Penanggulangan Kemiskinan - Melawan Pemiskinan SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

RASKIN DI BOYOLALI MULAI DIBAGIKAN SEBENTAR LAGI

kemiskinan-pemiskinan-raskin1

SAPA - Kabar menggembirakan datang dari Pemerintah Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah yang segera menyalurkan beras untuk keluarga miskin (Raskin) tahap pertama tahun 2013 sebanyak 962,34 ton untuk 64.166 rumah tangga sasaran (RTS) tersebar di 19 kecamatan.

"Raskin tahap pertama yang seharusnya diterima oleh warga pada bulan Januari akan dibagikan mulai Senin (11/2) hingga Rabu (13/2)," kata Kepala Subag Pertanian Daerah, Bagian Perekonomian Setda Kabupaten Boyolali, Sugita, di Boyolali, Sabtu.

Menurut Sugita, mundurnya penyaluran raskin untuk wilayah Boyolali tersebut, karena masih menunggu turunnya data "by name by address" keluarga penerima dari Kementerian Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat (Kemenkokesra) melalui Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

"Data "by name by address" penyalurah raskin baru turun dari Pemprov Jateng, Rabu (30/1)," katanya.

Pemkab kemudian mengeluarkan surat kepada Bulog Surakarta untuk melakukan pendistribusian kepada rumah tanggap sasaran yang tersebar di 19 kecamatan di Boyolali.

Jumlah penerima raskin atau RTS di Boyolali tahun ini menurun sekitar 16,6 persen dibanding tahun sebelumnya. Jatah raskin 2012 sebanyak 1.154,35 ton untuk 76.957 RTS, dan tahun ini turun menjadi 962,34 ton (64.166 RTS).

Oleh karena itu, pihaknya segera melakukan sosialisasi kepada warga menerima melalui Satuan tugas (Satgas) pemerintah kecamatan masing-masing. Rencana sosialisasi dilakukan Selasa (5/2).

"Perlunya sosialisasi kepada warga itu, karena jumlah RTS di Boyolali tahun ini, menurun 12.791 keluarga dibanding tahun sebelumnya," katanya.

Menurut dia, setiap RTS akan menerima jatah sebanyak 15 kg per bulan dengan harga pengganti raskin hanya Rp1.600,00/kg atau masih sama seperti tahun sebelumnya.

Kendati demikian, pihaknya berharap dengan penyaluran beras bersubsidi tersebut dapat mengurangi beban keluarga penerima saat kondisi harga beras di pasar saat ini cukup tinggi yakni mencapai Rp7.900,00 per kg hingga Rp8.800,00/kg.

Kepala Perum Bulog Subdivre Wilayah III Surakarta, Edhy Rizwan, pihaknya siap melayani pendistribusian raskin tahun ini, karena stok gudangnya masih aman, yakni sebanyak 45 ribu ton.

Menurut Edhy Rizwan, wilayah Boyolali tersebut kebutuhan raskinnya dilayani oleh Gudang Bulog Kartasura dan Delanggu. Stok beras saat ini, untuk Kartasura mencapai 6.177 ton, sedangkan Delanggu 5.445 ton.

Menurut dia, pendistribusian raskin di wilayah eks Keresidenan Surakarta, yakni Boyolali, Klaten, Sukoharjo, Wonogiri, Karanganyar, dan Sragen dilakukan tidak serentak, tetapi tergantung permintaan pemerintah daerah masing-masing.

"Boyolali dan Sragen akan disalurkan Senin (11/2), sedangkan Wonogiri mulai Kamis (28/2), sedangkan daerah lainnya surat permintaan belum masuk," kata Edhy Rizwan.**

Terpopuler

Terbaru

DANA DESA RP 79.83 MILIAR DIBAGI, DESA DIDORONG BENTUK BUMDES

DANA DESA RP 79.83 MILIAR DIBAGI, DESA DIDORONG BENTUK BUMDES

SAPA INDONESIA - DANA desa tahap pertama sebanyak 60 % dibagikan...
DANA DESA TERMIN PERTAMA CAIR

DANA DESA TERMIN PERTAMA CAIR

SAPA INDONESIA - DANA desa termin pertama 2017 sudah mulai...
TERAPKAN SISKEUDES, KADES DIMINTA REKRUT SARJANA PENDAMPING

TERAPKAN SISKEUDES, KADES DIMINTA REKRUT SARJANA PENDAMPING

SAPA INDONESIA - PENGELOLAAN keuangan desa berupa dana desa...
BUMDES BUAT DESA LEBIH MANDIRI

BUMDES BUAT DESA LEBIH MANDIRI

SAPA INDONESIA - KEMENTERIAN Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook