Penanggulangan Kemiskinan - Melawan Pemiskinan SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

WABUP SOLOK MERESMIKAN RAWAT INAP PERTAMA DANA PNPM INTEGRASI

kemiskinan-pemiskinan-pnpmintegrasi

SAPA - Gedung Rawat Inap Puskesmas Talang Babungo Kecamatan Hiliran Gumanti telah diresmikan oleh Wakil Bupati Solok. Gedung ini merupakan Rawat Inap pertama dan satu-satunya yang dibangun dengan menggunakan dana PNPM (Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat) Integrasi.

Hal itu dibenarkan oleh Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat (BPM) Kabupaten Solok Drs. H. Khairi Yusri, MM, ketika dikonfirmasi sumbaronline.com seusai peresmian Gedung Rawat Inap Puskesmas Talang Babungo tersebut. "Gedung Rawat Inap Puskesmas ini adalah Rawat Inap pertama yang didanai dengan PNPM Integrasi", tegasnya.

Senada dengan pernyataan tersebut, Kepala Puskesmas Talang Babungo dalam sambutannya menegaskan, ini merupakan yang pertama dan satu-satuna Gedung Rawat Inap yang dibangun dengan dana PNPM Integrasi.

Saat ini menurutnya, petugas yang bekerja di Puskesmas Talang Babungo sebanyak 50 orang yang berstatus Pegawai Negeri Sipil ditambah dengan Tenaga Honorer sebanyak 15 orang yang merupakan penduduk setempat yang selama ini sangat membentu sekali terhadap pelayanan yang diberikan oleh Puskesmas Talang Babungo.

Kepada Wakil Bupati ia berharap, agar tenaga honorer yang ada dapat ditingkatkan statusnya dari Honorer menjadi Pegawai Tidak Tetap (PTT) atau PNS. Demikian juga halnya dengan sarana yang dimiliki Puskesmas, saat ini sangat dibutuhkan perangkat komunikasi berupa Radio Panggil untuk Ambulance dan Puskesmas.

"Pernah kejadian, sementara menunggu kedatangan mobil ambulance yang begitu lama akibat terputusnya komunikasi, si pasien sudah meninggal dunia", ungkapnya.

Sedangkan Wali Nagari Talang Babungo Riswal Arifin, dalam sambutannya mengungkapkan, pendirian Gedung Rawat Inap di Puskesmas Talang Babungo merupakan hal yang paling didambakan oleh masyarakat Nagari Talang Babungo. Termasuk bagi dua nagari lainnya di Kecamatan Hiliran Gumanti yakni Nagari Sungai Abu dan Sariak Alahan Tigo. Bahkan Nagari Garabak Data Kecamatan Tigo Lurah, pun nantinya juga akan dapat menikmati fasilitas yang ada.

Sepertiga dari masyarakat Talang Babungo adalah masyarakat miskin. Jika sakit, mereka sangat kesulitan mendapatkan perawatan karena jauhnya Rumah Sakit dari kampung mereka. Yang lebih menjadi persoalan adalah, dibanding biaya berobat, ternyata biaya untuk transportasi menunggui keluarga yang sedang dirawat jauh lebih besar, sehingga sangat menyulitkan mereka.

Dihadapan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Solok dr. Mirsal dan Kepala Bappeda Taufik Effendi, S.Pd, MM, Wabup Desra Ediwan meminta Dinas Kesehatan mengkaji untuk memberlakukan kontrak bagi para tenaga medis dengan standar pelayanan Rumah Sakit, dengan memberikan gaji sesuai dengan UMR(Upah Minimum Regional).

"Sudah barang tentu kita tidak bisa meminta pelayanan yang baik dari paramedis jika pemenuhan kebutuhan hidup mereka sehari-hari tidak terfasilitasi sesuai dengan jasa yang mereka berikan", kata Desra Ediwan.

Ditambahkannya, ketika melakukan kunjungan study layanan publik (Pendidikan dan Kesehatan) ke negara Canada beberapa bulan lalu, ternyata para tenaga medis di negara itu memakai sistim kontrak, sehingga memacu dan memotivasi kinerja mereka dalam melaksanakan tugas.

Ia berharap, dengan telah didirikannya Gedung Rawat Inap di Puskesmas Talang Babungo, dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh masyarakat Nagari Talang Babungo khususnya dan Kecamatan Hiliran Gumanti pada umumnya.

Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Wabup Desra Ediwan, dan pengguntingan pita oleh Kepala BPM, yang dilanjutkan dengan peninjauan ruangan gedung oleh Wabup dan rombongan.

 

sumbaronline dot com

Terpopuler

Terbaru

KUTUH DIJADIKAN “ROLE MODEL” PEMBANGUNAN DESA DI BADUNG

KUTUH DIJADIKAN “ROLE MODEL” PEMBANGUNAN DESA DI BADUNG

SAPA INDONESIA - WAKIL Bupati Badung, Ketut Suiasa, menegaskan...
PEMERINTAH BAKAL TAMBAH DANA DESA 10% DI TAHUN DEPAN

PEMERINTAH BAKAL TAMBAH DANA DESA 10% DI TAHUN DEPAN

SAPA INDONESIA - KEMENTERIAN Keuangan (Kemenkeu) melalui Direktorat...
KEMISKINAN BENGKULU DAN JANJI KPK YANG DILUPAKAN SANG GUBERNUR

KEMISKINAN BENGKULU DAN JANJI KPK YANG DILUPAKAN SANG GUBERNUR

SAPA INDONESIA - GUBERNUR BENGKULU Ridwan Mukti bersama istrinya,...
DANA DESA TAK KUNJUNG CAIR, KEPALA DESA BERANG PEMBANGUNAN TERHAMBAT

DANA DESA TAK KUNJUNG CAIR, KEPALA DESA BERANG PEMBANGUNAN TERHAMBAT

SAPA INDONESIA - PENCAIRAN Dana Desa di Kabupaten Purworejo...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook