Penanggulangan Kemiskinan - Melawan Pemiskinan SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

SEBANYAK 1000 RUTILAHU DI BABEL AKAN DIPERBAIKI

kemiskinan-sapa-rutilahubabelSAPA - Pembangunan dan perbaikan Rumah Tidak Layak Huni ( RUTILAHU) sebanyak 1000 unit oleh Dinas Kesejahteraan Sosial Bangka Belitung melalui dana Hibah pada Tahun 2013 ini.

"Kami meminta pemerintah kabupaten/kota untuk mendata warga yang perlu mendapatkan rumah layak huni," kata Kepala Dinkesos Babel Syahirman Jumli di Pangkalpinang, Rabu.

Ia menjelaskan, data masyarakat yang membutuhkan bantuan rumah layak huni ini akan direkomendasikan ke Kementerian Sosial melalui dana hibah.

"Kami belum tahu berapa besaran anggarannya dana hibah tersebut, namun pekan lalu, Dirjen dari Kemsos sudah meminta data, berapa rumah yang tidak layak huni tersebar di kabupaten/kota yaitu Kabupaten Bangka, Bangka Barat, Bangka Tengah, Bangka Selatan, Belitung, Belitung Timur dan Kota Pangkalpinang yang dibantu," ujarnya.

Ia mengatakan, program bantuan rumah tidak layak huni ini akan menjadi contoh, jika memang baik, maka tahun berikutnya, akan diupayakan rumah yang dibantu lebih banyak lagi, karena masih banyak rumah yang tidak layak huni.

"Pada tahun lalu, kami tidak memprogramkan bantuan rumah layak huni ini, karena kendala anggaran yang kurang memadai," ujarnya.

Menurut dia, rumah yang mendapatkan perbaikan itu, merupakan usulan dari masyarakat, melalui kepala desa, kemudian penilaian dilakukan secara terbuka, dan baru dilakukan survei oleh tim dari Dinsos, untuk selanjutnya ditentukan apakah rumah yang diusulkan itu memang layak untuk dibantu.

"Salah satu pertimbangan bantuan rumah layak huni, yaitu penghasilan dari keluarga di rumah tersebut memang kondisi sulit untuk membangun rumah yang layak huni," ujarnya.

Ia mengatakan, saat ini, perekonomian masyarakat di Babel melemah, seiring hasil dan harga komoditas pertanian, perkebunan, perikanan dan pertambangan berkurang, sementara biaya hidup mengalami peningkatan seiring naiknya harga kebutuhan sehari-hari dan jasa.

"Melalui program ini akan membantu masyarakat miskin memiliki rumah layak huni untuk meningkatkan kesejahteraannya," ujarnya.

Untuk itu, kata dia, kami meminta pemerintah/kota untuk segera melaporkan data-data masyarakat yang masih memiliki rumah tidak layak huni, agar program ini secepatnya terealisasi.

"Rumah layak huni ini, diharapkan warga bisa menjaga kesehatanya, dan bermuara pada peningkatan kesejahteraan serta berperan aktif dalam mendukung program pemerintah dalam menekan angka kemiskinan," ujarnya.


Sumber : Ciputra

Terpopuler

Terbaru

DANA DESA RP 79.83 MILIAR DIBAGI, DESA DIDORONG BENTUK BUMDES

DANA DESA RP 79.83 MILIAR DIBAGI, DESA DIDORONG BENTUK BUMDES

SAPA INDONESIA - DANA desa tahap pertama sebanyak 60 % dibagikan...
DANA DESA TERMIN PERTAMA CAIR

DANA DESA TERMIN PERTAMA CAIR

SAPA INDONESIA - DANA desa termin pertama 2017 sudah mulai...
TERAPKAN SISKEUDES, KADES DIMINTA REKRUT SARJANA PENDAMPING

TERAPKAN SISKEUDES, KADES DIMINTA REKRUT SARJANA PENDAMPING

SAPA INDONESIA - PENGELOLAAN keuangan desa berupa dana desa...
BUMDES BUAT DESA LEBIH MANDIRI

BUMDES BUAT DESA LEBIH MANDIRI

SAPA INDONESIA - KEMENTERIAN Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook