Penanggulangan Kemiskinan - Melawan Pemiskinan SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

TEMANGGUNG : PENERIMA RASKIN TURUN TAHUN 2013

kemiskinan-sapa-temanggungraskinRTSSAPA - Pada Tahun 2013 ini penerima Beras Raskin (RASKIN) untuk Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah turun 16,6 persen atau 51.816 RTS disbanding Tahun 2012 62.140 Rumah Tangga Sasaran (RTS).

"Kami telah menerima data raskin 'by name by address' dari Sekretariat Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan, terjadi penurunan jumlah penerima sebanyak 10.324 RTS," kata Kepala Bagian Perekonomian Setda Temanggung, Kristi Widodo di Temanggung, Kamis.

Ia mengatakan, penurunan jumlah penerima raskin karena ada penurunan alokasi anggaran subsidi secara nasional sejumlah 2.000.000 RTS penerima manfaat.

Berdasarkan data BPS, katanya, penurunan pagu raskin secara nasional sejalan dengan penurunan angka kemiskinan nasional dari 15,42 persen pada 2008 menjadi 11,66 persen pada 2012.

Ia menuturkan, meskipun telah ditetapkan kuota penerima "by name by address", masih diberi kesempatan untuk melakukan perubahan data penerima dengan jumlah kuota yang tetap sama.

Kristi mengatakan, untuk melakukan perubahan penerima manfaat, Pemkab Temanggung telah mengirimkan surat edaran Bupati Temanggung beserta buku petunjuk dan nota berita acara ke seluruh kecamatan. Selanjutnya dari kecamatan dikirim ke desa untuk dilakukan verifikasi data.

"Jadi kalau ada orang miskin yang belum terdaftar, maka yang paling mampu dari penerima dapat dialihkan. Hal tersebut harus tercantum dalam berita acara musyawarah desa yang selanjutnya dikembalikan pada Pemkab Temanggung untuk dilaporkan ke pemerintah pusat," katanya.

Ia menyebutkan, penyaluran raskin alokasi bulan Januari 2013 direncanakan pada minggu ke III Februari 2013 dan untuk alokasi Februari dan Maret 2013, akan dilaksanakan pada minggu I dan II Maret 2013.


Antara Jateng dot com

Terpopuler

Terbaru

SEJAK DIGULIRKAN, DANA DESA TERUS MENINGKAT

SEJAK DIGULIRKAN, DANA DESA TERUS MENINGKAT

SAPA INDONESIA - SEJAK dana desa digulirkan tahun 2015 lalu...
MENDES PERCEPAT BENTUK HOLDING BUMDES

MENDES PERCEPAT BENTUK HOLDING BUMDES

SAPA INDONESIA - MENTERI Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal...
PLN: PEMANGKASAN SUBSIDI UNTUK WILAYAH TIDAK BERLISTRIK

PLN: PEMANGKASAN SUBSIDI UNTUK WILAYAH TIDAK BERLISTRIK

SAPA INDONESIA - MANAGER Senior Public Relations PT Perusahaan...
TEKAN KEMISKINAN, MENSOS TAMBAH 1 JUTA PENERIMA BANSOS PKH

TEKAN KEMISKINAN, MENSOS TAMBAH 1 JUTA PENERIMA BANSOS PKH

SAPA INDONESIA - PEMERINTAH terus berupaya mengurangi angka...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook