Penanggulangan Kemiskinan - Melawan Pemiskinan SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

KEMISKINAN DAN KESENJANGAN SOSIAL MASIH MENJADI PR PEMERINTAH

kemiskinan-pemiskinan-sby

SAPA - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengakui bahwa upaya untuk menurunkan kemiskinan dan mencegah semakin melebarnya kesenjangan sosial masih menjadi salah satu pekerjaan rumah pemerintah. Ia mengajak semua pihak baik pemerintah pusat dan pemerintah daerah untuk peduli dan menangani kantong-kantong kemiskinan yang masih tersisa.

"Saya ajak semua pihak untuk mengambil tanggung jawab penuh, bekerja sekuat tenaga agar tugas ini bisa dicapai," katanya saat memberikan sambutan di Rapat Kerja Pemerintah, Senin (28/1).

Dalam menanggulangi kemiskinan, diakui Presiden, tantangan akan semakin besar. Di berbagai negara di dunia, kata dia, untuk menghilangkan angka kemiskinan sama sekali tidak mudah. Terlebih lagi, jika sudah mendekati tahap-tahap akhir proses tersebut.

"Dalam upaya penanggulanan kemiskinan, makin berhasil kita turunkan angka kemiskinan itu maka saat terakhir itu makin sulit untuk menurunkannya lagi. Jadi, kalau ada dari sekian puluh persen kemiskinan jadi belasan persen itu cepat, tapi untuk menjadi //single digit// itu tidak mudah. Maka diperlukan langkah ekstra," papar Presiden.

Presiden SBY menambahkan, bukan hanya persoalan penanggulangan kemiskinan yang menjadi beban untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat di masa depan, tetapi upaya untuk memperkecil kesenjangan sosial yang terjadi karena pertumbuhan ekonomi. Ia menuturkan, di negara-negara yang pertumbuhan ekonominya tinggi seperti Brazil, China, dan Indonesia, kesenjangan ekonomi yang semakin melebar tidak dapat dielakkan.

Untuk menangani kemiskinan dan kesenjangan sosial, menurut Presiden SBY, semua pihak pun harus mulai peduli terhadap pengelolaan inflasi dan stabilitas harga. "Inflasi ini penyumbang terbesar meningkatnya kemiskinan. Meski di satu sisi kita perlu kelola inflasi ini. Mari kita cegah hal yang memicu inflasi tinggi karena kita tahu dampak langsung dan tidaknya," ujarnya.

 

republika dot co id

Terpopuler

Terbaru

WONOSOBO TERPILIH JADI PERCONTOHAN OPEN DATA KEUANGAN DESA

WONOSOBO TERPILIH JADI PERCONTOHAN OPEN DATA KEUANGAN DESA

SAPA INDONESIA - KEMENTERIAN Dalam Negeri memprediksi, alokasi...
DANA DESA STIMULASI PEMBENTUKAN 18.446 BUMDES

DANA DESA STIMULASI PEMBENTUKAN 18.446 BUMDES

SAPA INDONESIA - DANA desa sudah dicairkan sekira 95,54%. Sejak...
SLEMAN: 6 DESA BELUM REALISASIKAN BANTUAN

SLEMAN: 6 DESA BELUM REALISASIKAN BANTUAN

SAPA INDONESIA - PENYERAPAN Dana Desa (DD) di enam desa di...
MENDAGRI PERKIRAKAN DANA DESA 2018 CAPAI RP103 TRILIUN

MENDAGRI PERKIRAKAN DANA DESA 2018 CAPAI RP103 TRILIUN

SAPA INDONESIA - MENTERI Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo memperkirakan...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook