Mardani, warga dari keluarga miskin yang anaknya mengalami putus sekolah akibat ketiadaan biaya, baik di tingkat Sekolah Dasar (SD), SMP, SMA, atau sederajat dapat segera melapor ke pihak sekolah setempat untuk bisa dibantu agar dapat melanjutkan pendidikannya.
"Begitu juga untuk mendapatkan pelayanan kesehatan gratis, masyarakat miskin dapat berobat di rumah sakit dan puskesmas tanpa harus dipungut biaya dengan syarat menunjukan kartu Kaspin tersebut pada petugas yang ada di pusat kesehatan setempat", ujar Mardani.

Untuk layanan kesehatan gratis yang diterima warga pemegang kartu Kaspin itu sebut Mardani lagi, adalah layanan kesehatan dengan kategori layanan rumah sakit kelas tiga. Dengan kartu Kaspin itu pula warga kurang mampu bisa mendapatkan pelayanan kesehatan gratis di seluruh puskemas di Bumi Bersujud.
Untuk mendapatkan kartu Kaspin baik di Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga maupun Dinas Kesehatan, beber bupati Mardani H. Maming, warga kurang mampu wajib melampirkan Kartu Kaluarga (KK) dan KTP elektronik (e-KTP) kepada petugas setempat.

Dibagian lain bupati juga mengungkapkan, untuk pelayanan kesehatan gratis bagi ibu hamil dari keluarga kurang mampu yang akan menjalani persalinan dengan jalan operasi cesar gratis, pemerintah daerah mengharapkan, setelah selesainya proses persalinan harus mengikuti program KB (Keluarga Berencana).
"Ini penting sekali dilakukan sebagai solusi para ibu yang baru menjalani persalinan melalui jalan operasi cesar agar kehamilan selanjutnya dapat direncanakan.

Selain untuk menjaga jarak kelahiran karena usai menjalani persalinan melalui operasi cesar, dengan mengikuti program KB setidaknya para ibu dari keluarga kurang mampu itu secara bertahap dapat memperbaiki kualitas kehidupan keluarganya", pungkas Mardani.


Sumber : Antaranews

Terpopuler

Terbaru

PEMDES DIIMBAU PROSES PENCAIRAN ALOKASI DANA DESA

PEMDES DIIMBAU PROSES PENCAIRAN ALOKASI DANA DESA

SAPA INDONESIA - PEMERINTAH Kabupaten Gunung Kidul, Daerah...
75% DANA DESA UNTUK PEMBANGUNAN FISIK

75% DANA DESA UNTUK PEMBANGUNAN FISIK

SAPA INDONESIA - PEMERINTAH Kabupaten (Pemkab) Simalungunmewajibkan75%...
PERCEPAT PENGENTASAN KEMISKINAN, PEMERINTAH TAMBAH DANA BANSOS

PERCEPAT PENGENTASAN KEMISKINAN, PEMERINTAH TAMBAH DANA BANSOS

SAPA INDONESIA - MEMPERCEPAT pengentasan kemiskinan di Jawa...
KEMISKINAN HINGGA KESENJANGAN EKONOMI MENURUN, INI TANTANGAN BARU RI

KEMISKINAN HINGGA KESENJANGAN EKONOMI MENURUN, INI TANTANGAN BARU RI

SAPA INDONESIA - INDONESIA saat ini masih memiliki 3 masalah...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook