Penanggulangan Kemiskinan - Melawan Pemiskinan SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

BANTEN TARGET PRODUKSI IKAN BUDIDAYA 157,76 TON TAHUN 2013

kemiskinan-pemiskinan-ikanbudidaya

SAPA - Pemerintah Provinsi Banten mentargetkan produksi ikan budidaya pada tahun 2013 mencapai 157,76 ton. Salah satu usaha mencapai target tersebut, pemerintah melakukan pembinaan terhadap para petani ikan melalui Program Pemberdayaan Usaha Mina Pedesaan (PUMP).

Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah menjelaskan, produksi ikan budidaya di Provinsi Banten setiap tahunnya meningkat rata-rata sebesar 25,93%. Pada tahun 2008 produksi ikan budidaya hanya sekitar 26,137 ton. Pada tahun 2009 meningkat menjadi 54,560 ton.

Selama tahun 2012, produksi ikan budidaya meningkat hingga 35,47% dari 96,5 ton pada tahun 2011 menjadi 130,73 ton pada tahun 2012. Pada tahun ini, produksi ikan budidaya ditargetkan mencapai 157,76 ton dan target produksi pada tahun 2014 adalah 181,1 ton.

Menurut Gubernur, dalam rangka mencapai target produksi ikan budidaya di Provinsi Banten tersebut, pihaknya bersama-sama dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia melaksanakan Program Pemberdayaan Usaha Mina Pedesaan (PUMP). Sasaran program tersebut adalah berkembangnya kelompok usaha perikanan budidaya yang mapan, kuat dan mandiri serta tumbuhnya wirausaha baru dibidang perikanan budidaya.

Perikanan budidaya adalah kegiatan untuk memelihara, membesarkan, dan/atau membiakkan ikan serta memanen hasilnya dalam lingkungan yang terkontrol. Selama tahun 2012, Pemerintah Provinsi Banten berhasil membentuk 138 kelompok usaha budi daya ikan. Kelompok-kelompok tersebut tersebar di kabupaten/kota se-Provinsi Banten.

Kelompok pembudidaya ikan terbesar terdapat di Kabupaten Lebak sebayak 44 kelompok. Disusul kemudian Kota Serang sebanyak 34 kelompok, Kabupaten Serang sebanyak 30 kelompok, Kota Tangerang Selatan 10 kelompok, Kab. Pandeglang 9 kelompok, dan Kab. Tangerang sebanyaki 8 kelompok.

Untuk memberdayakan para petani perikanan tersebut, pemerintah memberikan, bantuan modal sebesar Rp65 juta per kelompok. Selamta tahun 2012 lalu, dana yang tersalurkan kepada kelompok tersebut sudah mencapai Rp8,97 miliar. Dana tersebut dipergunakan petani untuk perbaikan lahan budidaya, pembelian benih ikan, pembelian pakan, obat-obatan dan lain-lain.

Menurut Gubernur, kelompok-kelompok tersebut saat ini sudah tumbuh menjadi kelompok usahawan baru sektor kelautan dan perikanan. "Kelompok-kelompok tersebut akan melaksanakan panen perdana dimulai pada akhir triwulan I tahun 2013," tandasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Banten, Maysaroh Mawardi, memaparkan, PUMP merupakan program pengentasan kemiskinan disektor kelautan dan perikanan, melalui peningkatan produksi dan produktivitas usaha perikanan skala mikro.

Sebagaimana diketahui, permasalahan mendasar kemiskinan di sektor kelautan dan perikanan adalah rendahnya kualitas masyarakat kelautan dan perikanan yang menyebabkan kurangnya akses permodalan, pasar dan teknologi, serta perlindungan sosial, tidak memiliki aset sebagai modal aktif serta lemahnya kelembagaan pembudidaya ikan.

Sedangkan tujuan PUMP, yaitu medorong peningkatan produksi, menumbuhkan wirausaha dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat kelautan dan perikanan di perdesaan, Disamping itu, program PUMP diupayakan juga dapat mendukung kegiatan pembangunan kawasan minapolitan khususnya minapolitan perikanan budidaya.

Sehingga, diharapkan terjadi peningkatan produksi perikanan budidaya, yang berimbas kepada peningkatan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat pembudidaya ikan. (teguh/BHP)

 

mediabanten dot com

Terpopuler

Terbaru

PKH MENDORONG ANAK-ANAK PENERIMA MANFAAT UNTUK BERPRESTASI

PKH MENDORONG ANAK-ANAK PENERIMA MANFAAT UNTUK BERPRESTASI

SAPA INDONESIA - PROGRAM Keluarga Harapan (PKH) yang menjadi...
CEGAH URBANISASI, INFRASTRUKTUR DESA PERLU DIGENJOT

CEGAH URBANISASI, INFRASTRUKTUR DESA PERLU DIGENJOT

SAPA INDONESIA - PEMBANGUNAN wilayah pedesaan dalam program...
RATUSAN DESA BELUM PUNYA BUMDES

RATUSAN DESA BELUM PUNYA BUMDES

SAPA INDONESIA - RATUSAN desa di Pamekasan belum memiliki badan...
DESA DIDORONG OPTIMALKAN PENYERAPAN DANA DESA

DESA DIDORONG OPTIMALKAN PENYERAPAN DANA DESA

SAPA INDONESIA - SAAT ini, masih ada satu desa di Boyolali,...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook