Penanggulangan Kemiskinan - Melawan Pemiskinan SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

PENINGKATAN PELAYANAN DASAR PENDIDIKAN DAN KESEHATAN TAHUN 2013

kemiskinan-pemiskinan-lomban

SAPA – Upaya penanggulangan kemiskinan melalui peningkatan pelayanan dasar di bidang pendidikan dan kesehatan menjadi agenda utama dalam seminar lokakarya (Semiloka) memperingati Hari Pers Nasional Tahun 2013 di Kota Bitung yang digelar Selasa (12/2) di ruang sidang DPRD Bitung.

Semiloka yang mengambil tema "Peran Pers dan OMS/LSM sebagai pilar pembangunan selaku aktor penyebaran informasi publik untuk perubahan sosial" ini menghadirkan nara sumber Wakil Walikota Max J. Lomban selaku Ketua Tim Penanggulangan Kemiskinan Daerah, memberi penekanan bahwa pendidikan dan kesehatan adalah pisau yang paling tajam untuk penanggulangan kemiskinan.

"Kalau perlu diintervensi dari berbagai arah, saat ini masalah pendidikan (SDM) dan kesehatan yang perlu dibenahi," sebut Lomban.

Menurut Lomban, rencana untuk mensejahterakan masyarakat harus ada program yang diarahkan lebih dikhususkan untuk menanggulangi keluarga miskin melalui pelayanan dasar. "Kalau ada aturan yang perlu dibuat untuk penanggulanga kemiskinan silahkan dibuat," tandasnya.

Ditambahkan Lomban, pemerintah nantinya akan lebih tegas terhadap para orang tua yang sengaja melakukan pembiaran bagi anak-anak usia sekolah untuk bekerja.

"Pemerintah akan siapkan seluruh perangkat dan perlengkapan sekolah, sehingga tidak ada alasan anak tidak disekolahkan. Demikian perkembangan ini akan kita evaluasi yang nantinya dilakukan oleh Dinas Dikpora," tukas Lomban.

Selain pendidikan, masyarakat miskin juga akan difasilitasi dengan jaminan kesehatan. Ada masyarakat miskin, sangat miskin yang belum mendapatkan jaminan kesehatan untuk difasilitasi lebih dulu.

"Target kita, Pemkot akan intervensi habis-habisan agar angka kemiskinan di kota Bitungturun dratis, kalau bisa benar-benar habis," tambah Lomban. Diakui pula,salah satu upaya yakni meningkatkan pelayanan dasar kesehatan.

Sementara pemateri Ir Maurits Mantiri Wakil Ketua DPRD mengatakan, peran pers dan OMS/LSM dalam pengambilan keputusan di DPRD sangat penting.Pemateri dari unsur Pers, Leonardo Axel Galatang juga menyumbang kontribusi bersar memperkaya muatan hasil semiloka.

 

suarasulut dot com

Terpopuler

Terbaru

KEMISKINAN MASIH TINGGI, MENKEU CURIGA DANA UNTUK WARGA TAK SAMPAI

KEMISKINAN MASIH TINGGI, MENKEU CURIGA DANA UNTUK WARGA TAK SAMPAI

SAPA INDONESIA - MENTERI Keuangan Sri Mulyani Indrawati mencurigai...
PEMBIAYAAN INFRASTRUKTUR BERASAL DARI TIGA SUMBER INI, DANA DESA TERMASUK DI DALAMNYA

PEMBIAYAAN INFRASTRUKTUR BERASAL DARI TIGA SUMBER INI, DANA DESA TERMASUK DI DALAMNYA

SAPA INDONESIA - KEMENTERIAN Keuangan (Kemenkeu) menegaskan...
PADAT KARYA CASH DANA DESA DIPROYEKSIKAN SERAP 5,7 JUTA PEKERJA

PADAT KARYA CASH DANA DESA DIPROYEKSIKAN SERAP 5,7 JUTA PEKERJA

SAPA INDONESIA - PROGRAM padat karya cash dari dana desa diharapkan...
WAGUBSU: GUNAKAN DANA DESA UNTUK KESEJAHTERAAN MASYARAKAT

WAGUBSU: GUNAKAN DANA DESA UNTUK KESEJAHTERAAN MASYARAKAT

SAPA INDONESIA - WAKIL Gubernur Sumatera Utara Nurhajizah Marpaung...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook