Penanggulangan Kemiskinan - Melawan Pemiskinan SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

DIALIHKAN ALOKASI RASKIN DI NATUNA

kemiskinan-pemiskinan-raskin5

SAPA -  Alokasi beras miskin (raskin) sebaiknya dialihkan bagi kesejahteraan jompo, hal ini disampaikan oleh Anggota Komisi I DPRD Natuna, Mustamin Bakri. Sebab warga telah banyak mendapat bantuan dari program pengentasan kemiskinan, dan angka kemiskinan sudah berkurang.

Mustamin mengatakan, masyarakat Natuna sudah banyak tersentuh oleh program pengentasan kemiskinan yang diadakan pemerintah. "Kita dapat melihat sendiri bagaimana masyarakat kita banyak sekali menerima bantuan dari pemerintah, baik itu dari program Taskin, RTLH, PLTS belum lagi dari dana-dana lainya," katanya.

Lebih lanjut ia mengatakan, warga miskin di Kabupaten Natuna sudah berkurang. Kalau untuk warga yang benar-benar miskin mungkin sudah jarang sekali, mereka tidak lagi pada tahap kebutuhan sandangnya, tapi mereka sudah masuk pada tahan pangan dan papan," ujarnya.

"Contoh, baru-baru ini di Kecamatan Bunguran Barat, hampir seluruh RT dan RW mengaku kesulitan mendata warganya yang miskin sebab hampir di seluruh rumah mereka terdapat barang mewah seperti televisi, kendaraan bermotor dan lain sebagainya. Hal ini menunjukkan bahwa masayarakat kita sudah memiliki kemampuan lebih dalam menjalani kehidupannya lebih dari sekedar mencari kebutuhan sandangnya," imbuhnya.

Oleh karena itu katanya lagi, untuk alokasi raskin itu sebaiknya dirubah dan dialokasikan bagi kesejahteraan para lansia. Di samping itu pemerintah perlu mendorong gerakan ekonomi kerakyatan, ketimbang bantuan tunai seperti selama ini.

Terpisah, Kabag Ekonomi Pemkab Natuna Beni Suparta mengatakan, pemerintah bisa saja mengalihkan alokasi beras miskin tersebut seperti yang disamapaikan anggoata dewan tersebut, "hal itu bisa saja kita lakukan, akan tetapi apa ya masyarakat bisa menerimanya, dan pemerintah juga mesti mempertimbangkan gejolak sosialnya jika terjadi pengalihan alokasi raskin ini, kita bagikan aja masih ada gejolak apa lagi sampai tidak dibagikan," ujarnya.

Ia mengatakan, hingga saat ini data BPS juga masih menunjukkan bahwa warga miskin di Kabupaten Natuna masih ada. Dan hingga saat ini pedoman utama dalam pembagian raskin ini 'kan data BPS, demikian juga dengan pemerintah pusat data acuannya kan BPS, masak kita mau ingkari itu, oke lah kalo dikecamatan Bunguran Barat mungkin kita bisa terima, tapi di kecamatan lain 'kan belum tentu, tapi bagaimanapun kita tetap berharap agar rakyat sejahtera. 

 

haluanmedia dot com

Terpopuler

Terbaru

JURUS JOKOWI PANGKAS TINGKAT KEMISKINAN DI RI

JURUS JOKOWI PANGKAS TINGKAT KEMISKINAN DI RI

SAPA INDONESIA - HINGGA Maret 2017, tingkat kemiskinan di Indonesia...
16 TAHUN JALANKAN OTSUS, KEMISKINAN PAPUA DIKLAIM TURUN SIGNIFIKAN

16 TAHUN JALANKAN OTSUS, KEMISKINAN PAPUA DIKLAIM TURUN SIGNIFIKAN

SAPA INDONESIA - PEMERINTAH Provinsi Papua menggelar diskusi...
JUMLAH KEMISKINAN DI WILAYAH PERKOTAAN DI JATENG MENINGKAT

JUMLAH KEMISKINAN DI WILAYAH PERKOTAAN DI JATENG MENINGKAT

SAPA INDONESIA - KETUA DPRD Jateng Rukma Setiabudi mengatakan,...
BINA PEMBANGUNAN DESA, KADES/LURAH SE-JABAR KUMPUL DI BEKASI

BINA PEMBANGUNAN DESA, KADES/LURAH SE-JABAR KUMPUL DI BEKASI

SAPA INDONESIA - PEMERINTAH Provinsi Jawa Barat menggelar kegiatan...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook