Penanggulangan Kemiskinan - Melawan Pemiskinan SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

HARAPAN WARGA KAMPUNG BENGKIRAI PADA PNPM-MP

kemiskinan-pemiskinan-aidilpnpm

SAPA - Sejak 2008 hingga sekarang usulan  pembangunan drainase di kampung Bengkirai Kelurahan Baamang Hulu Kecamatan Baamang Kabupaten Kotawaringin Timur belum mendapatkan respon dari Pemerintah Daerah Kotawaringin Timur (Kotim). Harapan satu-satunya kini lewat Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan (PNPM-MP) tahun ini.

Menurut Ketua RT XI Kampung Bengkirai, Muhammad Aidil, usulan yang dilakukan pihaknya sejak tahun 2008 silam tidak pernah ditanggapi oleh pemerintah daerah setempat. Padahal, drainase itu betul-betul sangat dibutuhkan masyarakat terutama yang ada di Kampung Bengkirai tersebut.

Drainase ini adalah usulan yang paling utama sejak tahun 2008 silam. Namun, hingga sekarang belum ada realisasinya. Harapan satu-satunya melalui PNPM-MP Kelurahan Baamang Hulu ini. Dan mudah-mudahan itu terealisasi," ungkapnya ketika ditemui di kediamannya, kemarin (8/2).

Panjang drainase yang diusulkan itu sekitar 350 meter, dan untuk sementara ini drainase yang ada tidak sanggup menampung air terutama pada saat musim penghujan. "Bayangkan saja apabila dua jam diguyur hujan maka kampung Bengkirai ini akan kebanjiran. Butuh waktu dua hari air itu kering karena drainasenya yang tidak mampu menampung air tersebut," keluhnya.

Warga setempat telah berupaya semaksimal mungkin untuk mengatasi hal demikian, salah satunya mengadakan swadaya masyarakat untuk membuat gorong-gorong. Namun, itupun dianggap kurang mampu sehingga diperlukan drainase yang lebih besar.

"Waktu gotong royong kami membuat gorong-gorong untuk drainase. Itupun menggunakan dana swadaya masyarakat setempat. Tapi, itu tidak maksimal karena gorong-gorongnya kecil," ujar pria berkumis ini.

Selain mengeluhkan usulan mengenai drainase yang jauh dari harapan karena secara tegas bahwa bantuan melalui APBD tahun 2013 ini tidak ada. Warga Kampung Bengkira ini juga mengeluhkan ketiadaan WC umum. "WC umum ini juga pernah kami usulkan sejak tahun 2010. Lagi-lagi usulan ini tidak direspons. Usulan sudah beberapa kali melalui musrenbang Kelurahan hingga Kecamatan," kata Aidil.

Untuk itu, warga kampung Bengkirai Kelurahan Baamang Hulu harapan yang bisa membantu hanya ada pada PNPM-MP tahun ini. "Memang saya dengar tahun 2013 ini melalui PNPM-MP khususnya di kampung Bengkirai ini akan dapat bantuan pembangunan drainase. Mudah-mudahan saja informasi itu benar dan kami warga setempat sangat berterimakasih atas bantuan tersebut apabila benar-benar terwujud nyata. Pasalnya, perjuangan sejak tahun 2008 silam hanya tahun 2013 ini terealisasi," pungkasnya sembari tersenyum lebar.

 

radarsampit dot net

Terpopuler

Terbaru

DANA DESA RP 79.83 MILIAR DIBAGI, DESA DIDORONG BENTUK BUMDES

DANA DESA RP 79.83 MILIAR DIBAGI, DESA DIDORONG BENTUK BUMDES

SAPA INDONESIA - DANA desa tahap pertama sebanyak 60 % dibagikan...
DANA DESA TERMIN PERTAMA CAIR

DANA DESA TERMIN PERTAMA CAIR

SAPA INDONESIA - DANA desa termin pertama 2017 sudah mulai...
TERAPKAN SISKEUDES, KADES DIMINTA REKRUT SARJANA PENDAMPING

TERAPKAN SISKEUDES, KADES DIMINTA REKRUT SARJANA PENDAMPING

SAPA INDONESIA - PENGELOLAAN keuangan desa berupa dana desa...
BUMDES BUAT DESA LEBIH MANDIRI

BUMDES BUAT DESA LEBIH MANDIRI

SAPA INDONESIA - KEMENTERIAN Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook