Penanggulangan Kemiskinan - Melawan Pemiskinan SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

PENERIMA KARTU JAMKESMAS BERTAMBAH 14.000 JIWA DI SOLO

kemiskinan-sapa-jamkesmassoloSAPA - Pada Tahun 2013 ini jatah penerima Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas) di Kota Bengawan bertambah sebanyak 14.000. Dimungkinkan, dengan penambahan tersebut seluruh pengguna Pelayanan Kesehatan Masyarakat Solo (PKMS) gold tercakup Jamkesmas.

Informasi terkait penambahan kuota penerima Jamkesmas tersebut diperoleh setelah Komisi IV dan Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo melakukan konsultasi ke Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Jumat (25/1/2013), mengenai kekisruhan Jamkesmas di Kota Bengawan.

"Dari hasil konsultasi dengan Kemenkes dan TNP2K (Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan) ternyata ada penambahan penerima Jamkesmas sebanyak 14.000. jadi, saat ini database penerima Jamkesmas Solo menjadi 160.020 jiwa," jelas Sekretaris Komisi IV, Abdul Ghofar Ismail, kepada wartawan di DPRD Solo, Senin (28/1/2013).
Sebelumnya, kuota penerima Jamkesmas 2013 di Kota Bengawan sebanyak 145.600 penerima. Ghofar mengatakan penambahan kuota penerima Jamkesmas itu tak hanya di Solo. Melainkan, penambahan kuota itu diberlakukan secara nasional.

"Terjadi peningkatan penerima sebanyak 10 juta dari sebelumnya 76 juta penerima menjadi 86 juta penerima. Nah, Solo mendapat tambahan 14.000 dari 10 juta itu. Ini sudah mendapat persetujuan dari DPR," paparnya.
Terkait turunnya kartu bagi penerima Jamkesmas tambahan itu, Ghofar mengatakan kemungkinan kartu tersebut turun Maret mendatang.

"Kemungkinan Maret nanti baru turun. Dari konsultasi kemarin dijelaskan kalau ada kesalahan cetak serta kartu rusak itu diminta lapor ke Kemenkes. Sementara, terkait soal data menjadi ranah TNP2K," ungkapnya.
Dia menyebutkan dengan penambahan itu, dimungkinkan seluruh penerima PKMS gold tercakup dalam Jamkesmas. Pasalnya, dari pendataan sebelumnya sebanyak 12.000 pengguna dari total 13.000-an pengguna PKMS gold terkaver Jamkesmas.

"Harapannya yang 1.000 pengguna PKMS gold bisa tercakup semuanya ke Jamkesmas. Jadi beban APBD bisa berkurang dan digunakan untuk prioritas yang lain. Selain itu, beban APBD hanya untuk pembiayaan PKMS silver," ungkapnya.


Sumber : Solopos dot com

Terpopuler

Terbaru

KESENJANGAN EKONOMI JOGJA BISA BERBUNTUT KONFLIK SOSIAL

KESENJANGAN EKONOMI JOGJA BISA BERBUNTUT KONFLIK SOSIAL

SAPA INDONESIA - KETIMPANGAN ekonomi atau gini ratio DIY yang...
VALIDASI DATA KEMISKINAN HARUS DIDUKUNG SDM DAN ANGGARAN

VALIDASI DATA KEMISKINAN HARUS DIDUKUNG SDM DAN ANGGARAN

SAPA INDONESIA - MENCERMATI fenomena angka kemiskinan yang...
BELANJA ROKOK MASYARAKAT KULONPROGO TEMBUS RP96 MILIAR PER TAHUN

BELANJA ROKOK MASYARAKAT KULONPROGO TEMBUS RP96 MILIAR PER TAHUN

SAPA INDONESIA - NOMINAL belanja rokok di Kabupaten Kulonprogo,...
SETIAP DESA BERPOTENSI BENTUK BUMDES

SETIAP DESA BERPOTENSI BENTUK BUMDES

SAPA INDONESIA - SETIAP desa memiliki potensi untuk membentuk...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook