Penanggulangan Kemiskinan - Melawan Pemiskinan SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

PEMKAB SUMEDANG SIAPKAN 7 RENCANA KERJA TAHUN 2013

kemiskinan-pemiskinan-pemkabsumedang

SAPA - Menghadapi tahun 2013 ini Pemerintah Kabupaten Sumedang sudah menyiapkan rencana kerja yang berjumlah sebanyak tujuh rencana kerja. Rencana tersebut adalah penanganan kemiskinan dan pengangguran, penanganan infrastruktur khususnya jalan, jembatan, irigasi, sarana air bersih dan infrastruktur lainnya, dan penanganan layanan dasar yaitu pendidikan, kesehatan dan ekonomi sebagai variabel inti dari pembangunan berbasis sumber daya manusia yang harus terus diupayakan.

Rencana kerja selanjutnya adalah mengantisipasi dampak sosial, ekonomi dan lingkungan dari pembangunan Bendungan Jatigede, tol Cisumdawu serta rencana peningkatan pelayanan di kawasan perkotaan ibukota, penguatan ketahanan pangan daerah, pengembangan ekonomi kreatif masyarakat, dan pengembangan daya saing daerah.

"Tujuh rencana kerja tersebut tertuang dalam RKPD Sumedang 2013 yang saat ini sudah mulai berjalan," kata Bupati Sumedang Don Murdono, Minggu (10/2/2013).

Rencana pertama, menurut Don, dikerjakan dengan cara memberikan jaminan kesehatan kepada keluarga miskin dan pemberdayaan ekonomi desa. Sementara untuk penanganan pengangguran, pemkab Sumedang menggaungkan ekonomi kreatif yang seharusnya bisa dilakukan warga Sumedang.

Rencana kedua dikerjakan dengan cara pengembangan dan pengelolaan jaringan irigasi dan jaringan pengairan lainnya dan rehabilitasi jalan dan jembatan. Rencana ketiga dilakukan dengan wajib belajar pendidikan sembilan tahun, standardisasi pelayanan kesehatan, pengawasan obat dan makanan.

Rencana keempat dilakukan salah satunya dengan perencanaan pembangunan ekonomi, kaji terap dan pengembangan agribisnis,dan pengembangan sistem pendukung usaha bagi usaha mikro kecil menengah.

Rencana kelima dapat dilakukan dengan pengembangan sentra industri potensial dan pemanfaatan potensi sumber daya hutan. Rencana keenam dan ketujuh bisa dilakukan dengan cara peningkatan promosi dan kerjasa investasi, pengembangan kewirausahaan dan keunggulan kompetitif UKM, dan peningkatan penerapan teknomogi pertanian atau perkebunan.

"Semua program untuk melakukan setiap rencana kerja bisa mempunyai hasiul yang multiguna, hal ini dilakukan untuk lebih mengefektifkan semua program pembangunan demi merealisasikan tujuh rencana kerja pada 2013," kata Don.

 

m dot inilah dot com

Terpopuler

Terbaru

KESENJANGAN EKONOMI JOGJA BISA BERBUNTUT KONFLIK SOSIAL

KESENJANGAN EKONOMI JOGJA BISA BERBUNTUT KONFLIK SOSIAL

SAPA INDONESIA - KETIMPANGAN ekonomi atau gini ratio DIY yang...
VALIDASI DATA KEMISKINAN HARUS DIDUKUNG SDM DAN ANGGARAN

VALIDASI DATA KEMISKINAN HARUS DIDUKUNG SDM DAN ANGGARAN

SAPA INDONESIA - MENCERMATI fenomena angka kemiskinan yang...
BELANJA ROKOK MASYARAKAT KULONPROGO TEMBUS RP96 MILIAR PER TAHUN

BELANJA ROKOK MASYARAKAT KULONPROGO TEMBUS RP96 MILIAR PER TAHUN

SAPA INDONESIA - NOMINAL belanja rokok di Kabupaten Kulonprogo,...
SETIAP DESA BERPOTENSI BENTUK BUMDES

SETIAP DESA BERPOTENSI BENTUK BUMDES

SAPA INDONESIA - SETIAP desa memiliki potensi untuk membentuk...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook