Penanggulangan Kemiskinan - Melawan Pemiskinan SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

PAGU RASKIN PROVINSI ACEH BERKURANG SEBESAR 14.215 TON

kemiskinan-pemiskinan-raskin2

SAPA - Alokasi jumlah pagu beras untuk masyarakat miskin (Raskin) dari pemerintah pusat untuk Provinsi Aceh pada tahun 2013 mengalami penurunan dibanding tahun 2012 lalu.

Jika pada tahun 2012 raskin Aceh mencapai 78.425 ton, maka tahun ini alokasi menurun hanya 64.209 ton atau berkurang sebanyak 14.215 ton (3,2 persen). "Jadi, jumlah pagu raskin Aceh tahun ini hanya tinggal 64.209 ton," ujar Kepala Perum Bulog Divisi Regional (Divre) Aceh, Ali Ardi kepada Analisa, Senin (11/2).

Menurutnya, penurunan pagu tersebut lebih disebabkan terus berkurangnya jumlah penduduk miskin di Aceh. Pada 2013, jumlah Rumah Tangga Sasaran Penerima Mamfaat (RTSPM) Raskin sebanyak 356.720 KK dengan pagu penyaluran raskin sebanyak 5.350 ton/bulan. Sedangkan sedangkan pada tahun 2012, RTSPM sebanyak 368.512 KK dengan penyaluran raskin 5.527 ton/bulan. "Jadi jumlah RTSPM penerima raskin berkurang 11.792 KK," jelas Ali Ardi yang didampingi Kepala Bidang Pelayanan Publik Perum Bulog Divre Aceh Sufridawati.

Menurutnya, penurunan pagu tersebut berdasarkan data hasil PPLS 2011 yang dikelola dalam data basis terpadu oleh Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) Pusat.

Disebutkan, jumlah pagu yang diterima Aceh pada 2013 sesuai dengan surat dari Kementerian Koordinator Bidang Kesejahteraan rakyat (Menkokesra) Nomor b.2695/KMK/Dep.II/XII/2012.

Sejak 29 Januari 2013, pihaknya telah memulai penyaluran raskin kepada yang berhak dengan jumlah yang disalurkan sebanyak 15 kg/KK/bulan dengan harga masih Rp1.600/kg. "Untuk saat ini kita memang masih rendah penyaluran raskin yaitu baru 30 persen dari target Januari 2013 sebanyak 5.350 ton," jelasnya.

Ali Ardi menambahkan, penyebab masih rendahnya penyaluran tersebut karena pihaknya masih menunggu SK penetapan raskin dari bupati/walikota di sejumlah daerah. "Insya Allah pada pertengahan bulan ini sudah keluar semua SK bupati/walikota, sehingga penyaluran bisa semakin meningkat," jelasnya.

Pihaknya juga telah mensosialisasikan kepada seluruh pimpinan daerah di 23 kabupaten/kota atas terjadinya pengurangan pagu raskin yang ada diterima dari Januari-Desember 2013.

 

analisadaily dot com

Terpopuler

Terbaru

KUTUH DIJADIKAN “ROLE MODEL” PEMBANGUNAN DESA DI BADUNG

KUTUH DIJADIKAN “ROLE MODEL” PEMBANGUNAN DESA DI BADUNG

SAPA INDONESIA - WAKIL Bupati Badung, Ketut Suiasa, menegaskan...
PEMERINTAH BAKAL TAMBAH DANA DESA 10% DI TAHUN DEPAN

PEMERINTAH BAKAL TAMBAH DANA DESA 10% DI TAHUN DEPAN

SAPA INDONESIA - KEMENTERIAN Keuangan (Kemenkeu) melalui Direktorat...
KEMISKINAN BENGKULU DAN JANJI KPK YANG DILUPAKAN SANG GUBERNUR

KEMISKINAN BENGKULU DAN JANJI KPK YANG DILUPAKAN SANG GUBERNUR

SAPA INDONESIA - GUBERNUR BENGKULU Ridwan Mukti bersama istrinya,...
DANA DESA TAK KUNJUNG CAIR, KEPALA DESA BERANG PEMBANGUNAN TERHAMBAT

DANA DESA TAK KUNJUNG CAIR, KEPALA DESA BERANG PEMBANGUNAN TERHAMBAT

SAPA INDONESIA - PENCAIRAN Dana Desa di Kabupaten Purworejo...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook