Penanggulangan Kemiskinan - Melawan Pemiskinan SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

ALOKASI RP 33,1 MILIAR UNTUK BLM PNPM PERKOTAAN

kemiskinan-sapa-pnpmperkotaansulutSAPA - Percepatan Pembangunan di Sulawesi Utara terus dipacu untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Salah satunya melalui Bantuan Langsung Masyarakat (BLM) Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Perkotaan untuk 2013 yang dialokasikan sebesar Rp33,1 miliar.

Data dari satuan kerja (Satker) Program Penanggulangan Kemiskinan Perkotaan (P2KP) di bawah Kementerian Pekerjaan Umum, dana tersebut diperuntukkan bagi tujuh Kabupaten/Kota di Sulut. Dana tersebut akan disebarkan di 307 desa dan kelurahan.

Dari penuturan Tim Leader Konsultan Manajemen Pusat (TL-KMP) Sulut Sunaryatno, dana ini berasal dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) dan juga Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD). "Lebih besar anggaran dari APBN dibandingkan dengan APBD," ujarnya.

Sementara Kepala Satker PNPM Mandiri Pusat Ir Boby Ali Ashari MSc mengungkapkan, program PNPM Mandiri berlanjut hingga 2014. Semua Kecamatan di Indonesia telah masuk program PNPM, terlebih khusus masyarakat miskin yang sifatnya tidak mampu. "Mereka yang menjalankan dan mereka yang rasakan manfaatnya," ujar Ashari.

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Sulut melalui Philip Siwi mengungkapkan, dana tersebut terserap baik di masyarakat. "Banyak yang telah dibangun, seperti infrastruktur, jalan, sanitasi, dan berbagai proyek lainnya," tandasnya.

Menurut Kamarudin A Jemang selaku Tim Leader OSP 8 Sulut, dalam memantapkan rencana program dan mengevaluasi program yang telah berjalan, sementara dilaksanakan lokakarya midterm review PNPM Mandiri Perkotaan di Hotel Sahid Kawanua, Kamis (31/1) hingga Jumat (1/2) dengan tema "Membangun Keberpihakan Stakeholder pada Penanggulangan Kemiskinan".

Jemang mengungkapkan, pembicara yang rencana dihadirkan merupakan pembicara yang berkompeten seperti tim dari PNPM Perkotaan Pusat, dari akademisi Dr Taufik dr MPd MKes, praktisi media Suhendro Boroma, Wakil Wali Kota Bitung Max Lomban, dan juga dari Pemerintah Daerah.


Sumber : Manadopost dot com

Terpopuler

Terbaru

KUTUH DIJADIKAN “ROLE MODEL” PEMBANGUNAN DESA DI BADUNG

KUTUH DIJADIKAN “ROLE MODEL” PEMBANGUNAN DESA DI BADUNG

SAPA INDONESIA - WAKIL Bupati Badung, Ketut Suiasa, menegaskan...
PEMERINTAH BAKAL TAMBAH DANA DESA 10% DI TAHUN DEPAN

PEMERINTAH BAKAL TAMBAH DANA DESA 10% DI TAHUN DEPAN

SAPA INDONESIA - KEMENTERIAN Keuangan (Kemenkeu) melalui Direktorat...
KEMISKINAN BENGKULU DAN JANJI KPK YANG DILUPAKAN SANG GUBERNUR

KEMISKINAN BENGKULU DAN JANJI KPK YANG DILUPAKAN SANG GUBERNUR

SAPA INDONESIA - GUBERNUR BENGKULU Ridwan Mukti bersama istrinya,...
DANA DESA TAK KUNJUNG CAIR, KEPALA DESA BERANG PEMBANGUNAN TERHAMBAT

DANA DESA TAK KUNJUNG CAIR, KEPALA DESA BERANG PEMBANGUNAN TERHAMBAT

SAPA INDONESIA - PENCAIRAN Dana Desa di Kabupaten Purworejo...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook