Penanggulangan Kemiskinan - Melawan Pemiskinan SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

LAMPUNG SELATAN : BSPS TAHAP KEDUA DIKUCURKAN BULAN MARET

kemiskinan-sapa-djanfaridlamselSAPA - Menteri Perumahan Rakyat (Menpera) Djan Faridz memastikan program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) tahap kedua segera dikucurkan pada Maret mendatang di Desa Balinuraga Kecamatan Waypanji, Kabupaten Lampung Selatan, Lampung.

"Secara keseluruhan, ada lebih dari 500 rumah di empat desa yang mendapat bantuan program BSPS yang nilainya sebesar Rp11 juta per rumah," kata Djan Faridz, dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Kamis (7/2/2013).

Meski demikian, dia mengakui ada beberapa rumah di Desa Agom, Desa Sidoreno, Desa Balinuraga, dan Desa Gunung Terang, yang belum mendapat BSPS karena persyaratan yang belum terpenuhi.

"Masih ada beberapa rumah yang terkendala di legalitas, seperti pemiliknya tidak punya Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau tidak punya sertifikat tanah. Saya meminta permasalahan teknis terkait dengan syarat penyelesaian rumah korban konflik harus segera diselesaikan," ujar Djan.

Dia menjelaskan, kendala yang dihadapi oleh 71 keluarga yang rumahnya belum dibangun dan belum mendapatkan program BSPS karena tidak mendapat dana program bantuan tersebut, akibat terganjal proses administrasi. Contohnya seperti warga yang tidak memiliki kartu tanda penduduk (KTP), karena terbakar bersama rumah mereka saat konflik terjadi.

BSPS, tambah Djan, diberikan berdasarkan skala prioritas. Dengan demikian, hanya daerah yang memiliki indeks kemiskinan tinggi yang akan diutamakan. "Yang paling miskin dulu kita urus. Nanti ada paling miskin pertama, paling miskin kedua, dan paling miskin ketiga. Kalau ada yang tidak tercantum di sana, ya tidak dapat. Karena ada skala prioritasnya," papar Djan.

Sementara itu, Bupati Lampung Selatan Rycko Menoza mengaku sangat terbantu dengan adanya bantuan dari Kemenpera. Dia mengatakan, pascakonflik yang terjadi pihaknya langsung melakukan koordinasi dengan pemerintah pusat dan menyampaikan data jumlah rumah yang rusak akibat konflik tersebut.

Berdasarkan data Kemenpera, BSPS diberikan kepada warga di empat desa di Lampung Selatan, yakni Desa Sidoreno, Balinuraga di Kecamatan Waypanji sebanyak 505 unit rumah, Desa Gunung Terang dan Desa Agom sebanyak 164 unit rumah.

Setiap warga yang mendapatkan program ini mendapatkan bantuan dana untuk perbaikan rumah sebesar Rp11 juta yang diberikan secara bertahap. Bantuan tahap pertama sudah diberikan pada Desember 2012 lalu. Sementara bantuan tahap kedua akan diberikan pada Maret yang akan datang.


Sumber : Okezone dot com

Terpopuler

Terbaru

DANA DESA RP 79.83 MILIAR DIBAGI, DESA DIDORONG BENTUK BUMDES

DANA DESA RP 79.83 MILIAR DIBAGI, DESA DIDORONG BENTUK BUMDES

SAPA INDONESIA - DANA desa tahap pertama sebanyak 60 % dibagikan...
DANA DESA TERMIN PERTAMA CAIR

DANA DESA TERMIN PERTAMA CAIR

SAPA INDONESIA - DANA desa termin pertama 2017 sudah mulai...
TERAPKAN SISKEUDES, KADES DIMINTA REKRUT SARJANA PENDAMPING

TERAPKAN SISKEUDES, KADES DIMINTA REKRUT SARJANA PENDAMPING

SAPA INDONESIA - PENGELOLAAN keuangan desa berupa dana desa...
BUMDES BUAT DESA LEBIH MANDIRI

BUMDES BUAT DESA LEBIH MANDIRI

SAPA INDONESIA - KEMENTERIAN Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook